Yamaha MT-09 Ditangan Pemula, Pentingnya Bimbingan Dari Expert

13227632_10208140056811589_2566508161371844287_o

Sebagai seorang pemula dalam kancah permogean (apaan sih ini πŸ˜€ ), saya merasa sangat beruntung dapat memulainya dengan cara yang benar. Dijejali “doktrin” penguasaan basic skill, defensive riding dan teknik penguasaan masuk keluar tikungan dan lain-lain oleh instruktur YRA. Sebelum berjumpa MT09 saya beranggapan pelatihan tersebut sepertinya tidak begitu penting, merasa sudah cukup menguasai situasi diatas sepeda motor pada umumnya. Namun setelah berada diatas MT-09 dengan gigi berada pada posisi 1, dan tangan kiri menggenggam tuas kopling, pelatihan di Yamaha Riding Academy baru terasa penting.

DSC_2797

Setelah sepeda motor dalam kondisi hidup hal yang pertama saya lakukan adalah mengatur riding mode dalam posisi B, sebagai informasi B adalah pilihan riding mode yang paling jinak. oke… gigi masuk ke 1 dan tangan menggenggam tuas kopling, pijakan kaki saya serahkan pada kaki sebelah kiri dan kaki kanan standby pada tuas rem. Mengingat torsi berlimpah pada MT-09 saya agak berhati-hati dalam memperlakukan grip gas, cukup sedikit sentuhan saja dibarengi membuka kopling secara perlahan sepeda motor sudah mau berjalan dengan smooth. Sekali-sekali jangan pernah membuka gas secara spontan pada MT09 jika anda tidak ingin merasa seperti dijambak dari belakang hehehe, maklum torsi sudah terasa sejak RPM 3000.

Setelah merasa sudah beradaptasi cukup baik, posisi riding mode saya pindah ke pilihan Normal, adalah pilihan kedua setelah riding mode B. Disini torsi terasa lebih liar dibanding riding mode B, cocok digunakan saat saya merasa kondisi jalan cukup lancar yah.. Sesekali menikmati jambakan torsi badaknya gak apa-apa toh πŸ˜€ .Disini Ilmu-ilmu yang diberikan saat berguru di YRA amat berguna, body moving diperlukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Saat hendak membuka gas posisi badan digerakan agak maju kedepan agar apabila ada hentakan dari akselarasi mesin, badan tidak terhempas kebelakang. Begitupun saat hendak melakukan pengereman posisi badan digerakan kebelakang, Guna mengantisipasi agar badan tidak terhempas kedepan saat melakukan pengereman.

DSC_2806

Dengan bobot hanya 191kg, maximum power tembus 115PS dan torsi sebesar 87.5NM, bagi seorang pemula dibutuhkan kehati-hatian ekstra saat hendak masuk dan keluar tikungan. Teknik masuk dan keluar tikungan yang baik dan benar diperlukan jika ingin berkendara dengan aman, sebelum masuk tikungan saya sudah bersiap menutup gas perlahan namun pasti dan melakukan pengereman seperlunya dan masuk tikungan dengan menggunakan sisa nafas mesin. Saat keluar tikungan wajah dan tatapan saya palingkan kearah dimana motor akan saya tuju (eye point) dan perlahan saya buka gas agar motor berjalan dengan mulus.

Dijalan lurus pun bukan berarti dapat bertindak suka-suka, defensive riding juga dibutuhkan disini. Saya memilih untuk tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya sambil memantau kondisi sekitar, agar dapat mengantisipasi dan memprediksi hal-hal yang kemungkinan akan terjadi. Karena pada dasarnya safety riding bukanlah tindakan pengobatan, melainkan tindakan pencegahan.

Top speednya berapa? Wah enggak tau saya nih hehehe… Jalan relatif ramai dan ini kan area umum. Masuk jalur Trans Jakarta? Wah… Jangan deh. Saya tidak ingin menggali potensi sepeda motor dijalan umum dengan mengorbankan keselamatan saya dan orang lain.

13247846_10208140053451505_60153586279099988_o

Well, Membawa moge dilintasan lurus merupakan suatu hal yang relatif lebih mudah, nyali dan skill masih berani saat membuka gas agak dalam. Sedangkan dikecepatan rendah? Masih harus belajar lagi, dan menurut saya justru handling moge dikecepatan rendah lebih penting.Ternyata masih banyak kekurangan saya tentang teknik membawa moge yang benar, jika ada kesempatan selanjutnya akan saya manfaatkan untuk bertanya dan belajar sebanyak-banyaknya kepada para instruktur YRA.

Special thanks to Yamaha Riding Academy, Yamaha Racing Indonesia.

Eh satu lagi nih… thanks buat Om Sumarlin marlinsphoto atas foto-foto spektakulernya hehehe..

Thanks for reading… πŸ™‚

Share Button

12 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *