Jika Honda CBR250RR di Set Sebagai Produk Global, Masihkah Thailand Sebagai Basis Produksinya?

1

Fakta  yang ada saat ini Honda mempercayakan Vietnam sebagai basis produksi sepeda motor AT (Automatic Transmission) dan Thailand sebagai basis produksi sepeda motor bergenre sport, mengenai hal itu saya kutip dari artikel lama 2 Juli 2014 klik disini. Di lain sisi sama-sama kita ketahui Honda All New CBR250RR merupakan produksi AHM, meskipun pada part suspensi depan yang sudah menganut model USD infonya masih import dari Thailand. Lantas pertanyaannya apakah Honda CBR250RR merupakan produk global?

hondaglobal

Atas bantuan search engine dan beberapa megabyte quota internet, dalam waktu 10 menit saja saya menemukan petunjuk lumayan mencerahkan hehehe 😀 . Langsung dari website World Honda saya melihat satu berita seputar peluncuran Honda CBR250RR di Indonesia yang mana merupakan kemunculan pertama kalinya didunia. Pada kalimat akhir artikel dijelaskan bahwa Honda berencana untuk merilis CBR250RR di Jepang di kemudian hari. Sampai disini sudah lumayan jelas, setidaknya sudah ada Jepang yang akan juga ikut merilis CBR250RR dikemudian hari.

New-2015-Honda-CBR250R-6

Kita kembali ke tanah air terlebih dahulu ya, disela-sela acara launching CBR250RR juga secara bersamaan dari pihak AHM memberikan keterangan bahwa status CBR250R yang infonya merupakan import dari Thailand akan di discontinue. Wah… semakin menarik saja nih guys, kalau kita lihat langsung di website resmi Honda AP Thailand  sendiri tidak menjual CBR250R melainkan dari CBR150R langsung naik ke CBR300R.

INDIA150

CBR250R di India

Secara global selain Indonesia sejauh ini yang saya ketahui juga ada India yang masih konsisten menjual CBR250R, silahkan dilihat screen shoot diatas yang merupakan tampilan dari website resmi dari Honda roda 2 India.

THAI5

Sedangkan yang saya baca dari artikel asphalt and rubber yang berjudul Honda CBR300R SMall-Dsplacement Warfare menyebutkan, bahwa Honda CBR300R di set secara global untuk menggantikan CBR250R yang sudah ada. Wah berarti hanya Indonesia dan India saja ya yang masih setia dengan CBR250R, di Indonesia sendiri dapat dipahami kenapa enggan naik displacement karena akan terbentur dengan pajak barang mewah diatas 250cc CMIIW. Sedangkan di India sendiri yang saya ketahui dari website bikeadvice, kemungkinan dikarenakan penjualannya tidak begitu menggembirakan.

THAI 2

Oke kita kembali ke pokok pembahasan, apakah Thailand (lagi) yang menjadi basis produksi Honda CBR250RR jika memang ini merupakan sebuah produk global? agak sulit menjawab pertanyaan tersebut guys, karena dibenturkan beberapa fakta yang ada saat ini. Namun bukan berarti enggak bisa memprediksi loh ya hehehe..

13645291_10154394845798139_3270487215464823620_n

Jika memang ini merupakan produk global maka prediksi pertama saya basis produksi CBR250RR berada di Indonesia tepatnya akan diproduksi di Plant 5 yang berlokasi di Karawang. Hal itu di amini oleh statement dari bapak David Budiono selaku Production, Engineering & Procurement Director PT Astra Honda Motor (AHM). Beliau pun mengatakan persiapan produksi sepeda motor dengan kode K64A sesuai rencana. “Basis produksi di Indonesia buat global, persiapannya lebih dari 50 persen. Meluncurnya tahun ini lah, tapi bukan Agustus,” ucap beliau, yang ditulis Rabu (8/6/2016). Untuk jelasnya teman-teman bisa klik pada sumber artikel otomotif liputan 6.

THAI4

Honda CBR150R di Thailand Saat Ini

Dan prediksi yang kedua basis produksinya akan ada di Thailand, hal itu dikuatkan dengan pernyataan beberapa tahun silam yang saya sebut pada paragraf pertama yakni basis produksi sport saat ini ada di Thailand. Dan mengapa AHM memproduksi CBR250RR secara lokal, kemungkinannya agar dapat menekan harga sebesar mungkin. Bayangkan saja guys dengan produksi lokal CBR250RR non ABS kemungkinan akan dihargai 63juta, jika harus import dari Thailand mau dibandrol dengan harga berapa? bisa jadi sudah mengambil pelajaran dari case CBR150R yang awalnya import Thailand dengan harga yang lumayan tinggi, lalu memproduksi CBR150R secara lokal  dengan harga yang lebih terjangkau dan penjualannya terbilang bagus.

54559901

Well, semua akan terjawab pada waktunya… yah, tunggu saja nanti saat Jepang juga ikut merilis CBR250RR tersebut, maka secara otomatis akan terjawab dengan sendirinya dari negara mana asal produksi sepeda motor tersebut. Kalau memang Indonesia kebagian jatah sebagai basis produksi, lagi-lagi kita patut berbangga hati… Setelah Yamaha, Suzuki dan Kawasaki dipercaya menjadi basis produksi beberapa tipe sepeda motor global mereka, kini Honda pun sudah menganggap betapa pentingnya pasar Indonesia sehingga harus diutamakan. Enggak seperti beberapa tahun silam dimana setiap melihat berita rilis sepeda motor baru di Thailand, cuma bisa ngiri dan menelan ludah saja hehehe 😀 karena pada saat itu banyak pabrikan memilih Thailand sebagai basis produksi.

Thanks for reading guys…. 🙂

Yuk diisi kolom komentarnya……..

 

Share Button

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *