Test Ride Yamaha All New R15: Persis Bagai Seorang Jagoan Di Film Action!

Copy of DSC_6643

Tentu teman-teman sekalian suka melihat film action kan? sebut saja Jackie Chan, atau mungkin seorang Frank yang diperankan oleh Jason Statham di film Transporter. Yups… di film itu seorang jagoan pemeran utama begitu perfect aka sempurna, jago bertarung baik itu keroyokan atau satu lawan satu, jago mengendarai sepeda motor, bahkan jago menggaet pasangan hidup ( maaf ya bagi yang jomblo alias belum menikah:D ). Nah setelah saya merasakan sendiri test ride Yamaha All New R15, dapat saya katakan… All New R15 Bagai seorang jagoan di film action.

ertyui

Meski saat itu kondisi Sentul sejak pagi sudah turun hujan kira-kira sejak jam 8 pagi sampai jam 10:30 pagi, namun sama sekali enggak menyurutkan niat saya untuk ikut merasakan sensasi mengendarai jagoan sport fairing baru Yamaha dikelas 150cc yakni All New R15, meski enggak dipungkiri test kali ini enggak akan di push sampai batas maksimal karena faktor lintasan yang baru saja diguyur hujan.

Copy of DSC_6645

Dibekali mesin yang sudah mengadopsi teknologi VVA membuat motor ini begitu terasa sekali kaya akan torsi sejak rpm bawah, tentu ini sangat bermanfaat saat motor ini dikendarai dijalan umum perkotaan yang cenderung stop and go, melintasi banyak lampu merah atau berkutat dikemacetan. Dari sisi lain penggunaan VVA membuat kenikmatan berkendara sudah didapat sejak awal nge-gas, torsi sudah terasa banget guys.. selain itu VVA membuat motor ini menjadi hemat konsumsi BBM. Saat digunakan murni disirkuit permanen seperti Sentul Besar pun motor ini asyik-asyik aja guys hehehe, enggak percaya? Mengapa sport fairing 155cc ini begitu bertenaga? nih dia alasannya.. motor ini menggunakan throttle body sebesar 30mm, menggunakan 10 hole injector, menggunakan filter udara bervolume besar dan intake port berbentuk eclipse. Dengan demikian Yamaha All New R15 sanggup memuntahkan power sebesar 14,2Kw/10.000rpm dan torsi sebesar 14,7Nm/8.500rpm, secara otomatis All New R15  merupakan yang paling gahar dikelasnya loh guys 😀 . Persis jagoan difilm action yang jago bertarung keroyokan, motor ini juga akan jago diajak bermanuver dikepadatan jalan, kemacetan jalan. Jago tarung satu lawan satu… motor ini juga enak dipakai disirkuit permanen, track lurus dan kombinasi tikungan juga asyik dilalui.

Copy of DSC_6652

Yamaha All New R15 dibekali paket yang sempurna untuk mendapatkan handling yang baik, pada suspensi depan sudah mengadopsi USD, rangka sudah deltabox, dan swing arm alumunium. Ada satu fitur tambahan lagi nih guys… namanya assist and slipper clutch. Saya bantu jelaskan sedikit ya guys… apa sih fungsi Assist? fitur assist disini adalah sebagai alat bantu agar tuas kopling menjadi lebih ringan untuk ditekan, sehingga kalau kita sedang terjebak kemacetan, atau sedang long riding membuat jari-jemari kita enggak cepat pegal dan keram. Selain itu saat sedang berakselerasi pun akan terasa lebih responsif. Apa sih fungsi slipper clutch? Singkat kata begini guys…. slipper clutch sangat membantu sekali untuk memperhalus saat melakukan perpindahan tuas perseneling, terutama untuk menurunkan tuas perseneling dari angka tinggi ke rendah (deselerasi) tanpa merasakan hentakan dahsyat alias engine brake, jadi enggak perlu khawatir lagi kejadian spinning sampai ban belakang ngesot-ngesot saat down shift menjelang masuk tikungan 😀

ALL-NEW-R15-PERMANATRIAZ

dengan Assist & slipper clutch Yamaha All New R15 bisa terus mempertahankan kecepatan tinggi dan bisa melakukan down shift (turun gigi) menjelang masuk tikungan pada rpm tinggi tanpa perlu khawatir motor akan mengalami spinning alias ngesot-ngesot.. karena dengan slipper clutch engine brake hampir enggak terasa dampaknya. Nah ketika Yamaha All New 15 masuk tikungan dengan kecepatan tinggi disini peran USD, sasis deltabox, dan arm alumunium begitu terasa banget guys. Motor terasa begitu nurut banget saat hendak masuk dan keluar tikungan, nah dengan perpaduan kegunaan assist & slipper clutch dan kegunaan paket USD, Deltabox dan swing arm alumunium membuat Yamaha All New R15 ini menjadi Total Balance. great job! Dengan demikian saya yakin teman-teman yang baru naik kelas dari motor bebek atau motor skutik tidak akan merasakan kesulitan mengendarai Yamaha All New R15, dan bagi teman-teman yang sebelumnya menggunakan motor sport 150cc akan merasakan sensasi yang begitu berbeda dan begitu asyik saat berkendara dengan Yamaha All New R15.

Biar enak dan ada gambaran yuk kita tonton videonya.. saat Yamaha All New R15 masuk tikungan dengan kecepatan tinggi tanpa kendala…

Enak yah… down shitf begitu halus tanpa spinning hehehe…

 

DSC_6630

Dari segi tampilan gimana? Yamaha All New R15 tampil dengan desain yang begitu menawan, yups… DNA R Series terbaru begitu kental terasa, secara jelas motor ini mengambil garis desain Yamaha R6 lansiran 2017, dengan demikian dapat dikatakan motor ini begitu ganteng maksimal.  enggak percaya? silahkan lihat foto dibawah ini.. 😀

Foto Credit: Google

Foto Credit: Google

Yamaha All New R15.

Ganteng dapet, irit BBM dapet, akselerasi dapet, power dapet, fitur dapet, secara keseluruhan motor ini sangat value banget guys!

Yuk.. yang sudah kesengsem harap sabar sebentar yah, enggak lama lagi sepertinya akan rilis kepasaran.

Well, thanks for reading guys.. 😉

 

Share Button

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *