Mampukah CBR250 Twin Melawan Dominasi Ninja 250 FI & R25?

Siapa sih yang tidak kenal brand “Ninja”?. Brand image Kawasaki Ninja sudah terlanjur begitu kuat dikalangan masyarakat Indonesia. Lalu juga sudah ada Yamaha R25 yang hadir dengan mesin yang powerful, juga terkenal dengan ajang Yamaha Sunday Race (selanjutnya saya sebut YSR) dan klubnya.

Seri-1-Yamaha-Sunday-Race-2016

Dengan cerdas Yamaha mengekplorasi keunggulan disektor mesin yang powerful dengan membentuk event YSR, sehingga keunggulan tersebut bukan hanya tertuang dalam kata-kata saja namun juga terbukti diatas lintasan balap.

kawasaki Ninja 250 fi 2016 1

Sejauh yang saya ketahui faktor penentu untuk sebuah produk dapat mendulang kesuksesan, pabrikan harus memperhitungkan 5P:

1.Price – Ini adalah element penting jika ingin berkompetisi, tidak dapat dipungkiri harga adalah faktor utama bagi konsumen untuk membeli suatu produk

2.Product – Produk itu sendiri harus jelas segmentasinya, desain nomor 1 atau power. Mohon maaf dikelas 250cc tidak bisa berbicara soal irit-iritan.

3.Place – Berbicara soal ini tentunya adalah kekuatan AHM dan YIMM lihat saja dealer tersebar dimana-mana.

4.Promotion – Cara berpromosi ditentukan oleh segmen yang akan dituju, desain atau power, dan komunitas yang ingin dibentuk. Soal ini Yamaha kuat di Sunday Race dan club, dan Kawasaki terkenal dengan Club Party dan Brand image kuat di pasar premium.

5.People – Kawasaki memiliki kekuatan dealer yg terbiasa main disegmen premium dan komunitasnya terkenal loyal. Sedangkan Yamaha memiliki kekuatan after sales dan racing yg kuat, juga lihai membina komunitasnya.

(CMIIW).

Lantas pertanyaannya bagaimana dengan Honda CBR250 Twin?  kemana target yang akan dituju?  apakah desain, power atau komunitas?

well, sekali lagi…… biar waktu yang akan menjawab, toh tidak lama lagi juga akan keluar bukan?

Semoga bermanfaat….. 🙂

Share Button

5 comments

  • Yutup

    Nah skrg di bulan juli bakal lahir si CBR 250 twin dgn berbagai keunggulannya.. Persaingan akan semakin sengit..

  • Toki

    kalo menurut ane design nya cbr250 rr udah manteb serba lancip, udah USD,, tapi sayang framenya masih Diamond seperti cbr 150, r25 maupupun ninja current, kenapa kok gak pake deltabox/twinspar aka R15 atau vixion ataupun true teralis aka ninja H2,, swing armnya pun masih semi banana,,, walaupun demikian overall sih ok tapi ada kayak nanggung,,,,,

    ekspektasi saya masih pegang next ninja 250 cc 4 cyl,,, bocorannya sih 1. udah USD, 2.rangka udah twinspar, 3. swingarmnya udah true arm banana,,
    3 komponen itu aja udah mewakili moge lohh,,,,, ninja tetaplah beda dan premium,,,

  • jose

    Tergantung positioning harga om..kalo fitur seabrek..tp harga jauh diatas (kisaran 75jt) R25 n NINFI ane rasa AHM effort marketingnya bakal berat..segmented banget om kelas segitu..beda kalo yaah katakan diatas ninfi atau R25 1 atau 2 jt mngkin masih bisa..dgn budget marketing yg lebih besar..kenapa mesti besar..ini lebih karena dominasi Ninfi..kalo liat R25 sepertinya yamaha marketingnya kurang total..belum lagi kalo menyentuh harga 75jt disitu ada ER6N second atau moge bodonk lainnya..so 650cc lebih bisa dibilang moge..walaupun 2 silinder tau fitur standar2 aja..harapan Honda lovers (khususnya CBR lover) ane kira harga ga jauh dr NINFI..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *