Yamaha NMAX 155 VS Honda PCX 150 eSP PART 2: Perang Fitur!

Nah setelah kemarin selesai membahas sektor mesin, pada artikel kali ini saya akan membahas seputar fitur yang disuguhkan oleh Yamaha NMAX 155 dan Honda PCX 150eSP.  Sekarang dibalik ya guys.. saya bahas fitur yang dimiliki oleh Honda PCX 150 eSP terlebih dahulu.

Ulasan kali ini mencakup fitur semua aspek ya guys, terkecuali area mesin yang sudah saya bahas kemarin. Adapun soal desain saya enggak akan membahas keduanya, bicara desain ya bicara selera alias relatif hehehe.. ada yang suka elegant dan ada yang suka sporty, mau pake stang telanjang atau tertutup cover itu hanya mengikuti arah desainnya aja kok.. enggak perlu didramatisir. Oke langsung aja kita masuk ke-pokok bahasa artikel… ini dia…

Honda PCX 150 eSP

pcx-lokal4

Ban Lebih Lebar Dari Versi CBU

Dilokalkan oleh AHM, Honda PCX 150 eSP ini dijual lebih murah dari versi CBU namun justru dibekali ukuran ban yang lebih lebar… ckckck keren ya guys..  Pada bagian depan Honda PCX 150 eSP dibekali ban berukuran 100/80-14 dan ban belakang berukuran 120/70-14 tipe tubeless ya guys. Adapun perihal ukuran lebar velgnya yakni depan 2,15″ dan belakang 3,50″.

Full Digital Panel Meter

2wqer

Honda PCX 150 eSP menggunakan panel meter yang sudah full digital, dipercantik dengan simbol-simbol indikator yang diletakan melebar pada sebelah kanan dan kirinya.. mengikuti lebar bagian body depan,  Nyambung banget dengan konsep desain yang elegant, keren!

Smart Key

aegg

Seakan ingin unjuk gigi terhadap lawan mainnya, AHM menyematkan fitur smart key system pada jagoan barunya ini guys. Itu artinya untuk mengoprasikan Honda PCX 150eSP enggak diperlukan lagi anak kunci, tinggal tekan remote dan putar tombol keyless hehehe.. mantap deh!

Double Disk Brake

dga

Kalau boleh saya bilang ini merupakan terobosan spektakuler dari AHM, enggak mau ceroboh ikutan pakai rem belakang tromol seperti PCX 150 CBU, Honda PCX 150 eSP produksi lokal ini diupgrade dengan menggunakan rem belakang cakram. Untuk depan menggunakan kaliper 2 piston versi ABS, versi Non ABS 3 piston kemudian bagian kaliper belakang 1 Piston.

Tipe ABS Single Chanel
dwa

Honda PCX 150 eSP disiapkan dalam 2 tipe, tipe tertinggi yakni yang dilengkapi dengan rem ABS kaliper depan 2 piston. Namun entah apa alasannya sistem ABS yang dipakai hanya sebatas single chanel alias hanya rem bagian depan saja nih yang ABS guys, sementara cakram belakang hanya berfungsi biasa aja. Wah sayang banget ya, padahal sudah pake rem belakang cakram.

Sedangkan tipe yang lebih rendah enggak dilengkapi ABS, namun dibubuhi fitur CBS dengan cakram depan 3 piston.

Lampu Depan dan Lampu Belakang

Untitled

sdgg

Semakin menguatkan kesan elegant, Honda PCX 150 eSP sudah menggunakan lampu full LED baik itu area depan maupun belakang. baik itu DRL, lampu sein depan, lampu utama depan, kemudian lampu posisi belakang, lampu rem belakang dan lampu sein belakang. Good Job!

Suspensi Belakang Biasa

25299175_1620295268013956_511625220394158803_n

Pada bagian suspensi belakang, Honda PCX 150 eSP menggunakan suspensi ganda biasa tanpa dilengkapi dengan tabung.

YAMAHA NMAX

Yamaha NMAX 155 model 2018 Matte Black

Ban Depan-Belakang Ekstra Lebar

Yamaha NMAX 155 menggunakan velg ring 13″ dengan detail lebar depan 3.00″ dan belakang 3.50″. Sedangkan ban standar yang digunakan yakni depan 110/70-13 dan belakang 130/70-13.

Inverted LCD Digital Spedometer

yamahaindonesia_Bcdxm7uhEBu

Seakan tau akan segera datangnya lawan main dari kubu Honda, Yamaha NMAX 155 versi 2018 kini menggunakan panel meter dengan model inverted LCD digital speedometer, terlihat yang lebih stylish, modern, dan informatif bagi pengendara yang dilengkapi dengan ‘Multi Information Display’ (MID). Dari bentuknya pun cocok, mengikuti konsep sporty yang diusung oleh Yamaha NMAX 155.

Kunci Konvensional

Berbeda dengan Honda PCX 150 eSP yang sudah menggunakan smart key system, Yamaha NMAX 155 masih menggunakan sistem kunci konvensional yang dilengkapi dengan key shutter.

Double Disk Brake

DSC_2165

Sedari awal kemunculannya Yamaha NMAX 155 memang sudah dibekali dengan peranti pengereman yang mumpuni guys, yups.. sudah double disk brake dengan menggunakan kaliper 1 piston depan dan belakang.

Tipe ABS Depan-Belakang

DSC_2160

Berbeda dengan Honda PCX 150 eSP yang hanya membekali teknologi ABS hanya pada rem depan, nampaknya Yamaha enggak mau kompromi dengan fitur keselamatan. Yups hal itu terbukti dengan penerapan teknologi ABS secara menyeluruh pada rem depan dan belakang Yamaha NMAX 155, lagi pula sayang juga sih kalo dipasang sebelah… hehehe malah terkesan nanggung (IMHO).

Lampu Depan Dan Lampu Belakang

DSC_2151

Pada bagian depan, lampu utama Yamaha NMAX 155 sudah mengadopsi tipe lampu LED begitu pun pada bagian lampu rem belakang. Namun pada bagian lampu senja, lampu posisi (lampu standby belakang) dan lampu sein masih menggunakan tipe bohlam.

Suspensi Belakang Tipe Tabung

DSC_2109

Yamaha NMAX 155 versi 2018 mengalami update khususnya pada bagian suspensi belakang, dimana perubahan itu dilakukan atas dasar mendengar masukan dari konsumennya.. yups kini suspensi Yamaha NMAX 155 semakin nyaman dikendarai oleh mayoritas pengendara Indonesia pada umunya, dikarenakan suspensi lama sudah digusur dengan suspensi tipe tabung.

Mungkin sebagian teman-teman masih ada yang mengganggap penggunaan suspensi tabung sekedar untuk dongkrak penampilan aja ya, hmm… memang benar sih dengan menggunakan suspensi tabung maka otomatis penampilan akan menjadi lebih keren. Tapi jangan lupa dengan fungsi utamanya guys hehehe..

Suspensi terbaru NMAX ini merupakan perpaduan antara unsur stabilitas dan cover, penggunaan suspensi tabung akan membuat NMAX kini lebih nyaman dipakai riding jauh. Saat dipakai riding jauh temperatur oli biasanya naik dan itu mempengaruhi kinerja suspensi guys, nah Karena itu agar volume olinya lebih banyak, ruangnya juga harus lebih luas. Sehingga temperatur bisa lebih wide. Jadi gitu guys spesialnya suspensi tabung yang dipakai oleh Yamaha NMAX 155 hehehe..

Well, demikian artikel komparasi Yamaha NMAX 155 VS Honda PCX 150 eSP Part 2 (habis).
Semoga bermanfaat guys, thanks for reading ya…!

 

 

Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *