Terawangan Next Yamaha R15, Good Desain, Good Acceleration, Good Top Speed and Very Good Fuel Consumption!!!!!

r15-racing-instinct-hd-wallpapers

“Kita akan bikin kompetitor terlihat culun” begitu ungkap dia ketika saya tanyakan perihal kisi-kisi next generation Yamaha R15.  Waduh, baru satu pertanyaan saja kok jawabannya langsung terasa berat begitu ya. Sebut saja dia dengan panggilan Bunga hehehehe. Sebelumnya saya juga pernah menguji akurasi informasi yang dia berikan yakni seputar calon pengganti Lorenzo (jika jadi pindah), beliau dengan mantap menjawab “MV..!!!”, sebuah inisial yang cukup jelas diantara jajaran pembalap MotoGP, dan belakangan mulai terlihat titik terang perihal calon tandem baru mbah Vale adalah MV orangnya.

Oke kita fokus ke kelas sport 150cc ya, Menurut Bunga konsumen dikelas ini mayoritas mengutamakan akselerasi yang bagus, konsumsi BBM yang hemat dan model yang kekinian. Balik lagi ke soal terawang-menerawang ya, berdasarkan kebiasaan Yamaha (YIMM) mendesain tidak mudah “terprovokasi” oleh Honda (AHM) baik itu tentang pemilihan jenis mesin DOHC, tentang Overstroke,dan lain-lain.  Ada dua kunci kisi-kisi yang dia ungkapkan perihal next generation R15, Yakni:

Ilustrasi betapa gantengnya desain Yamaha sport Series hehehe

Ilustrasi betapa gantengnya desain Yamaha sport Series hehehe (Ini R6 loh ya..)

Desain

Dia bilang bahwa next generation Yamaha R15 ini akan dibekali desain yang bagus, kekinian dan pokoknya akan membuat kompetitor terlihat culun. nah loh…. apa ini???? hehehe… merasa jawaban tersebut masih menggantung, saya coba gali kembali “kira-kira akan bagaimana bentuknya, apakah menyerupai R125?”. Beliau menjawab… “Kamu lihat sendiri kan bagaimana Xabre? membuat desain bagus itu bukanlah hal yang mustahil… R15? lihat saja nanti” kekeh beliau dengan suara lirih… 😀

engine

Mesin

Menjawab pertanyaan saya tentang seluk-beluk jenis teknologi mesin yang digunakan, kali ini Bunga menjawab dengan nada berat dan wajah serius…… “Kelebihan DOHC sejatinya ada pada top speed yang bagus namun dengan konsekuensi konsumsi BBM yang cenderung lebih boros”.. ini apa ini?? kok masih nanggung yah? “jadi gimana mesin R15 berikutnya…?” tanya saya yang kebingungan dengan jawaban yang agak nanggung itu. dia menjawab “Kita akan sajikan mesin R15 dengan keunggulan good acceleration, good top speed and VERY GOOD FUEL CONSUMPTION!” widih… sedap bener ini mesin, sudah akselarasi baik, top speed jempolan, ditambah lagi konsumsi BBM yang hemat. Luar biasa….. eh tunggu-tunggu, ini maksudnya apa ya? HEMAT??????

Kok ada yang mengganjal ya, antara karakter DOHC yang unggul di top speed namun cenderung lebih boros BBM dengan statement beliau perihal R15 berikutnya akan tetap hemat BBM. Saya coba tanya deh biar jelas, “jadi ini maksudnya R15 akan tetap menggunakan teknologi mesin SOHC? atau dengan kata yang lebih tegas.. R15 berikutnya nanti tidak mungkin berteknologi mesin DOHC?” dengan singkat dia menjawab “TIDAK MUNGKIN DOHC, R15 akan tetap mempertahan SOHC yang terbukti irit namun tetap powerful, silahkan tengok saja hasil IRS kita sapu bersih 10 besar !” panas nih saudara-saudara sekalian hehehe, akhirnya mentah juga issue yang beredar tentang R15 akan menggunakan DOHC dari sumber yang cukup terpercaya.

Saya pribadi tidak terkejut mendengar jawaban itu, karena memang SOHC pada Yamaha R15 terbukti hemat BBM dan dilintasan balap juga terbukti menampilkan performa yang baik. Agar lebih yakin ya saya tanya sekali lagi deh ya… “itu serius? enggak hijrah ke DOHC?” celetuk saya yang mulai mundur selangkah karena takut dijitak oleh Bunga akibat saya yang banyak nanya 😀 . Beruntung dia masih mau mejawab.. “Issue-issue next gen Yamaha R15 akan menggunakan DOHC, itu bisa jadi hanyalah gimmick untuk membuat kesan seakan-akan mesin R15 (termasuk Vixon,etc) sudah tua .  Saya yakin Yamaha akan mempertahankan ini (SOHC) karena sudah jelas terkenal dengan irit BBM, jadi sekali lagi saya tegaskan… DOHC pada next generation Yamaha R15 adalah TIDAK MUNGKIN“.

Ilustrasi lampu LED

Ilustrasi lampu LED

Melihat Bunga berbicara sampai urat lehernya keluar saya jadi merasa ngeri, hehehehehe… jawabannya tegas sekali… untuk mencairkan suasana saya alihkan kepertanyaan lain saja perihal penerangan yang digunakan apakah akan mengadopsi full LED? bunga menjawab dengan nada santai.. “Tebak saja yaz”, waduh… jawaban ini meskipun berupa pertanyaan namun asumsi saya bisa jadi ini adalah sebuah jawaban positif.

“Time line-nya kapan kira-kira?” sekalian saja saya habiskan sisa-sisa pertanyaan yang ada, bukannya menjawab Bunga malah kabur…. fokus dan asyik memantau ARRC hehehe..

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan…

Semoga bermanfaat…

Salam irit…. 😀

Share Button

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *