Apa Sih Teknologi YCC-T (Yamaha Chip Technology Controlled Throttle) ?

YCC-T (Yamaha Chip Techonolgy Controlled Throttle) merupakan teknologi terbaru yang diadopsi oleh Yamaha TMAX 2017, teknologi ini sudah diadopsi lebih dulu oleh Yamaha R6, Yamaha R1 dan Yamaha VMAX.  Apa sih YCC-T? yuk kita bahas sama-sama guys…

2016ym_rossi_yzr-m1_white_25_0-middle

YCC-T atau yang bisa disebut fly by wire merupakan teknologi turunan dari Yamaha M1 yang berprestasi dikancah balap sepeda motor MotoGP, sedangkan pada sepeda motor produksi massal yang pertama kali mengadopsi YCC-T adalah Yamaha R6 pada tahun 2006. Pada saat itu para insinyur pembuat YCC-T membuat keputusan untuk menjadikan R6 sebagai motor pertama yang mengadopsi teknologi tersebut karena memang cocok untuk diaplikasikan pada mesin baru Yamaha R6 dengan karakter short stroke engine dimana pemakaiannya dalam kondisi yang luas dan sangat ekstrim.

Agar lebih mudah dalam memahaminya, yuk… kita tonton dulu video singkatnya…

Sudah ada bayangan kan guys? hehehe… jadi begini guys, saya coba jelaskan sedikit ya, Ketika throttle konvensional dibuka secara tiba-tiba, maka jumlah bahan bakar yang dikirim ke kepala silinder dapat berlebihan, sehingga proses pembakaran kurang efisien dan kinerja mesin sudah pasti akan berkurang. Nah…. dengan YCC-T hasilnya akan berbeda loh guys. Yups.. dengan campur tangan sistem YCC-T maka ECU terus memproses data dari berbagai sensor, termasuk suhu udara, tekanan udara intake, tekanan atmosfer, posisi mesin, suhu mesin, kecepatan mesin, posisi throttle dan oksigen. Data dari ECU memungkinkan YCC-T untuk mengontrol kapan saat yang tepat untuk pembukaan katup throttle sesuai dengan kondisi operasi yang berlaku, dengan proses detail tersebut YCC-T memastikan bahwa campuran bahan bakar / udara sudah optimal, dan dengan demikian maka kinerja mesin dapat berkerja dengan lebih baik.

2017-yamaha-t-max-abs-eu-midnight-black-detail-001

Well, demikian artikel mengenai YCC-T… semoga dapat menambah pengetahuan kita seputar dunia otomotif khususnya roda dua.

Thanks for reading guys, yuk diisi kolom komentarnya… 😉

 

Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *