Kawasaki Versys X 250 Tourer: Cocok Untuk Bikers Yang Doyan Touring!

DSC_7183

Disini ada teman-teman yang doyan touring 1 atau 2 hari,  jarak pendek dan menengah, misal Jakarta – Puncak, Jakarta – Pelabuhan Ratu, Jakarta – Pantai Sawarna dengan menggunakan sepeda motor sport naked, sport fairing, skutik atau bebek? atau bahkan teman-teman sekalian adalah bikers yang jarang pulang? 😀 yups… sekalinya touring bisa berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, sebut saja start Jakarta menuju ke Aceh, atau Jakarta – Timor Leste, dan sebagainya.

DSC_7182

Pernah terlintas sepeda motor apa sih yang cocok untuk diajak touring? atau jangan-jangan sudah pesimis duluan karena sepeda motor touring atau adventure itu harganya ratusan juta? eits, tenang guys… sekarang kita enggak perlu pesimis lagi deh untuk bisa memiliki sepeda motor tourer impian, karena Kawasaki Motor Indonesia memiliki jagoan baru dikelas  tersebut yakni KAWASAKI VERSYS X 250.

DSC_7181

Kawasaki Versys X 250 Tourer yang dibandrol seharga Rp73.100.000,- begitu nyaman dan percaya diri untuk dikendarai bahkan saat pertama kali saya duduk diatas joknya, biasanya sepeda motor tourer itu identik dengan seat height yang kebangetan tinggi untuk ukuran mayoritas orang Asia hehehe. Nah saya yang memiliki tinggi badan 169cm sama-sekali enggak kesulitan, bahkan kedua kaki masih bisa menampak ke tanah. Begitupun dengan posisi stang nih guys, posisi tangan begitu nyaman banget.. wah.. riding berjam-jam juga tetep asyik aja nih.

DSC_7202

Meski jalur test ride terbilang sangat terbatas sekali untuk mengeluarkan kemampuan asli Versys X250 Tourer ini, saya tetap enggak ingin kehilangan kesempatan emas ini, yuk langsung kita gassss :D. Setelah selesai proses registrasi dan mengenakan riding gear saya langsung antri di motor test urutan ke 3, duduk diatas motor saya sambil bertanya-tanya dalam hati “serius nih pake basis mesin Kawasaki Ninja 250R? “. Namun setelah saja menjajal langsung maka pertanyaan tersebut sirna seketika, yups… mesin sangat terdengar halus dan minim vibrasi / getaran. Begitupun ketika mencoba menghabisi nafas  yang ada pada gigi 1 dan 2, waaahhhh.. panjang dan berisi banget guys, mantap deh pokoknya hehehe. Sudah nafasnya panjang ditambah dengan karakter mesin yang cukup smooth, udah deh enak banget ini motor buat dipakai touring!

DSC_7200

Waktu mencoba Versys X 250 Tourer ini dijalan raya, saya menjajal langsung soal kelincahan sepeda motor ini yang dilengkapi dengan panier, ternyata masih terbilang mudah untuk menerabas ditengah kepadatan arus lalu lintas. Setelah ditelisik lebih jauh ternyata hal tersebut dikarenakan kecerdasan desainernya nih guys, panier dibuat dengan dimensi yang enggak melebihi dari lebar stang dengan maksud agar rider enggak kesulitan untuk selap-selip dikemacetan atau kepadatan jalan.

Salah satu peserta test ride sedang asyik menghajar tumpukan karung pasir

Salah satu peserta test ride sedang asyik menghajar tumpukan karung pasir

Giliran Versys X 250 Tourer ini saya jalal dijalur test yang diberikan beberapa rintangan berupa karung berisikan pasir, gimana impresinya? saya jadi enggak khawatir untuk menerabas jalan rusak yang enggak terduga dijalanan 😀 , loh kok gitu sih? iya dong.. Versys X 250 ini dibekali dengan suspensi depan yang memiliki travel yang cukup panjang dan juga terasa empuuuuuuuuk sekali ehehehe. Lihat karung pasir berjejer malah saya gaspol tuh, ban begitu mantap menjejak ditanah setelah terbang menghantam karung pasir.. wajar kok karena sepeda motor ini dibekali dengan velg jari-jari berkwalitas super dan juga velg depan yang berukuran lebih besar dari velg belakang yakni depan 19″ dan 17″. Dan yang enggak kalah penting nih guys, saat saya riding dengan posisi berdiri (posisi yang penting banget saat touring atau adventure) tangan meraih stang dan badan tetap tegap, wah.. enaaaak bener ini motor.

 DSC_7213

Saat melahap jalur test ride yang dengan dihiasin dengan kerucut yang berjejer, motor ini juga begitu lincah meliuk-liuk. Kok aneh ya? bukannya sepeda motor tourer itu rada kurang lincah ditikungan? yang ini beda guys.. karena itu tadi, motor ini enggak sejangkung motor tourer pada umumnya, makanya masih enak banget buat meliuk-liuk.

DSC_7189

Sebagai penutup, kalau enggak keberatan saya akan sharing sebuah pencerahan mengenai pertanyaan awam.. “loh kok motor begini doang mahal banget? kan enggak pakai fairing, tampilan sederhana, blablablablabla”. Jawabannya simple banget guys, karena motor ini diperuntukan untuk touring maka harus disajikan dengan kwalitas yang mumpuni. Sebagai contoh silahkan lihat velg diatas, tertulis “D.I.D Made In Japan”.  Untuk urusan velg aja Kawasaki enggak mau main-main guys, cerdas… mungkin pihak Kawasaki sudah melakukan study mengenai banyak kasus teman-teman yang sedang asyik turing terpaksa terhenti akibat velg peyang atau bahkan pecah ketika menghajar lubang. Masih banyak part berkwalitas tinggi lainnya yang dipasang pada Versys X 250 ini yang terlalu panjang jika saya jabarkan disini 😀 .

DSC_7169

Well, jika teman-teman sedang mencari sepeda motor yang paling pas untuk mejelajah alam Indonesia yang indah ini, dihiasi dengan kondisi jalan yang “random”… nyaman dipakai riding berlama-lama, harga enggak sampai ratusan juta. Saya rasa jawabannya ada pada Kawasaki Versys X 250.

Thanks for reading guys…;)

 

Share Button

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *