Riding Harian Pakai MT09? Kenapa Enggak

13177399_1080147805362041_898178919382433668_n

Pagi hari ketika mau berangkat kerja, hati ini udah galau enggak karuan. Bagaimana enggak galau didepan mata ada sepeda motor saya pribadi sehari-hari dan MT09. “Mau pake yang mana?” Gumam saya ๐Ÿ˜€ . Mata melirik ke MT09 hati jadi deg-deg ser, libido naik seketika tapi juga khawatir karena akan diajak bermacet-macetan ria, dan ditinggal diparkiran seharian. Ibarat ngajak jalan perempuan cantik sekaligus model, kan ngeri juga kalo diajak jalan Desak-desakan aduh ga rela kan kalo sampe kesenggol yang lain ๐Ÿ˜€ , belum lagi habis jalan bareng puluhan menit terus harus ditinggal sendirian selama 9jam lebih.

DSC_2811

Tetapi rasa penasaran saya lebih besar, “seperti apa sih rasanya MT09 dipakai untuk harian?”.ย  Hati sudah mantap pilih MT09, oke lah… Kita ajak ngantor hari ini hehehe. Riding gear sudah lengkap dipakaiย dan tidak lupa berdoa, yuk berangkat. Saya pakai riding mode B karena akan banyak menghadapi kemacetan dijalan.Saat mengendarai moge untuk harian apalagi di jam sibuk, bagi seorang pemula dibutuhkan ekstra kehati-hatian dan kesabaran. Saat ikut antri ditengah kemacetan Misalnya.. motor saya kendarai perlahan disisi kiri jalan, bukaan gas dan kopling saya usahakan selembut mungkin agar laju motor tidak menyentak kedepan sehingga membahayakan pengendara didepannya. Disini kesabaran diperlukan karena biasanya pengendara sepeda motor lain dibelakang sering kali tidak sabaran dengan gaya berkendara yg smooth, acap kali jalur dipotong secara sporadis. Jangan terpancing emosi untuk menggeber-geber mesin, karena kalau tuas kopling terbuka ceritanya bakal lain hehehehe.

DSC_2827

Saat hendak putar balik di U turn, disini juga dibutuhkan kehati-hatian. Membawa moge dalam kecepatan rendah enggak semudah bawa sepeda motor pada umumnya. Bagi seorang pemula seperti saya, menurunkan kaki saat hendak putar balik dan membuka tuas kopling secara perlahan adalah salah satu cara guna mengatasi bobot moge yang berat agar tidak terjatuh saat berbelok dalam kecepatan amat rendah.Oh ya satu lagi, panas mesin pada moge bisa dibilang adalah hal yang lumrah. Nah… bagi saya yang pemula ini merasa tidak terbiasa dan risih tersengat panas mesin moge. Ada trik sederhana guna mensiasati hal ini, yakni memakai celana panjang berlapis. Terbukti bermacet-macetan ria tetap aman dari sengatan hawa panas dari mesin. Jangan sampai karena panas mesin dijadikan alasan pembenaran diri untuk melanggar rambu lalu-lintas.

DSC_2901

Well, demikian kira-kira gambaran MT09 yang dipakai harian oleh pemula. Kalau sudah begini sekarang saya jadi tahu, jika saya punya uang untuk membeli moge justru anggapan yang keliru bahwa uang cukup untuk membeli moge tandanya siap mengendarai moge, selain kesiapan uang ada lagi hal penting yang harus diperhatikan yakni kesiapan skill. Jika sudah ada yang lebih paham mohon sharing-sharingnya… Agar ilmu saya lebih bertambah.

Semoga bermanfaat, thanks for reading ๐Ÿ™‚

Share Button

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *