Ini Dia Resep Rahasia Volvo Untuk Tangkal Resiko Kecelakaan Bus dan Truk

The Split

Belakangan sering kali terdengar kabar mengenai kecelakaan bus dan truk di tanah air, beberapa kasus terjadi karena  bus dan truk mengalami rem blong, bus dan truk menghindari korban kecelakaan yang malah mengakibatkan bus dan truk tersebut terbalik, kecelakaan bus dan truk karena supir mengantuk, dan lain sebagainya. Sungguh kondisi tersebut sangat memperihatinkan sekali guys, semoga kedepannya hal-hal tersebut dapat segera ditangani dengan baik dan serius agar enggak lagi memakan korban jiwa.

Di lain tempat Volvo selaku perusahaan yang fokus bergerak dibidang pembuat sarana angkutan sangat serius menangani unsur-unsur safety pada kendaraan truk dan bus yang mereka produksi, yups… perusahaan asal Swedia ini terlihat enggak mau main-main soal safety, hal tersebut dapat sama-sama kita saksikan teknologi safety yang mereka sematkan pada line up bus dan truk yang mereka produksi sangat mumpuni.

8262425_orig

Volvo Emergency Brake

Emergency Brake Assist alias EBA merupakan teknologi canggih yang disematkan pada beberapa truk canggih di Eropa, secara singkat dapat saya jelaskan EBA ialah teknologi pengereman pada saat terjadi keadaan darurat akan menambahkan tekanan pada pedal rem. Teknologi ini pertama-kali di developt dan di aplikasikan oleh Dailmer-Benz dan TRW/LucasVarity. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 1992 di Mercedes Benz driving simulator di Jerman mengungkapkan bahwa lebih dari 90% driver gagal melakukan pengereman dengan benar saat menghadapi keadaan darurat.

volvo_trucks_emergency

Cara kerja teknologi tersebut sebenarnya cukup simple guys, EBA membaca kecepatan dan tekanan saat pedal rem diinjak, kemudian sistem akan mendeteksi jika driver sedang mengeksekusi pengereman darurat dan ternyata pengereman tersebut enggak benar-benar pas, maka sistem akan mengambil alih untuk melakukan pengereman habis sampai dengan ABS (Anti lock-braking) juga ikut bekerja hingga ban berhenti sempurna. Nah pada Teknologi Volvo Emergency Braking ini lebih canggih lagi guys… Meski pengemudi enggak menginjak pedal rem, namun ketika sensor mendeteksi didepan ada objek yang menghalangi jalan maka secara otomatis truk tetap akan melakukan pengereman dengan baik dan aman.

Biar enak yuk ditonton videonya….

Volvo Dynamic Steering

Wah, kalau driver truk dikasih kendaraan truk bermerek Volvo terus sudah disematkan teknologi ini, yakin deh… si driver bakal betah diatas truk hehehe. Yups.. teknologi Volvo Dynamic Steering ini meningkatkan daya manuver kendaraan truk tersebut, dengan demikian sistem ini membuat truk lebih nyaman dikendarai oleh driver.

Untitled

Rangkaian Volvo Dynamic Steering amat berbeda dengan truk-truk pada umumnya, Volvo Dynamic Steering terdiri dari komponen electronic motor, hydraulic steering gear. Electronic motor melakukan kontrol sebanyak 2.000 kali per detik berdasarkan input dari driver ketika memainkan stir dan sensor yang sudah tertanam didalamnya, itu bertujuan untuk memberikan kontrol yang presisi. Nah ada 4 keuntungan dari truk yang sudah mengadopsi teknologi Volvo Dynamic Steering nih guys… diantaranya:

1.Pada kecepatan rendah, hanya membutuhkan usaha yang sedikit untuk mengemudikan truk.. meski muatannya dalam kondisi penuh

2.Pada kecepatan tinggi, teknologi ini membuat truk mudah untuk diarahkan dan juga stabil.

3.Mengurangi gangguan pada kontur jalan yang kurang memadai.

4.Mendeteksi penyimpangan arah stir yang biasanya terjadi karena adanya tekanan angin dari samping.

Iklannya aja pake bintang laga terkenal nih guys, hehehe.. opa Vandamme

Bus Volvo

Enggak hanya dalam dunia truk, dalam dunia bus juga Volvo begitu fokus memberikan fitur safety terbaik untuk bus-bus yang diproduksinya, salah satu teknologi tersebut dalah ESP aka Electronic Stability Program. ESP merupakan teknologi komputerisasi yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat stabilitas kendaraan dengan cara mendeteksi dan mereduksi  skidding alias ban kehilangan traksi. ketika ESP mendeteksi adanya kehilangan kontrol steering maka secara otomatis dilakukan pengereman untuk menolong daya kemudi kendaraan sehingga driver bus dapat mengendalikannya dengan baik. Dengan demikian dapat mengurangi resiko bus kehilangan kontrol atau terbalik nih guys…

Nih guys.. silahkan disimak videonya..

Selain teknologi mumpuni, Volvo juga melakukan pengetesan serius sebelum bus dijual kepasaran. Beberapa test berat diterapkan agar dapat diketahui sejauh mana bus ini dapat melindungi para penumpang didalamnya, baik di tes tabrak samping, tabrak depan, timpa atap, sampai bus terguling ke jurang.

Enggak percaya? ini dia video pengujiannya guys…

Well, demikian artikel kali ini.. seperti Volvo yang semangat untuk meningkatkan unsur safety pada tiap line up kendaraannya, semoga kedepannya para pemilik perusahaan bus, para pemilik kendaraan truk juga dapat meningkatkan kesadaran akan keselamatan, memperhatikan kwalitas kendaraan mereka, dan juga skill-skill para drivernya. Selain itu disisi pemerintah juga dapat dengan tegas menerapkan aturan yang berlaku agar dapat meminimalisir kecelakaan-kecelakaan yang melibatkan bus dan truk.

Thanks for reading guys… 😉

 

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Emergency_brake_assist

https://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_stability_control

http://www.volvotrucks.com/en-lb/trucks/volvo-fh-series/features/volvo-dynamic-steering.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Volvo

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *