Bukti Nyata Race MotoGP Seri Mugello, Kini Yamaha YZR M1 Mampu Berakselerasi Dengan Cepat!

Jorge-Lorenzo-Berhasil-Menyalip-Marquez-dan-Menjadi-Juara-MotoGP-2016-di-Mugello-Italia

Mumpung lagi pada ramai bahas Mesin Yamaha YZR M1, saya juga mau kupas tuntas nih. Tapi enggak mau gagal fokus seperti yang sudah ada malah ramai ngomongin mesin ngebul hehehe, hal yang paling kelihatan mencolok saat race Mugello adalah akselerasi cepat yang di perlihatkan Lorenzo diatas Yamaha YZR M1.

Saat Warm up lap Jorge Lorenzo sempat mengalami kendala di sektor mesin, begitupun saat race berlangsung.. Kini giliran Valentino  Rossi yang mengalami hal serupa. Kejadian ini amat mengecewakan bagi pendukung The Doctor di Sirkuit Mugello, bahkan kekecewaan itu juga terasa oleh pendukung VR46 dipenjuru dunia yang menonton di TV (termasuk saya hehehe). Kejadian ini bukanlah tanpa sebab yang jelas, ini merupakan resiko nyata yang harus diterima oleh pembalap maupun tim mengingat diterapkannya regulasi segel 7 mesin selama 18 seri. Ditambah karakter sirkuit yang cukup menyiksa mesin, sehingga terjadi insiden engine seizure.

IMG-20160524-WA0009

Tepat pada lap ke 8 di sector 2, Saat Jorge Lorenzo berhasil menciptakan best lap tercepat, Valentino Rossi keluar dari race saat motornya mengalami kendala engine seizure. Setelah diketahui Rossi keluar dari race, lap time Lorenzo dan Marquez tercatat menurun. Bukan tanpa alasan, hal itu terjadi lantaran kedua pembalap tersebut ingin mempertahankan daya tahan dan performa mesinnya hingga putaran akhir, juga persiapan menghadapi fight diakhir race.

marc-marquez-versus-lorenzo1

Oke.. Balik lagi ke inti artikel ya soal akselerasi YZR M1 yang luar biasa… Yups, bukti nyata itu sangat jelas terlihat ketika duel seru Lorenzo VS Marquez. Tepatnya ketika keluar dari tikungan terakhir, dimana Marquez keluar lebih dulu dengan jarak yang lumayan lebar. Sedangkan Lorenzo keluar persis dibelakang Marquez dengan mempertahankan line yang bagus. RC213V yang berlari lebih dulu justru secara mengejutkan dapat terkejar oleh Lorenzo diatas M1-nya, Sampai pada garis finish Lorenzo berhasil mendahuli Marquez sebanyak 0.019 detik atau jika digambarkan posisi RC213V hanya bisa sejajar dengan setengah ban belakang Yamaha YZR M1.

hasil-motoGP-Mugello

Kini lengkap sudah apa yang dapat disajikan oleh YZR M1, tidak hanya luwes ditikungan, melibas trek lurus pun kini dapat dilalui dengan cepat. Dengan adanya regulasi baru di MotoGP musim 2016, kemungkinan persaingan perebutan gelar juara dunia akan berjalan semakin seru. Dengan adanya Ban Baru dan ECCU baru kini dapat kita saksikan, bukan hanya tim factory besar yang sanggup bertarung di jajaran papan atas. Kini Suzuki dan Ducati pun secara konsisten ikut meramaikan pertarungan seru, bahkan juga sempat mencicipi podium di beberapa race.

Note:

Bukti nyata Lorenzo dan Marquez menahan lap time diangka 1:48 sekian detik

Bukti nyata Lorenzo dan Marquez menahan lap time diangka 1:48 sekian detik

 

Nah… dibawah ini data perbandingan total lap time rider secara keseluruhan:

13292912_1086123464764475_803252089_n

13292853_1086123408097814_1856285500_n

Thanks for reading…. 🙂

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *