Pasang Cylinder Head XMAX 300, Power Yamaha XMAX 250 Bisa Naik 3.8kW, Torsi 4.7Nm!

2017_YAM_XMAX300_EU_MDNOM1

Motornya belum ada dijalanan tapi udah dibahas racunnya 😀 , enggak apa-apa ya guys.. biar nanti sudah ada bayangan salah satu cara meng-upgrade performa Yamaha XMAX 250. Nah racun kali ini yang akan saya bahas yakni seputar modifikasi Yamaha XMAX 250 disektor performa dengan menggunakan Cylinder Head Yamaha XMAX 300.

img

Seperti yang sebelumnya bisa dilakukan pada Yamaha R25 yang juga merupakan produk global, yakni memodifikasi sektor mesin Yamaha  R25 dengan menggunakan cylinder head Yamaha R3. Maka Yamaha XMAX 250 juga bisa menggunakan cylinder head Yamaha XMAX 300, beberapa keuntungan modifikasi ini diantaranya:

-Proses pemasangan cylinder head enggak perlu repot bubut sana-bubut sani, sepertinya tinggal plek… tetapi enggak menutup kemungkinan beberapa part pendukung harus diganti juga

-Kwalitas parts tentu terjamin, dikarenakan menggunakan Yamaha Genuine Parts Yamaha XMAX 300

-Tingkat presisi & daya tahan tetap bagus

-Silahkan ditambahin lagi guys.. hehehe 😀

2017-Yamaha-X-MAX-300A-EU-Quasar-Bronze-Detail-009

Namun berbeda dengaan Yamaha R25 yang cukup meng-upgrade mesin menggunakan cylinder head Yamaha R3 lalu selesai prosesnya, pada Yamaha XMAX 250 ada 1 hal yang harus diperhatikan jika memutuskaan ingin mengganti cylinder head Yamaha XMAX 300. Hal tersebut adalah TCS aka Traction Control System.

Yuk kita simak cara kerja TCS terlebih dahulu…

saat ban belakang mengalami gejala spinning maka TCS tersebut berkerja enggak lagi akurat seperti semula.. bukan tanpa sebab guys, karena memang TCS tersebut memberikan perintah untuk mendelay pengapian dengan basic settingan mesin standar XMAX 250 dengan power dan torsi yang berbeda setelah menggunakan cylinder head XMAX 300. Eitsss.. jangan galau dulu, tenang ada solusinya kok guys… hehehe.. jika masih ingin tetap memaksimalkan fitur TCS maka ada langkah selanjutnya yang harus ditempuh yakni mengganti ECU XMAX 250 dengan ECU bawaan Yamaha XMAX 300, dengan demikian maka dapat dipastikan TCS akan berfungsi dengan akurat.

DSC_7926

Mungkin nanti pada prakteknya ada beberapa hal lain yang harus diganti atau disesuaikan 😀 , semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman owner Yamaha XMAX 250 dan para modifikator tercinta.

Well, demikian artikel kali ini guys.. semoga bermanfaat..

Thanks for reading yaaa……. 😉

Share Button

2 comments

  • PanggilSajaMawar

    Assalamualaikum mas permana. SepertinyabPerlu diperjelas lagi untuk part modifikasinya. Apakah hanya cylinder headnya saja, atau berserta camshaft dan valve. Atau juga cylinder head komplit plus cylinder body komplit berserta piston kitnya..? Biar enggak salah faham mas, syukron untuk informasinya. Wassalamualikum

    • Walaikumsalam,
      Kalau mau bener-bener PNP banget jeroan XMAX 300 ke XMAX250.. Sepertinya masih ada beberapa bagian lagi yang harus diganti, mungkin crank shaft, mungkin con rod, etc yang fixnya saya belum tercopy dengan jelas ndan..
      Hehehe..
      Afwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *