Recall Bukan Hanya Soal Nyali Namun Juga Soal “Kerelaan” Mengeluarkan Extra Cost

Terhitung sejak 12 Juli 2016 lalu Recall Yamaha R25 serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Dalam case ini pihak YIMM menunjukan bahwa pabrikan mengakui adanya kekurangan pada produknya dan tidak hanya sampai disitu, pabrikan juga bertanggung-jawab dengan melakukan pengecekan dan pergantian part yang sebelumnya telah dilakukan proses investigasi. Disini sebagai konsumen tentu sangat diuntungkan dan merasa aman atas sikap pabrikan yang berani bertanggung-jawab.

Namun pada kenyataannya enggak sesimple itu untuk melakukan recall guys, moment  tersebut ternyata juga dinanti-nantikan oleh oknum “penumpang gelap” yang justru memanfaatkan recall tersebut demi kepentingan sesaat dan sesat :D. Sehingga recall dapat dipersepsikan dan “digoreng terus-menerus” sebagai produk yang cacat, dan repotnya itu kalau sampai ditelan mentah-mentah oleh kalangan awam. Nah kalau sudah begini pabrikan bakal enggan untuk melakukan recall. Dengan keengganan tersebut justru yang dirugikan adalah konsumen itu sendiri, pabrikan diam tak bergeming saat ditemukan adanya kekurangan pada produknya demi menyelamatkan produknya dari sebutan produk cacat.

Sebagai contoh berikut saya lampirkan beberapa case recall yang terjadi diluar negeri dan disana recall sangat diapresiasikan sekali, silahkan dilihat :

HMSI recalls CBR150R and CBR250R for faulty starter relay switch – IAB Report

Ducati 1199 Panigale Recalls Now Total Six

MV Agusta Recalls Certain 2014 Models for Faulty Hardware

Sudah selesai? belum, pabrikan bukan hanya membutuhkan nyali yang besar untuk menerjang tantangan anggapan seputar produk yang direcall.  Pabrikan harus siap dan rela untuk mengeluarkan extra cost untuk merealisasikan recall produk tersebut. Berhubung saya juga sudah melalui proses recall Yamaha R25 milik saya, saya ingin memberikan gambaran kepada teman-teman sekalian.. kalau saja parts yang diganti harus saya bayar sendiri tanpa difasilitasi recall oleh pabrikan, berapa rupiah uang yang harus saya keluarkan? yuk disimak…

1.Gasket crankcase cover 2 (1WD1)

DSC_4159

2.Oil pump assy (1WD1)

DSC_4160

3.Pressure plate assy (1WD1)

DSC_4162

4.Gasket

DSC_4164

5.Cir Clip

DSC_4165

6.Gasket 4YS1

DSC_4166

7.Washer lock

DSC_4167

8.Gear oil pump idle

DSC_4168

9.oli Yamalube Supersport

DSC_4173

Total harga keseluruhan dari parts tersebut diatas sebesar Rp637.500,- (Enam ratus tiga puluh tujuh ribu lima ratus rupiah).

IMG-20160718-WA0009

Tuh lumayan kan kalau sampai keluar uang sendiri? bukan jumlah yang kecil apalagi kalau dihitung secara keseluruhan total sepeda motor Yamaha R25 dan M25 yang masuk list recall. Recall tidak berhenti sampai di Indonesia saja, Yamaha R25 dan Yamaha MT25 juga merupakan produk Global bahkan varian bertambah menjadi Yamaha R3 dan MT-320. Jepang sendiri sebagai negara principal sudah mengumumkan recall, negara-negara lain yang juga memiliki line-up sepeda motor tersebut diatas akan menyusul melakukan proses recall.

DSC_4388

Well, respon mengenai recall dari teman-teman komunitas dan pemilik Yamaha R25 dan MT25 sendiri amat positif. Mereka aktif saling bertanya dan memberitahu mengenai hal-hal seputar recall, saat recall dimulai mereka berdatangan ke bengkel resmi yang ditunjuk untuk dapat melakukan recall Yamaha R25 dan MT25 dan tidak lupa juga menshare proses recall di social media. Dengan adanya recall mereka berterima kasih kepada pihak pabrikan karena telah perduli dan bertanggung jawab terhadap produk yang dijual, meskipun saat itu kondisi sepeda motor mereka dalam keadaan baik dan tidak ada masalah namun tetap dilakukan pengecekan dan pergantian parts.

 So, yang lain berani recall?

Yuk diisi kolom komentarnya guys…

Thanks for reading… 🙂

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

3 comments

  • rozikjr

    Pertamax

  • Obbie

    Klo dri pbrikan sbelah sih yg sring kedenger bkan “Recall” tpi “Upgrade/Update” sparepart, itu jg klo kitanya berani nge-claim om..ehh,kceplosan ngomong! #

  • cebong

    terima kasih mas, berkat info dari anda motor saya kemarin sudah di-recall, dan hasilnya memang memuaskan (motor jadi lebih enak, terutama perpindahan gigi dan akselerasi, dan yang pasti tidak was-was lagi), saya sebagai pemilik merasa puas dan bangga atas perhatian pabrikan terhadap konsumen…

    terima kasih YIMM
    semoga Yamaha semakin di depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *