Kunci Sukses Agar KTM Sanggup Melawan Raksasa Jepang

Foto Credit: Dari Google Search Engine

“Ready To Race”, bukan sekedar slogan namun nyatanya KTM juga benar-benar Ready To Race di pasar sepeda motor Indonesia. Informasi terakhir yang saya dengar mengenai KTM kabarnya mereka akan membangun pabrik di Semarang, wah… ini merupakan tanda keseriusan KTM menggarap pasar sepeda motor di Indonesia. Tentunya pembangunan pabrik ini turut membantu untuk membuka lapangan pekerjaan, oh ya hebatnya lagi mereka bangun pabrik di Semarang loh guys, strategi yang cerdas.. yups, disana investasi jauh lebih murah dan juga membuat pemerataan industri ke daerah.

KTM-RC390-review

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Kondisi memanas setelah secara resmi KTM Indonesia mengumumkan harga terbaru line up sepeda motornya. Iya panas guys, otomatis saat itu juga KTM menabuhkan genderang perang dengan raksasa-raksasa dari Jepang. Silahkan disimak harganya, bener-bener bikin ngiler bikers di Indonesia hehehe. dan secara otomatis pula harga kompetitif tersebut membuat line up mereka menjadi head to head dengan sepeda motor asal Jepang. Melawan raksasa otomotif asal Jepang tentu enggak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin! nih.. Kunci Sukses Agar KTM Sanggup Melawan Raksasa Jepang versi saya, silahkan disimak..

5p

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Untuk melawan Yamaha dan Honda yang sudah begitu kokoh di Indonesia, jangan menggunakan apa-apa saja yang sudah mereka miliki dengan kuat.  Kuncinya lawan dengan investasi yang murah (pokoknya harus murah). Nah… lebih detailnya dalam strategi marketing biasanya menggunakan 5P yakni Price, Product, Place, Promotion dan People.

Price

rok_bagoros_events

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Sudah pada dengar pengumuman harga baru line up KTM Indonesia kan? iya… KTM RC 250 dibanderol Rp 48 juta, 250 Duke Rp 44 juta, sementara untuk KTM RC 200 Rp 37 juta dan Duke 200 Rp 33 juta. Itu semua sudah On The Road loh alias tinggal pakai karena surat-surat berkendara sudah include. Nah dari Price yang sudah begitu kompetitif tentunya kemungkinan akan menciptakan volume yang besar, dua jempol deh buat KTM.

Product

ktm-rc-390-06

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Soal product, enggak perlu diperdebatkan lagi deh.. hehehe, terbukti kok banyak yang suka desain khas sepeda motor Eropa. Nah ngomong-ngomong soal product ada kaitannya dengan arah penentuan segmen. KTM harus hati-hati dengan konsumen Indonesia sebelum membeli selalu akan bertanya “resale value”, segmen ini biasanya enggak berani ambil resiko untuk move on dari merk sebelumnya. Harus lebih berani segmennya, KTM harus menentukan target segmen yang jelas, kalau saya lihat dari line up yang ada tentu cocoknya KTM pilih segment trend setter, monggo dilihat pada line up yang ada tuh.. bener-bener keren dan eyecathing banget! beda dengan produk sepeda motor asal Jepang yang sudah ada.

Place

Flying-Doctor-Dan-Warung-Laba-F16-Bentuk-Tanggung-Jawab-Merk-Motor-MKI

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Place dengan kata lain dealer (dalam industri otomotif), aspek ini membutuhkan dana besar untuk investasi. wah bisa bonyok duluan dong kalau harus sebar jaringan after sales diseluruh pelosok negeri ini, hehehe modalnya besar bro. Kembali ke prinsip murah ya, jaman sudah maju loh guys. Ini era teknologi digital dimana dunia berada diujung jari, tinggal bentuk tim yang cerdas yang mampu menghandling konsumen premium. Namun terlepas daari itu KTM tetap harus memiliki wujud place itu sendiri minimal 1 disetiap kota propinsi. Coba deh KTM buat speedshop disetiap kota propinsi tersebut, dan lagi-lagi dengan prinsip murah ya, untuk memperluas jaringan enggak ada salahnya KTM jalin kerjasama dengan speedshop-speedshop independent yang sudah eksis.

x01_604203

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Yang enggak kalah penting itu urusan ketersediaan suku cadang, nah pola fikir konvensional itu biasanya beli sparepart ya di beres. Iya enggak salah juga berifikir begitu, itu pun kalau jaringan after salesnya udah merata. Nah solusi cerdas buat KTM coba deh urusan suku cadang bermain dengan cara online, sampai keujung Indonesia pun kalau ada sinyal kelar urusan 😀

Promotion

NJMP-Action.jpgKTM

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Urusan promosi KTM diuntungkan dengan line up yang sudah ada, yups.. perkara mudah bagi KTM untuk mempromosikan produk mereka, karena dikelas premium calon konsumen cenderung bermain di internet.

People

die-ktm-crew-macht-rc16-bereit-für-die-action

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Jikalau memang bisa alangkah baiknya KTM Indonesia memenuhi aspek yang terakhir yakni people, silahkan deh mencari orang-orang yang memang sudah qualified di dunia industri roda dua yang paham betul seluk-beluk konsumen roda dua di Indonesia.

ktm-duke-14

Foto Credit: Dari Google Search Engine

Well, begitu kira-kira kunci sukses versi saya hehehe, dengan adanya KTM kini membawa warna baru Industri sepeda motor di Indonesia.

thanks for reading ya guys….

Yuk di isi kolom komentarnya… 🙂

 

Share Button

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *