Yamaha RR120, Sepeda Motor Bebek Dengan Sasis Deltabox!

b92e75f2e05320808272002e4df0bbe8

 

Kalau bahas sasis deltabox tentu yang terbayang motorsport batangan Yamaha, kalau di 250cc kebawah jaman dulu itu ada Yamaha TZR125, TZR150, TZR250. Dijaman sekarang ada Yamaha Vixion, Yamaha R125 dan Yamaha R15. Namun ternyata dulu di Thailand sana sempat lahir sepeda motor cub atau bebek yang menyalahi kodrat hehehe, iya bebek itu kan identik dengan sasis underbone.

dsc03771kk

Adalah Yamaha RR120, disini saya enggak akan mengupas dalam-dalam dikarenakan memang rujukan detail spesifikasi yang terpercaya enggak berhasil saya temukan. Kita bahas yang ringan-ringan saja ya guys, seputar tampilan bebek 2tak ini. Yups… Yamaha RR120 dibekali sasis Deltabox layaknya motor sport tahun 1990-2000an kala itu sepert TRZ series, tentu penggunaan sasis deltabox pada sepeda motor ini nampak begitu mencolok. Ukurannya begitu besar sekali pada sisi tengah RR120, saya rasa motor batangan pun bakal minder deh kalau lagi sebelah-sebelahan dengan motor ini 😀 .

yamaha_rr120_11

Area mesin tidak dibiarkan terbuka begitu saja guys, dengan cermat dikenakanlah cover penutup area mesin dan sekaligus membentuk undercowl layaknya sepeda motor half fairing. Dengan begini RR120 enggak kelihatan kedodoran di sasis saja dikarenakan diimbangi dengan desain cover area mesin tersebut.

dsc03765j

Masuk kearea body belakang lagi-lagi sepeda motor ini khas dengan desain motorsport era tahun 2000an awal, body cenderung mengkotak namun enggak sekaku desain sepeda motor tahun 1990an. Urusan desain lampu belakang pun sama, begitu khas bentuk lampu belakang motorsport dengan detail tonjolan dua lingkaran.

dsc03766z

Pada panel dashboardnya disebelah kiri ada spedometer, ditengah ada takometer dan di kanan ada fuel meter. Dibawahnya terdapat 5 lampu indikator yang masing-masing warna entah berfungsi sebagai apa., namun kalau boleh menebak sepertinya sebelah kiri berwarna kuning sebagai lampu sein, yang disebelahnya warna hijau berfungsi sebagai indikator netral, disebelahnya berwarna biru sebagai lampu jauh, sisa 2 lampu sebelah kanan saya bingung nih guys… apakah top gear dan suhu mesin atau apa ya? mungkin ada yang bisa bantu jawab, silahkan di isi dikolom diskusi ya.

yamaha_zr120a_8

Nah ini nih yang unik, dibagian tengah seperti ada bagasi namun saya sendiri enggak tahu pasti apakah ini hanya sekedar cover atau memang disediakan space didalamnya sebagai bagasi, agak meragukan juga dikarenakan area mesin tentunya akan menimbulkan panas. Jangankan taruh HP, dompet, power bank, dan lain-lain. Taruh aja kanebo basah, terus ajak riding deh kalau enggak itu kanebo langsung kaku hehehe.

Well, thanks for reading guys…

yuk di isi kolom komentarnya……. 🙂

Share Button

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *