Sisi Lain Ban Cacing: Di Lintasan Balap Drag, Ban Cacing Jadi Pahlawan!

1011428_460572954039837_1807006489_n

Berbicara tentang ban cacing biasanya yang muncul dalam fikiran kita adalah sepeda motor yang dimodifikasi menggunakan ban super kecil oleh pemiliknya, dan kesalahan yang paling fatal motor tersebut dipakai untuk harian. Kalau dirunut apa motifnya memodifikasi seperti itu, umumnya mereka melakukan hal tersebut untuk mengejar unsur fashion ala Thai Look gitu guys. Padahal dalam memodifikasi sepeda motor ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya dari segi safety, jangan sampai modifikasi mengurangi segi safety. Yah mungkin kalau lagi lurus sih masih enak lah yah, coba dipake buat menikung? aduh, stop deh pakai ban cacing untuk harian.. bahaya guys!

Sebenarnya kalau lihat ban cacing dipake dijalan umum bukan ban cacingnya yang salah guys, tapi orangnya yang salah.. kenapa motor harian dipakein ban kecil begitu? hehehehe.. semoga artikel ini bisa sedikit mengedukasi ya. Nah biar enggak keliru lagi, sekarang ban cacing saya ganti namanya jadi ban drag bike ya guys.

maxresdefault

Dalam ajang balap drag bike banyak faktor penentu keberhasilan motor balap drag untuk finish lebih dulu dibading lawannya, atau untuk finish dengan cacatan waktu terbaik diataranya faktor mesin, rangka, dan satu hal lagi yang enggak kalah penting yakni pemilihan ban yang tepat. kalau boleh saya bilang Ban drag bike itu yang jadi pahlawannya motor drag itu sendiri, bukan tanpa sebab guys… bayangin deh gimana jadinya kalau motor sudah super kencang dan enteng tapi ban enggak bisa menyalurkan tenaga ke aspal dengan baik?

Sekilas memang kelihatannya semua ban drag bike nampak sama ya guys, punya ukuran yang kecil. Tapi jangan sampai keliru dalam memilihnya. Karena kalau sampai kejadian salah pilih ban dapat berakibat pada cacatan waktu yang molor.  Akibat salah pilih ban, motor jadi liar dan sulit untuk dikendalikan.

Kira-kira gini nih guys gambarannya kalau gripnya kurang jos..

Nah meski berukuran kecil, ban drag bike dituntun untuk tetap dapat memberikan daya traksi yang baik. Di pasaran sendiri tersedia beragam jenis produk ban drag bike, mulai dari tipe slick alias tanpa kembang sampai dengan tipe dengan kembang. Urusan harga pun sama beragamnya guys, tinggal dipilih aja sesuai dengan budget.

Makin Pede Buka Gas Dengan Ban IRC Speed King

Nah salah satu ban drag bike yang tersedia dipasaran  adalah IRC tipe Speed King, ban khusus drag race ini dibuat dengan directional pattern yang menjamin kestabilan berkendara dan memaksimalkan torsi sepeda motor pada saat melaju di track lurus dan membantu pengereman. Enggak cuma pattern-nya aja yang spesial guys, ban ini juga menggunakan compound khusus yang dikembangkan dari ban IRC Eat My Dust yang sudah terkenal dikalangan pebalap drag di Indonesia dan ASEAN.

Bagi teman-teman pecinta drag bike sudah tentu tau nama besar ban IRC Eat My Dust, ban yang josss banget buat drag bike. Oh iya guys, IRC Speed King tersedia dalam ukuran 50/90-17 (depan) dan 60/80-17 , 70/80-17 (belakang). Harganya pun cukup terjangkau yakni kisaran 250 – 340ribu rupiah saja guys, harga tergantung ukuran yang dipilih.

Well, dengan pemilihan ban drag bike yang tepat bikin joki enggak ragu untuk buka gas dalam-dalam, motor enggak liar,  ujung-ujungnya catatan waktu jadi bagus. Wah.. kayaknya memang pantas kalau Ban drag bike dikasih gelar sebagai pahlawannya motor drag!

Last, jangan lupa ya guys.. gunakan ban drag bike pada tempatnya.  Jangan dipakai buat harian loh hehehe..

Thanks for reading guys…

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *