Pengalaman Memilih Tank Bag Untuk Yamaha R25, Tangki Sistem Kondom Menjadi Faktor Penentu Utama.

DSC_4369

Bagasi yang cukup merupakan fitur yang hampir tidak mungkin dimiliki oleh mayoritas motor sport. Jadi bagi pengendara motor sport yang terbiasa kemana-mana membawa beberapa barang bawaan, sudah tentu mensiasati hal tersebut dengan cara membawa tas saat bepergian.

Saya pribadi sebenarnya sudah terbiasa mengendari sepeda motor tanpa disertai dengan fitur bagasi yang minimal setidaknya cukup untuk menaruh mantel hujan. Yups… Adalah Suzuki Satria FU lansiran 2012, tercatat sudah 4 tahun saya asyik berkendara bersama Satria. Kalau lagi malas menggendong tas, biasanya saya mencantelkan barang bawaan pada area atas karburator /leher sepeda motor.

Nah, berhubung sekarang sudah beralih ke Yamaha R25 rasa-rasanya tuh ya kepengen terus-terusan “pensiun” gendong tas. Motor sport kan ada tangkinya, sayang banget kalo enggak dipakein tank bag hehehehe. Yaudah deh ya sejak saat itu pula saya deklarasikan untuk berburu tank bag. Kriterianya harus sesuai dengan tangki R25 yang memakai sistem kondom, praktis, volume yang cukup luas, bentuk yang bagus, aman hujan-hujanan dan tidak mengganggu estetika. Saat ini yang saya ketahui ada 3 macam sistem pemasangan tank bag, yang pertama sistem pemasangan dengan magnet, sistem pemasangan dengan tali pengait dan yang terakhir sistem pemasangan dengan velcro.

DSC_4388

Untuk tank bag dengan model pemasangan sistem magnet tentu sudah pasti tidak akan PNP dengan tangki sistem kondom. Namun bukan berarti Yamaha R25 dan motor sport / naked bertangki kondom lainnya enggak bisa pasang tank bag ber-magnet, ada obat manjurnya agar magnet dapat melekat pada kondom tangki yakni tanam magnet pada bagian dalam. Proses ini hanya repot pada saat pertama kalinya saja, selanjutnya akan mudah sekali proses pemasangan dan pelepasan tank bag pada tangki motor. Saya tidak memilih tank bag ini dikarenakan tidak  memiliki kesempatan waktu yang cukup untuk datang ketempat penjual tank bag yang bersedia untuk membantu proses penanaman magnet. Sebenarnya bisa sih memesan tank bag dan magnet via belanja online, namun saya khawatir tidak bisa menanam magnet dengan baik dan benar hehehe 😀 .

Selanjutnya ada pilihan tank bag dengan pemasangan sistem tali pengait.  Pada Tank bag model ini tidak perlu melakukan penanaman magnet pada kondom tangki, pemasangannya cukup posisikan tank bag dengan benar lalu kaitkan seluruh tali yang ada pada beberapa posisi yang dibutuhkan. Saya tidak memilih tank bag model ini dikarenakan dari segi estetika kurang enak dilihat akibat tampilan tali yang terpasang dibeberapa tempat terlihat tampak berseliweran. Model ini juga bagi saya tidak praktis saat proses pemasangan dan pelepasan tank bag pada motor, dikarenakan harus “direpotkan” dengan mengaitkan dan melepaskan beberapa tali pada area disekitar tangki motor.

DSC_4363

Yang terakhir adalah tank bag dengan sistem Velcro, saya menjatuhkan pilihan pada tank bag model ini dikarenakan proses pemasangan praktis, muatan cukup besar (15L), seperti kebanyakan tank bag lainnya… Yang ini juga dilengkapi rain cover, bentuknya menarik dan juga tidak banyak tali yang berseliweran disekitar tangki.  Beberapa hari silam saya sempatkan diri untuk berburu tank bag di gerai respiro dibilangan Lenteng Agung dan Jati Padang,  oh ya tank bag respiro yang saya beli adalah tipe D Ride 15L.

Tank bag ini sekilas tampak seperti molded tank bag yang kokoh loh hehehe, dibagian dalam cukup menampung perlengkapan berkendara saya sehari-hari seperti mantel hujan, kamera Mirrorless, action cam dan viewernya. Untuk resleting  bagian atas bisa saya isikan dompet, HP, charger dan beberapa pernak-pernik gadget seperti kabel data dan flashdisk. Oh ya satu lagi, disediakan lubang untuk memasukan kabel / headset dibagian atas.

DSC_4382

Selain ditempatkan diatas tangki, tank bag ini juga bisa dibawa seperti layaknya tas selempang dan desainnya juga enggak malu-maluin kalau mau dibawa kedalam mall, kantor atau kampus.

Yuk diisi kolom komentarnya..
Thanks for reading guys….. 🙂

Share Button

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *