Opini: Ini Alasannya Mengapa Suzuki Burgman Lokal Lebih Berpotensi Tandingi Yamaha NMAX!

2013-suzuki-burgman-650-is-all-new-photo-gallery_8

Gembar-gembor pemberitaan tentang adanya calon pesaing Yamaha NMAX sebenarnya sudah digaungkan sejak tahun 2015 loh guys, yups enggak salah lagi.. kalau enggak yakin boleh deh teman-teman tes searching di google dengan keyword “Honda PCX Lokal” hehehe. Mulai dari blog sampai dengan media mainstream pun sudah mengangkat berita tentang akan adanya pesaing Yamaha NMAX dari kubu Honda, namun mirisnya sampai sekarang kok masih belum muncul juga ya guys.. meski belakangan ini berita tersebut menjadi hangat kembali karena mulai digoreng kembali agar terus renyah untuk dibahas hehehe.

Meski tanda-tanda kuat akan kehadiran Honda PCX Lokal semakin jelas terlihat dan (mungkin) semakin dekat waktunya, justru saya melihat ancaman yang lebih serius akan adanya pesaing Yamaha NMAX bukan datang dari Honda melainkan dari Kubu Suzuki. Nah kabar mengenai akan hadirnya Suzuki Burgman lokal sebenarnya sudah terendus sejak awal tahun ini, pernah jadi bahan perbincangan saya dengan kawan baik yang nampaknya cukup dekat dengan internal Suzuki Motor Indonesia.

Nah apa sih alasannya kok bisa-bisanya saya beropini bahwa Suzuki Burgman Lokal lebih berpotensi saingi Yamaha NMAX? ini dia alasannya..

3-suzuki-burgman650-2013-6
Build Quality

Suzuki Burgman Lokal lebih berpotensi menjadi pesaing kuat Yamaha NMAX dikarenakan faktor build quality yang cukup baik, apalagi Suzuki Indonesia mempunyai pengalaman bertaraf internasional seperti Yamaha Indonesia.. sudah terbiasa membuat produk global yang diterima hampir diseluruh benua di dunia. Enggak cuma produksi untuk negara sendiri atau paling jauh sekitar ASEAN, kalau mau dijauhin lagi ya bisa sih.. tapi ekspor ke negara prinsipal aja dulu ya hehehe.

Teknologi Mesin

Ngomong-ngomong teknologi mesin, Suzuki punya blok silinder dengan teknologi tinggi nih guys, adalah SCEM aka SUZUKI COMPOSITE ELECTROCHEMICAL MATERIAL.. silahkan googling deh apa itu SCEM, saya sendiri sudah pernah merasakan ketangguhan mesin Suzuki berteknologi SCEM di Suzuki Satria F150 2008 dan 2012. Lagi-lagi disektor ini Suzuki berpotensi untuk saingi mesin Yamaha yang sudah mengadopsi teknologi Diasil Cylinder.  Apalagi jika benar Suzuki Burgman akan dibekali mesin 175cc DOHC seperti info yang pernah saya dengar, waduh ngeri guys… enggak perlu repot-repot bore up lagi dah!..

Bukan blok silinder konvensional alias jadul yang enggak dikasih teknologi apa-apa, kayak motor anu ya hehehe.

SuzukiBurgmanZamora_01

Penempatan Harga

Suzuki berpeluang lebih besar untuk bersaing dengan Yamaha NMAX karena umumnya Suzuki berani menempatkan posisi harga terpaut lumayan jauh dengan pesaing, silahkan cek deh harga Suzuki GSX-R150 dibanding kompetitornya.. meski sebenarnya Suzuki GSX-R150 memiliki teknologi dan spesifikasi yang lebih baik dari salah satu kompetitornya yang sebenarnya biasa saja baik itu dari sektor mesin, fitur maupun build quality. So…. Bikin Suzuki Burgman lokal lebih murah dari Yamaha NMAX? Mungkin banget!

Apalagi segmen maxi scooter ini merupakan segmen yang konsumennya sudah melek akan value for money, dan enggak terpengaruh dengan adanya faktor kekuatan leasing seperti kelas LPM aka Low Price Model.. disini konsumen enggak perduli DP kecil, dan ditambah kemudahan cukup KTP bisa bawa pulang motor. Kalau memang value for money, enggak pakai panjang lebar itu motor langsung dibayar cash kalau perlu hehhe…

Well, demikan artikel kali ini guys… semoga akhir tahun ini atau awal tahun depan Burgman Lokal sudah rilis ya!

Thanks for reading guys..

Share Button

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *