Tips Mengganti Ban Yamaha XMAX 250: Jangan setengah-setengah Agar TCS Tetap Berfungsi Normal!

DSC_0885

Bicara tentang Yamaha XMAX 250, ini merupakan big scooter model global yang di produksi oleh Yamaha Indonesia. Maxi Yamaha yang satu ini di memiliki fitur yang berlimpah banget guys… salah satunya yakni TCS aka Traction Control System, dimana dengan fitur TCS ini kita enggak perlu risau lagi akan gejala spinning alias ngesot ketika kita membuka gas secara berlebih, atau berjalan diatas kondisi jalan yang licin, untuk mengetahui lebih jelas mengenai TCS teman-teman bisa klik disini.

Nah jika teman-teman ingin mengganti ban Yamaha XMAX 250 kesayangannya, ada satu hal yang harus di perhatikan agar fitur TCS tetap berfungsi normal… yakni jangan setengah-setengah dalam mengganti ban. Kalau teman-teman mau mengganti ban, ya harus ganti kedua-duanya. Dengan syarat rasio perbandingannya sama dengan rasio perbandingan ban depan dan ban belakang dalam kondisi standar.

DSC_8295

Kenapa sih rasionya enggak boleh berbeda dengan waktu kondisi masih standar? jadi begini guys… TCS sudah di set sedemikian rupa, jadi kalau sampai pasang ban yang rasio keduanya berbeda.. jadi kacau guys. Kalau diceritakan rangkaiannya begini…  ketika sepeda motor berjalan.. maka sensor akan mengirimkan data informasi ke ECU, karena rasio berbeda maka kemudian ECU membaca putaran roda enggak sama.. alias ban belakang berputar lebih cepat dari ban depan, akhirnya ECU mengirimkan perintah ke sistem TCS, kemudian TCS secara otomatis akan berfungsi alias ON untuk menyamakan putaran roda.

Nah sekarang sudah jelas kan? hehehe…

well, demikian artikel singkat kali ini… semoga bermanfaat 😉

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *