Pengalaman Ban Masih Tebal Tapi Sudah Bunting… Kalau Kejadian Ditengah Jalan Bagaimana????

IMG_20160124_1341001

pernah mengalami ban masih tebal tapi sudah bunting? Sebenarnya saya sudah mengalami hal ini sebanyak dua kali, kejadian yang pertama pada ban bawaan sepeda motor satria FU 2012 saya. Kira-kira baru berjalan 3-4 bulan masa pakai ban depan sudah ada benjolan / bunting sebanyak 2 buah namun saat itu tidak sempat saya foto, berhubung saya terbiasa memakai tubeless yasudah sekalian saya ganti saja.

Kejadian kedua terjadi pada ban depan tubeless saya, yakni ban FDR Genzi yang masa pakainya sudah 2 tahun lebih ketebalan  masih baik, namun sudah ada 3 benjolan / bunting. Untuk yang ini saya anggap wajar dikarenakan memang masa pakai sudah lama, yasudah sekalian saja saya ganti ban tubeless baru menyamakan ban belakang yakni Michelin Pilot Street. Lagi-lagi tidak saya abadikan saat itu.

IMG_20160124_134049

Nah, kali ini kejadian ban bunting dialami oleh sahabat saya, yakni pada ban depan sepeda motor bawaan pabrik Yamaha Fino 2014. Kondisi kembang ban masih tebal namun sudah ada benjolan / bunting, beruntung sahabat saya menyadari hal tersebut dirumah sehingga dapat mempersiapkan pergantian ban di bengkel dekat rumah.

Lantas bagaimana jika hal ini terjadi saat dalam perjalanan? Sejauh pengamatan saya ban bunting terjadi karena ada angin yang masuk terjebak diantara lapisan ban sisi luar dan sisi dalam (CMIIW). Cara yang paling disarankan adalah anda harus mengganti ban tersebut dengan yang baru agar dapat terhindar kejadian bunting ban susulan atau bahkan hal lain yang lebih buruk.

IMG_20160124_1406591

Bagaimana jika tidak menemui bengkel yang sedia ban baru? atau kondisi (mohon maaf) tidak memegang uang yang cukup untuk mengganti ban baru pada saat itu? perlu diketahui hal ini dapat anda lakukan sebagai pilihan darurat dan segala resiko yang mungkin terjadi diluar tanggung jawab saya.

Angin terjebak

Angin terjebak

Apabila terjadi pada tipe ban yang menggunakan ban dalam, anda dapat meminta bengkel / tukang tambal ban untuk melepas ban dari velg selanjutnya anda tusuk ban luar tersebut dari sisi dalam sampai angin yang terjebak habis keluar (tusuk jangan sampai menembus lapisan luar), pasang kembali ban dan siap digunakan. Selanjutnya anda dapat melanjutkan perjalanan sampai kerumah / tempat tujuan, sesegera mungkin anda disarakan untuk mengganti dengan ban luar yang baru.

Untuk ban tubeless anda dapat menusuk ban pada posisi yang mengalami benjolan tersebut, keluarkan angin benjolan sampai habis, selanjutnya dapat dilakukan penambalan. Sesegera mungkin disarankan melakukan penggantian ban yang baru.

Sekian ulasan mengenai ban bunting / benjol ini, alangkah baiknya kita segera mengganti ban tersebut dengan yang baru agar sepeda motor yang kita gunakan selalu dalam kondisi prima. Semoga bermanfaat untuk kita…

Terimakasih sudah berkunjung…

Share Button

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *