Test Ride Yamaha NMAX 2018: Pakai Shockbreaker Baru Makin Bikin Betah Riding Jauh!

Yamaha NMAX versi 2018 tampil dengan wajah baru, dari sekian banyak perubahan yang ada.. ada satu perubahan yang begitu menarik perhatian saya ketika pertama kali memandangnya secara langsung yakni shockbreaker belakang. Pada versi sebelumnya Yamaha NMAX menggunakan shockbreaker belakang biasa tanpa dilengkapi tabung, sedangkan pada versi 2018 sudah menggunakan suspensi belakang tabung alias rear subtank gas. Apakah perubahan tersebut juga terasa dari sisi performa? atau sebatas tampilan saja? Yuk simak artikel test ride Yamaha NMAX 2018 sampai selesai.

Pada sesi test ride kali ini Yamaha menyiapkan tempat yang spesial banget guys,  yups.. adalah Sirkuit Sentul Karting atau yang juga biasa disebut dengan nama Sentul Kecil. Wah asik nih guys, saya bisa push performa Yamaha NMAX versi 2018 sampe total deh!

DSC_2112

Sebelum turun kesirkuit enggak lupa saya kenakan safety gear secara lengkap yakni helm, jacket, gloves, celana panjang, protector dan riding boots. Safety gear yang baik diperlukan guna mengantisipasi hal-hal yang enggak diinginkan ketika sedang riding. Oke deh yuk… langsung gas..

Gas saya bejek habis ditrek lurus Sirkuit Sentul Kecil, ya meski enggak panjang-panjang amat tapi sudah cukup untuk merasakan efek “jambakan” VVA yang sudah aktif. Masuk tikungan pertama nih guys, ketika lagi kenceng-kencengannya melewati trek lurus saya colek rem depan sedikit aja dan tutup gas kemudian langsung memaksa si skutik bongsor ini untuk masuk ke tikungan. Setengah masuk tikungan kemudian saya buka gas lagi, warbysah… NMAX 2018 begitu nurut banget dan enggak ada gejala ngelawan sama sekali guys.. salut!

DSC_2160

Skutik bongsor yang dibekali dengan velg berukuran 13 inchi ini ternyata asik juga diajak track day ya. Yuk lanjut lagi menikmati Sirkuit Sentul Kecil yang asyik berliku-liku, sirkuit ini kalau boleh saya bilang sangat menantang guys.. bukan sebatas faktor tikungannya aja yang tricky, tapi permukaan jalannya juga bikin deg-deg serrrrr… banyak tambalan semennya wkwkwkwk.. cocok banget buat mengasah skill dan keberuntungan 😀

Tonton Videonya yuk guys…

pada tikungan parabolik yang dihiasi dengan permukaan jalan yang bumpy, Yamaha NMAX 2018 saya paksa untuk melibas tikungan sampai standar tengah terasa sudah mentok keaspal… terasa bantingan shockbreaker tabung begitu membantu meredam guncangan akibat permukaan jalan yang enggak rata, wah ini dia yang dicari-cari selama ini.. rasa nyaman berkendara Yamaha NMAX oleh rider bertubuh mungil seperti saya hehehe. Maklum saja guys, kenyamanan bantingan suspensi ini enggak begitu bisa dirasakan pada edisi terdahulu. Karena Yamaha NMAX terdahulu menggunakan shockbreaker belakang dengan spring rate bobot 80kg, ukuran bule Eropa sana… makanya berasa nyaman dipakai rider bertubuh bongsor atau dipakai boncengan.

DSC_2138

Pokoknya tuh di Yamaha NMAX edisi 2018 nyamannya udah dapet banget deh, baik untuk riding harian ataupun riding jauh. Terima kasih shockbreaker belakang tabung… hehehe.. Sesi test ride pertama sudah usai nih guys, sempat ngobrol-ngobrol santai sebentar dengan teman-teman blogger dan media diarea pinggir lintasin sembari nonton blogger dan media lain yang sedang bergantian test ride.

Sekitar jam 1 sirkuit nampak lenggang, teman-teman media sedang asyik nge-vlog atau sekedar bikin video review Yamaha NMAX 2018. Wah asik nih buat jajal lagi, sekalian asah skill disirkuit permanen hehehe. Enggak pake lama deh guys, saya lakukan test ride lagi didampingi oleh bro Endrik dari elangjalanan.net.

DSC_2161

Oke deh langsung gasss……..! Riding bareng bro Endrik bikin suasana jadi kayak lagi race, ada musuh didepan buat diuber hehehe.. kali ini Yamaha NMAX 2018 saya kendarai dengan sangat agresive, masuk trek lurus langsung open throttle sejadi-jadinya.. berhasil juga saya overtake bro Endrik. Berhubung sudah terlanjut masuk dari dalam dan sudah didepan, sekalian deh saya late braking dan masuk tikungan dengan kecepatan lumayan tinggi.

Enggak seperti sesi test ride awal yang saya lalui dengan agak santai, kali ini beneran kayak lagi ngerace bareng bro Endrik hehehe, enggak milih-milih permukaan jalan lagi nih guys.. meski didalam tikungan tersebut dipenuhi dengan tambalan semen, yowes lah.. hajar aja yang penting yakin…!

unnamed (2)

Lagi asik-asik gaspol kemudian didepan sudah menunggu tikungan yang cukup sadis, toel rem depan sedikit, langsung ngeflip masuk tikungan. Udah deh enggak mikirin lagi didalam tikungan tersebut permukaannya tambalan semen.. Standar tengah terdengar sudah bersinggungan dengan permukaan jalan, ketika masuk kedalam tikungan penuh dengan tambalan semen perasaan ragu dan takut mulai singgah.. mungkin kalau digambarkan dengan kata-kata seperti ini guys… “wah nyungsep nih, gara-gara ngerebah disirkuit permukaan semen!” Siapa sangka, bukannya nyungsep tapi saya malah ketagihan cornering disirkuit ini yang penuh dengan tambalan guys.

Kelebihan dan kenyamanan mengendarai NMAX terbaru maki terasa fun dengan performa ban standar pabrikan yang menggunakan produk ban IRC dengan ukuran 110/70-13 di depan dan 130/70-13 di belakang. Kenyamanan itu saya rasakan langsung baik ketika melibas trek lurus, ataupun saat cornering dikecepatan 60km/jam. Daya cengkeram ban tetap terasa.

Lagi-lagi jam terbang tinggi dan pengalaman panjang produsen ban IRC membuktikan mereka tidak mengorbankan kualitas untuk ban OEMnya, apalagi yang aftermarketnya ya guys, pastinya lebih josss…

Yuk tonton videonya guys… gas pol Yamaha NMAX 2018 di Sirkuit Sentul Kecil

Well, kesimpulannya.. Yamaha NMAX versi 2018 kini semakin nyaman dikendarai oleh berbagai macam riders. Dengan senjata baru berupa shockbreaker belakang tabung, maka secara otomatis riders bertubuh mungil pun sudah bisa merasakan nyamannya bantingan suspensi tanpa merasa lelah pada bagian pinggang. Bahkan diajak riding jauh pun asyik guys… bye bye sakit pinggang 😀

Demikian artikel kali ini guys, thanks for reading…!

Bonus Picture:

DSC_2168

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *