Namanya Juga Persaingan Usaha

Gambarnya bagus, saya pinjam ya

Kemarin saat sedang asyik berselancar di time line Facebook, perhatian saya sempat tertuju pada beberapa posting foto yakni foto acara Aniversary Club yang disponsori oleh lintas merek. Ketika promosi produk dikaitkan dengan promosi ke club-club motor sebenarnya itu adalah hal yang biasa, justru resikonya itu bisa merusak nama club itu nah.. kalau sudah begini tentu yang paling bertanggung jawab adalah ketua club itu sendiri tentunya. Bukankah semangat club dalam membentuk komunitas harusnya menjunjung tinggi brotherhood ya? hehehe..

yamaha_vixion_2012

Jika kita menilik acara aniversary beberapa club besar tentunya kita tidak heran lagi melihat acaranya yang meriah dan megah, namun malah menjadi merepotkan sendiri jika ada club yang mencoba untuk ikut-ikutan cara perayaan club besar itu, sampai kejadian agak “maksa” sampai meminta sponsor ke merek sepeda motor yang berbeda. Kalau sudah begini bisa dibilang sebuah club telah kehilangan karakternya sebagai club.Β Dalam setiap kejadian tentunya ada pelajaran yang bisa kita ambil termasuk dalam hal ini, yups… bisa menjadi bahan pembelajaran untuk club-club yang lain agar lebih berhati-hati lagi dalam mencari sponsor.

new-vixion-2013-wallpaper-hd

Last, coba sekarang kita balik… apa betul Honda merek yang memberikan sponsor kepada lintas merek tersebut sudah benar support kepada club-clubnya dengan baik? wah…. berarti merek tersebut (Honda) banyak uang promosi dong ya? hehehe… Kok yang disupport cuma Vixion aja πŸ˜€ . Apa betul club Beat, Vario series, Megapro, Tiger, CBR series sudah disupport olehnya? Ayo tuh buruan… semuanya minta suport ke AHM. Vixion saja yang notabene naked sport merek kompetitor aja disponsori waktu acara di Kalimantan πŸ˜€ . Semoga saja merek-merek lain dapat menahan diri untuk tidak ikut-ikutan memberikan sponsor kepada lintas merek, karena secara etika bisnis itu tidak baik.

Note: Ternyata tadi pagi jam 07:45 wib saya salah meminta ijin pinjam gambar featured image, saya minta ijin ke Om Rudy Soul namun ternyata sebenarnya kepunyaan Om Sinyo. Dengan ini saya memohon maaf atas kesalahan tersebut dan juga sekaligus memohon ijin kepada Om Sinyo untuk meminjam foto tersebut. πŸ™‚

Semoga bermanfaat… πŸ™‚

Share Button

27 comments

  • ongolongol

    woi minta di lempar elpiji sama fbh lu? wkwkwkwk ………….. secara club yang paling besar kan v-ixion jadi pengen merebut konsumen v-ixion tuh
    https://ongolongol.com/2016/05/09/kostum-power-rangers-terbaru-ini-menuai-banyak-kecaman/

  • cadoxs

    Saya rasa udah berani suport club beda merk club satu merknya sendiri dah terkontrol dengan baik,ketua club saya rasa juga ga salah demi menjunjung tinggi nilai brotherhood nyari dana buat pertemuan anggota club yg dah susah payah dibangun demi kelangsungan club itu

    • Ketua club harus menghitung resiko seperti sekarang sebelum menerima tawaran tersebut, mungkin ini gambaran emosi sesaat pengurus club.. terbilang wajar sih ditengah situasi bisnis saat ini dan persaingan usaha… dan nama club bisa tercoreng. Dan… dukungan untuk Vixion Club cukup besar kok dari YIMM, terbukti saat di Sunday Race lalu.

      • cadoxs

        Loh kok setau saya sunday race selama ini cuma diisi R15/R25 matic Nmax nah untuk komunitas yg selain itu gimana,sunday race apa bisa mencakup kepuasan semua anggota komunitas yg notabene ga semua anggota club suka balap,club komunitas bukanya tujuan utama ya brotherhood tdi kebersamaan nyari solusi bila ada masalah

  • Alki

    Nimbrung komen aaah.. Itu yang ente sebutin komunitas honda ga dapet sokongan dari pabrikan tau darimana om? Udh survey? Soalnya kawan ane ikut club honda sih rata2 disupport.. Tp gak tau deh survey om Triaz gimana tu..
    Nyimak lagi ah..
    Zzz..

    • Tanya aja… yang di Sangkat juga komunitas di Kalimantan.. dan Udah tanya yang di Kalimantan dan Ujung Sumatera belom Om Alki? nanti juga clubnya pada komplain hehehehe πŸ˜€ .

      Ini juga maksudnya sebagai penyeimbang berita sih.. πŸ™‚

      • Alki

        Lha iya terus memang ente sudah tahu di daerah yang diadakan jambore tsb apakah sudah minta “restu” dari pabrikan yang bersangkutan apa malah diabaikan? Kan gak mungkin jg sih ujug2 pake sponsor lintas merk gitu.. Soalnya yg ane lihat dr postingan ini kayaknya malah “blaming” club tsb,bukan sbg “penyeimbang” yg om triaz blg. Trs udh coba konfirmasi ke ketua club yg disalahkan belum?

        • Ada beberapa hal yang bersifat masih confidential, yg ga bisa saya ungkap disini… πŸ˜€

          • Alki

            Nah itu dia kalau ente berani ngungkap yg kayak gini knp gak sekalian blak-blakan aja om? Soalnya diluaran opini publik udah parah lhoo soal ini.. Jd IMHO nih yoo,jgn main menyalahkan satu pihak laah.. Tabayyun dulu klo kata pak haji haha.. Dicek supaya beritanya gak simpang siur dan bikin ricuh di dunia maya. Sorry2 ya kalo bahasa saya ada yang menyinggung πŸ™‚

          • Sudah dicek… πŸ™‚
            Sebelum buat artikel tentunya sudah ditelusuri dulu,
            Bukan hanya sekedar ikut memberitakan…. Sehingga bersifat amplify… πŸ™‚

  • anjar_danu

    Saya setuju dengan opini di blog ini..
    Kalau sampe H memberikan support lintas merk,berarti H makmur donk..hehe
    Imbas ke komunitas mereka sendiri pastinya dapat support yg lebih.
    Tetapi,saya malah agak sedikit khawatir akan terjadi kecemburuan komunitas H yg mungkin belum mendapat support dari pabrikan..jangan sampai ini menjadi bumerang.
    Jangan sampai hanya karena uang 5-10jt uang sponsorship,kepercayaan konsumen hilang.
    Persaingan harus ada,karena dari situlah konsumen diuntungkan dengan banyaknya pilihan produk berkualitas. Tapi alangkah baiknya jika bersaing secara sehat.. πŸ™‚
    Jangan saling tusuk dari belakang yaa.. πŸ˜‰

  • Putra Al Quff

    ini antara Frustasi apa Inovasi…

    Sebagai pengendara motor sejak jaman nya Suzuki Satria 2tak – 4tak yang memimpin pasar bebek sport underbone sampe NMAX yang kasih penjualan Max ke Yamaha. cuman satu merk ini (Honda) yang ane blm pernah icip itu motornya. entah kenapa…? itu masih jadi Peer buat diri ane.

    sampai-sampai beberapa minggu belakangan banyak blog yang membuat judul agung-seagung2nya itu merk (Honda), karena varian terbaru mereka All New CBR150R dan All New CB150R sedang digenjot penjualannya.

    ada judul blognya testimoni owner R15 dalam mengendarai CBR150R, lalu lanjut salah satu dealer merk (Honda) buat Acara Coach Clinic kepada komunitas R15 didaerah Jawa Timur.

    Jika indikatornya Persaingan Bisnis :
    1. ini adalah sebuah ke-frustasi-an Marketing Honda dalam merebut market share motor Sport dan Sport Naked punya Yamaha.
    2. Ini adalah tehnik marketing yang tidak ada diajarkan dimata kuliah marketing jika bro-bro sekalian ngambil jurusan Ekonomi Manajemen.
    3. Ini adalah bukti dari pengkerdilan satu merk atas persaingan bisnis yang sudah mature (Jenuh)

    dari tahun 2006 itu Vixion belum bisa digoyah… Megapro apa kabarnya ya? sampe Sonic dimatiin terus dihidupkan lagi untuk bersaing dengan Suzuki Satria.

    memang merk yang satu ini selalu melakukan apa saja demi merebut market dari segala jenis motor yang beredar dijalanan Indonesia.

    hati-hati dalam menelaah tehnik-tehnik Marketing karena tidak semua yang dilakukan adalah sebuah teori yang diajarkan Dosen Pemasaran waktu jaman kuliah. bisa jadi itu adalah tehnik yang diharamkan dalam persaingan Bisnis apapun.

    Masa iya Toyota support sponsor ke Komunitas Suzuki Ertiga… Hahhahahaha ga mungkin kan karena komunitas mobil akan meminta dua digit angka untuk jadi sponsor acara mereka.

    nah ini komunitas motor dikasih budget 5juta juga udah diterima dengan seneng banget, celah itulah yang dimanfaatkan team marketing (Honda). Himbauan bagi Komunitas Yamaha atau Suzuki Istiqomah lah kepada merk yang anda bernaung disitu, jangan terhasut Rayuan Merk Sebelah. Nabi Adam aja tergelincir dari Surga karena Rayuan Gombal Iblis.

    Panjang ya… ya gpp…

    Clubnya Yamaha Motornya Suzuki udah cukup itu aja.

  • Mat bewok

    Namanya sponsor darimana aja sih gak masalah…
    #rame ajah

    Heran juga deh.. pabrikan sebelah ama komunitas nya sendiri itung2an.. paling2 supporting si tigor doang… yang lain? Hellaawwww

    Malah support ke kompetitor
    Hadeehhhh… #situ sehat
    Mending Support tuh motor metik dengan penjualan tertinggi sealam semesta

    #Rumput vixion memang lebih hijau
    #gajah didepan mata gak keliatan
    #rajanya motor sport

  • Hendra

    “Seharusnya atpm mengembangkan club yg sudah membantu membesarkan namanya dulu.. jangan semata2 karna mengejar konsumen kompetitor jadi sebaliknya”

  • Sumo

    Mungkin komunitas tersebut miskomunikasi dan prosedurnya tidak benar dalam hal pengajuan support dana, karena di yamaha itu sendiri semua komunitas yamaha yang sdh terdaftar di yrfi pasti akan di support oleh yimm..
    Selain itu secara etika lbh baik jika kita bawa bendera Yamaha ya tdk meminta dana ke merk kompetitor..

  • mbah.sepuh

    Baru tau ada pemasaran yang diharamkan, di jurusan Ekonomi Manajemen, atau di jurusan “sinisme” ? dosennya yang bilang begitu ? kampus mana ? bukankah bisnis menghalalkan segala cara ?
    etika ? mana ada bisnis pake etika ? contohnya banyak, bersikap obyektif dan adil meringankan hidupmu.
    Yang merasa motornya lebih bagus dari motor orang lain – MONGGO, karena kita ini semua KORBAN pedagang.
    Masalah merk idola ? kalau Anda punya duit lebih, bakalan beli yang bagusan dibandingkan yang sekarang, bahkan mungkin beli merk lain yang mungkin sekarang dicemooh. Jangan merendahkan merk lain, supaya nanti kalo ganti merk gak malu-malu amat.
    Bukan mau berdebat, hanya menyadarkan saja, jangan menyembah motormu, itu saja.

    • Putra Al Quff

      Ini yang disebut dengan ETIKA BISNIS, Ane kasih sedikit teori nya ya…

      Tiga pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, yaitu :

      Utilitarian Approach : setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh karena itu, dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.
      Individual Rights Approach : setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati. Namun tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari apabila diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan hak orang lain.
      Justice Approach : para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.

      cek di https://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis

      ane juga ga mau berdebat, ane udh sadar Om, Alhamdulillah kalo pun dapet Motor H mau yg 150cc, 250cc, atau 1000cc ane jual secepatnya di OLX atau Tokopedia atau Bukalapak.com nanti om bisa cek disana ya…

      Salam Racing, Bikers Cerdas Tidak Fanatik Buta, Banyak baca Banyak Lupa…

      Clubnya Yamaha Motornya Suzuki… #Akurapopo #AneBukanKorban

  • suntoro

    ooohhh….ini toh blogger yg dulu ngejelekin blogger jemuran tapi ternyata njemurnya lbh dahsyat dibanding blogger jemuran.
    Tulisan anda ini bukan sebuah etika sanggahan pasti nilai mengarang anda kurang baik hahahahaha….. πŸ˜€
    selamat ya anda sebagai anak kemarin sore kudu belajar lagi…

    • Njemur.. Biar dapet banner.. D

      • suntoro

        cara anda kurang cantik bermainlah dengan halus seperti duri dalam sekam pelan-pelan menggerogoti rival dan boomb….saat semua berjalan sesuai rencana rival telah goyah tanpa arah ngoahahahahahaha…… πŸ˜€
        masalahnya cara counter ada sekarang bukan sebuah defense apalagi counter attack terkait artikel diatas lbh kearah mencari perhatian πŸ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *