Opini: Punya Mobil Tanpa Garasi, Sama Egoisnya Dengan Naik Motor Tanpa Bawa Jas Hujan!

jangan-coba-parkir-sembarangan_20150802_155802

Belakangan ini lagi santer banget nih guys pemberitaan mengenai perda yang berisi larangan membeli mobil jika enggak punya garasi, bukan perda baru loh sebenarnya.. melainkan perda DKI Jakarta No.5 Tahun 2015 Tentang Transportasi, pasal 140. Saya pribadi merasa setuju sekali dengan adanya perda tersebut, karena untuk memiliki mobil sekarang ini sudah sangat mudah sekali, DP kecil pun sudah bisa membawa pulang mobil baru (tentunya dengan skema cicilan).

Alangkah menakutkannya jika para pemilik mobil tersebut enggak bisa menjamin bahwa ia memiliki garasi, semakin kemari – semakin banyak mobil yang diparkir sembarangan dipinggir jalan.

zqroGeN8R9

Umumya mobil tanpa garasi kendalanya ada pada keterbatasan lahan, namun bukan berarti enggak bisa taruh mobil digarasi.. toh banyak tuh lahan sewa parkir mobil. Sudah menjadi resiko yang harus ditanggung dong merogoh kocek untuk bayar parkir bulanan, masih bandel parkir dipinggir jalan? tandanya egois.

Nah yang unik itu kasus naik sepeda motor tanpa membawa jas hujan (tentunya dimusim hujan) nih guys, semoga diantara kita enggak ada yang seperti ini ya. Beberapa memang ada yang mengaku enggak punya jas hujan.. namun kalau itu alasannya sepertinya bisa segera beli aja ya guys, jas hujan kan bervariatif.. ada yang harga 10ribu sampai dengan ratusan ribu. Yah nabung sebentar insya Allah kebeli kok asal ada niat hehehe..

Untitled

Namun ada alasan yang lain mengapa pesepeda motor enggan membawa jas hujan, diantaranya malas, enggak mau repot, atau enggak punya bagasi (umunya sport bike). Okelah kalau memang mau ambil sikap begitu.. asalkan ketika hujan turun, orang itu tetap jalan seperti biasa… ogah basah? silahkan berhenti pada tempat yang aman, seperti di parkiran minimarket, diwarteg, warung, supermarket, dan tempat-tempat yang tersedia parkir motor.

sejumlah-pengendara-sepeda-motor-berteduh-menunggu-hujan-reda-di-_150112161215-834

Pada kenyataannya.. ketika hujan turun sering kali saya jumpai banyak pesepeda motor egois yang berhenti sembarangan, seperti berhenti dibawah jembatan penyeberangan, dibawah jalan layang, bahkan didalam underpass. Maka dari itu enggak heran deh kalau disaat hujan turun.. tempat-tempat yang saya sebut diatas langganan macet, gimana enggak macet guys… dari 3 jalur tersisa hanya 1.. yang 2 jalur dipakai buat berteduh.

Sekadar mengingatkan aja nih guys, bukan cuma mobil tanpa garasi aja loh yang dilarang.. naik motor suka meneduh disembarang tempat juga dilarang.. nih pasalnya:

Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 106 ayat (4) “… Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mematuhi ketentuan:

a. Rambu perintah atau rambu larangan;
b. Marka Jalan;
c. Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas;
d. Gerakan Lalu Lintas;
e. Berhenti dan Parkir;
f. Peringatan . . .”
Dan dijelaskan lebih lanjut dalam pasal 118, “… Selain Kendaraan Bermotor Umum dalam trayek, setiap Kendaraan Bermotor dapat berhenti di setiap Jalan, kecuali:
a. Terdapat rambu larangan berhenti dan/atau Marka Jalan yang bergaris utuh;
b. Pada tempat tertentu yang dapat membahayakan keamanan, keselamatan serta mengganggu Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; dan/atau
c. Di jalan tol…”

Sementara ketentuan pidananya ada pada pasal 287 ayat (3). “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan gerakan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf d atau tata cara berhenti dan Parkir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf e dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Thanks for reading ya guys, semoga bermanfaat 😉

 

Share Button

One comment

  • james

    Gw setuju bgt dgn peraturan tsb…kl dibiarkan, bukan mustahil nanti sepanjang jalan pemukiman akan berjejer mobil2 pribadi pada parkir…utk soal jas hujan, gw termasuk yg egois gan, karena gw kadang males bawa jashujan..males ngepaknya…apalagi ud pada bocor, jd percuma pake jas hujan krn basah2 juga…cuma gw bukan pecundang macam yg neduh di bawah jembatan…gw malah sukacita kalau hujan deras walaupun kaga pake jas hujan…selain ga kepanasan, juga jalanan pasti lebih lancar krn para pecundang yg biasa bikin macet pada neduh di bawah jembatan….harus ada tindakan dan peraturan yg tegas buat menertibkan masalah2 tsb…tp kayanya butuh waktu ratusan tahun kali ya…terlalu banyak orang pinter yg bodoh dan orang bodoh yg egois di indonesia ini….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *