Test Ride KTM RC390, Motor yang Fun Banget Buat di Ajak Sunmori!

Test Ride KTM RC390, Motor yang Fun Banget Buat di Ajak Sunmori!

2 September 2016 3 By permanatriaz

Tepatnya pada hari jumat lalu Om Leopold dengan berbaik hati mengajak saya untuk menggilir KTM RC390 secara bergantian dibilangan BSD pada Sabtu pagi esoknya, tanpa pikir panjang langsung saya jawab mau sambil mengajak satu blogger panas papan atas Om Benny Nugroho.

DSC_4918

Sabtu pagi tepat jam setengah 7 kami berkumpul di depan AEON Mall BSD, saat itu yang hadir ada saya, Om Leo beserta member YROI dan ada Om Benny Nugroho. Singkat kata semua sudah mencoba RC390 secara bergantian dan kini giliran saya yang mencoba sebagai tester penutup.

DSC_4955

Dengan postur tubuh saya yang terbilang kurus, tinggi 169cm saya merasa cocok sekali dengan KTM RC390 ini yang juga memiliki tubuh yang slim namun atletis. Kontak On dan terpampang jelas teks “Ready To Race”, walah… ngeledek ini LCD Display hehehehe πŸ˜€ wong saya mau Β fun riding aja kok. Saat sudah duduk dan tangan meraih stang, sangat terasa sekali ergonomi racy disini wah… asik buat sunmori dan track day nih!

DSC_4942

Sebelumnya saya pantau terlebih dahulu kondisi arus lalu-lintas, wah asik nih masih kosong banget. Baiklah… masuk gigi satu gas saya buka habis-habisan, wow… tarikan enteng banget serasa pake booster guys, enggak terasa dalam waktu singkat sudah masuk di kecepatan 42km/jam. Mentok limiter dan cukup mengganggu banget karena bikin RPM drop, lalu colok gigi 2 guys, wow amazing masih berasa banget kaya pake booster. Gas dibuka sampai mentok limiter dan menyentuh angka 80km/jam.

DSC_4906

Jalan masih panjang lanjut lagi deh di gigi 3 dan gas pol lagi, disini jarak gigi 3 ke 4 cukup panjang (enggak sependek gigi 1 dan 2), dibuka terus sampai mentok limiter ternyata sanggup menyentuh angka 105km/jam. Pada gigi 4 kecepatan sudah cukup tinggi dan motor masih sangat stabil menapakan bannya di aspal, sebelum mentok limiter kecepatan mampu menyentuh angka 132km/jam. Nah gigi terakhir yang saya coba adalah gigi 5, dan kecepatan paling maksimal yang pernah saya catatkan diatas KTM RC390 pada test hari ini menyentuh angka 143km/jam.

DSC_4926

Setelah merasa cukup dengan test power KTM RC390 ini, saya lanjutkan berkendara diseputaran BSD. Melewati jalan dengan banyak variasi belokan dan putaran terasa RC390 ini begitu mantap sekali handlingnya, suspensi pun asoy banget guys..WP gitu loh πŸ˜€ . Saat saya mencoba melintasi speed trap KTM RC390 begitu luwes melewatinya, enggak ada gejala goyang meski melintasi speed trap dengan posisi agak miring. Pengereman juga sama okenya loh, dengan Bybre ABS bawa motor ini menjadi lebih percaya diri.

DSC_4918

Dengan segala kelebihannya bukan berarti KTM RC390 hadir tanpa memiliki kelemahan, beberapa kelemahan yang saya rasakan saat mengetes KTM RC390 ini adalah soal vibrasi. Sepertinya vibrasi terasa “berlebih” pada motor ini, diarea stang terasa begitupun area jok saat diduduki. Lalu selanjutnya soal suara mesin yang terdengan cukup kasar bagi saya, kalau ini memang murni saya yang belum terbiasa dengan motor Eropa, nanti lama kelamaan juga merasa terbiasa dan mulai dapat menerimanya . Nanti artikel suara langsam mesin KTM RC390 saya pisah sendiri ya guys πŸ˜€ . Terakhir soal riding position yang racy, untuk sunmori atau track day sih oke banget, tapi kalau di pakai sehari-hari? waduh terima kasih deh guys… kemungkinan akan terasa capek sendiri saat bertemu macet dijalanan kota besar, ya meski sebenarnya riding positionnya enggak racy-racy banget.

DSC_4956

Berikut video singkatnya….

Thanks for reading ya guys…..

Yuk di isi kolom komentarnya……. πŸ˜€

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...