All New Yamaha R15: Bukti Nyata Mesin SOHC 4 Valve VVA Bisa Lebih Baik Dari DOHC Apapun Di Kelas 150cc

Copy of DSC_6643

Sebenarnya ini adalah pembahasan kuno, pembahasan dimana issue bahwa DOHC adalah segala-galanya, kalau enggak pake mesin DOHC situ enggak oke lah! 😀 hehehe padahal menurut saya kalimat kayak begitu basi banget guys. Nah sekarang kita bisa sama-sama lihat nih guys bukti bahwa pola fikir kalau motor sport itu harus pakai mesin DOHC adalah pola fikir yang keliru, bagaimana enggak keliru? All New Yamaha R15 yang menggunakan mesin SOHC 4 Valve VVA dapat lebih unggul power maupun torsi dari sepeda motor sport 150cc lain dikelasnya yang sudah menggunakan mesin DOHC Overbore maupun Overstroke.

All New Honda CBR 150R

Foto Credit: Google

Foto Credit: Google

Mesin: DOHC Overstroke

Power: 12.6 KW

Torsi: 13.7 Nm

Sumber: Klik disini

Suzuki GSX-R150

dsc_5960

Mesin: DOHC Overbore

Power: 14.1 KW

Torsi: 14.0 Nm

Sumber: Klik Disini

All New Yamaha R15

Copy of DSC_6645

Mesin: SOHC 4 Valve VVA

Power: 14.2 KW

Torsi: 14.7 Nm

Gimana guys? masih mau bilang SOHC itu ga mumpuni, pokoknya harus DOHC! 😀 Tuh silahkan dilihat sendiri deh faktanya hehehe… 😀

Ada beberapa Alasan mengapa Yamaha tetap menggunakan mesin SOHC 4 klep dilengkapi dengan VVA, yuk kita bahas..

Hemat BBM

Foto Credit: Google

Foto Credit: Google

Pada kelas sport 150cc mayoritas para penggunanya masih berfikir soal konsumsi BBM, apakah tergolong hemat atau boros? hal tersebut bukanlah sesuatu yang mengherankan karena memang dikelas ini sepeda motor masih digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Berbeda dengan kelas 250cc keatas yang kebanyakan enggak pusing memikirkan irit atau boros, toh kalaupun perlu tahu konsumsi BBM hal itu sebatas ingin mengetahui seberapa jauh jarak tempuh sekali isi bensin full tank. Nah inilah mengapa Yamaha tetap menggunakan mesin SOHC 4 Klep dan dilengkapi dengan teknologi VVA, dimana pada putaran mesin yang rendah yang bekerja adalah profile low rpm. gimana? cerdas bukan…. Ujung-ujungnya bikin hemat konsumsi bbm.

Torsi Merata & Banjir Power

ALL-NEW-R15-VINALES-PERMANATRIAZ

Antara DOHC dan SOHC memiliki keunggulan  dan kekurangan yang enggak bisa dimiliki secara bersamaan oleh keduanya. Singkat kata DOHC memiliki keunggulan torsi yang lebih besar pada  kecepatan yang lebih tinggi dibanding SOHC, namun pada putaran rendah torsinya kalah dengan SOHC dan tentu DOHC lebih boros konsumsi BBM. Sedangkan  SOHC menghasilkan torsi yang lebih baik pada putaran rendah dibanding DOHC karena lebih ringan memutar mesin dan hemat BBM, namun pada putaran tinggi jelas akan kalah dengan DOHC. Nah dengan mesin yang digendong oleh All New Yamaha R15 maka keunggulan dari DOHC & SOHC diborong semua secara bersamaan, dengan racikan mesin terbaru SOHC 155cc 4 Valve VVA pada putaran rendah yang bekerja adalah low profile rpm, sehingga kaya akan torsi mulai dari bawah dan hemat konsumsi BBM, pada putaran menengah keatas yang akan bekerja berpindah ke high rpm profil sehingga pada putaran atas pun torsi tetap melimpah.

16143302_1302524739791012_5061194299961851749_n

Tuh liat intake manifoldnya, Throttle body 30mm, 10 hole injector, box filter segede gaban, eclipse intake port….. jadi jangan heran kalau torsi dan power diborong habis oleh All New Yamaha R15.

Belum lagi pengaruh dari assist and slipper cluth yang bikin riding lebih asyik dan seru :D.

Copy of DSC_6649

Saya bantu jelaskan sedikit ya guys… apa sih fungsi Assist? fitur assist disini adalah sebagai alat bantu agar tuas kopling menjadi lebih ringan untuk ditekan, sehingga kalau kita lagi terjebak kemacetan, atau sedang long riding membuat jari-jemari kita enggak cepat pegal dan keram. Selain itu saat sedang berakselerasi pun akan terasa lebih responsif. Apa sih fungsi slipper clutch? Singkat kata begini guys…. slipper clutch sangat membantu sekali untuk memperhalus saat melakukan perpindahan tuas perseneling, terutama untuk menurunkan tuas perseneling dari angka tinggi ke rendah (deselerasi) tanpa merasakan hentakan dahsyat alias engine brake, jadi enggak perlu khawatir lagi kejadian spinning sampai ban belakang ngesot-ngesot saat down shift menjelang masuk tikungan 😀

DSC_6630

Well, demikian guys artikel kali ini.. jadi nanti kalau ada yang bilang “Yah belom DOHC” jawabannya simple… “Basi” 😀

Jangan mau deh dikerjain sama issue – issue kacangan kayak gitu lagi, jadilah bikers yang cerdas..  hehehe….

Thanks for reading ya 😉

 

Share Button

20 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *