First Impression KTM RC390, Ini yang Disebut Ganteng Bawaan Lahir!

DSC_4906

Keren, begitu kira-kira yang terlintas didalam fikiran saya saat pertama kali melihat KTM RC390 ini. Dilihatnya tuh segar dan enggak membosankan banget, pokoknya out of the box deh dibanding yang lain. Bukan tanpa alasan guys karena RC390 dibekali desain yang amat menggoda, perhatikan bentuk lampu depannya betapa uniknya motor ini, yang paling keren itu rangka baja teralisnya ala Moto3 banget. Secara keseluruhan motor ini tampak atletis namun tetap ramping.

Sekilas rangka teralis oranye RC390 ini mirip dengan punya Duke, tetapi jangan salah guys… Rangka ini sebenarnya sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar ergomoninya pas digunakan oleh sepeda motor supersport.

DSC_4906 copy

Perhatikan deh penempatan knalpotnya, yang menyembul diposisi bawah fairing hanya lubangnya saja. Walah ini kok rasa Eropanya kental banget hehehe, setelah diperhatikan lebih detail ternyata catalic converter berada dibelakang monoshock. Sedangkan header knalpot dibiarkan meliuk-liuk cantik pada area mesin, aduh dilihatnya tuh manis banget. Kalau motor sport fairing lain biar kelihatan lebih sporty harus pasang fairing extention, nah.. Di RC390 enggak perlu lagi kan dari sananya sudah ganteng 😀 .

11111 copy

Wind shieldnya juga unik loh yang tertutup bukan sebatas visor saja, bahkan windshield menutupi seluruh area wajah RC390.  Spionnya nih saya ngiler banget, bentuknya seperti milik sport Eropa Cc besar.. Sudah ada yang jual kah? Hehehe.

11112 copy

Keunikan enggak hanya tersirat pada bagian wajah RC390 ini, desain front fender alias spakbor depan juga unik. Bentuknya simple mengotak tapi kok ya keren aja dilihatnya hehehe, bakalan jadi inceran bahan modifikasi nih. Area depan dipercantik dengan penggunaan suspensi depan USD merk WP, walah… Ini mah keren bawaan lahir. FYI KTM RC390 menggunakan  high quality USD  WP Suspension yang memiliki ukuran outer tube yang sama dengan RC8 R yakni 43mm.

DSC_4926

Dashboardnya sederhana dengan panel LCD mengotak, dihiasi beberapa tombol. Jika dihidupkan slogan khas KTM akan muncul…. “Ready To Race”. Pada panel digital LCD display tersebut terdapat indikator engaged gear, fuel gauge dan pengingat waktu untuk service. Seperti pada kelas supersport, Panel LCD KTM RC390 juga dijejali RPM alert indicator ketika RPM sudah menyentuh posisi terbaik untuk pindah gigi.

DSC_4918

Segitiga atasnya keren lho guys, detailnya dapet terus bentuk stang jepitnya juga manis, terkesan enggak banyak baut-baut bertebaran disana. Enggak hanya memiliki bentuk yang keren, ternyata segitiga tersebut terbuat dari forged aluminum.

DSC_4925

Bentuk jok belakangnya yang bikin saya geleng-geleng kepala,  iya loh… Sekilas seperti pakai cover tandem (penutup jok belakang), kalau orang enggak tahu kemungkinan akan berfikir begitu. Inovatif banget deh, disaat yang lain harus pasang cover tandem biar keliatan kaya motor balap eh si RC series enggak perlu begituan hehehe. Dipencet-pencet juga empuk kok, sayang saya enggak sempat nyoba duduk disitu. Melihat kebawah ada swingarm keren, terbuat dari light alloy yang mana terhubung langsung dengan linked monoshock  WP.

DSC_4922

Dengan segudang keunggulan KTM RC tersebut diatas bukan berarti enggak memiliki kekurangan, khususnya soal build quality saya enggak begitu mematok terlalu tinggi, karena sudah tahu motor ini dibuat di India sana. Terbukti saat saya memperhatikan detail las-lasan pada area rangka teralis berwarna oranye, nampak masih kasar pada tiap sambungannya.

DSC_4915

Well, demikian kira-kira pandangan pertama saya terhadap RC390, sejak awal melihat rasanya dag-dig-dug seperti sedang jatuh cinta 😀 .  Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mempertimbangkan untuk meminang KTM.

Copy of DSC_4941

Nantikan artikel selanjutnya tentang pengalaman saya saat test ride & fun riding bersama KTM RC390.

Thanks for reading guys, yuk di isi kolom komentarnya… 🙂

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *