Bukan Cuma Gebetan Aja, Ban Motor Juga Kasih Kode Buat Diperhatiin!

DSC_2160

Bagi teman-teman yang sudah punya gebetan dirumah, tentu paham banget ya kalau doi sudah kasih kode buat minta diperhatiin. Hati-hati tuh kalau sudah kasih kode begitu, kalau enggak peka waduh…. bisa gawat urusannya ya guys hehehe.

Nah sama halnya dengan ban motor nih, sebagai bikers yang baik kita harus perlakukan ban layaknya sang gebetan. Saat ban kasih kode buat minta diperhatiin, bikers harus peka kalau enggak mau celaka.

Mirisnya kebanyakan bikers salah pengertian terhadap ban sepeda motornya, masih banyak yang mengganggap ban motor diganti saat permukaannya sudah botak. Padahal anggapan tersebut keliru banget loh guys, bukannya botak tapi ban punya kode tersendiri ketika sudah minta diganti.

Foto Credit: bodats.wordpress.com

Foto Credit: bodats.wordpress.com

Yups kode tersebut adalah TWI alias Tread Wear Indicator, biasanya TWI digambarkan dengan simbol segitga pada dinding ban. Selain itu kode TWI juga ada pada celah kembang ban berupa tonjolan karet, kalau ban masih baru sih tonjolan ini berada lebih rendah dari kembang ban. Tapi kalau bannya sudah dipakai, perlahan kembang ban akan menipis dan lama-kelamaan akan sejajar dengan tonjolan TWI. Nah kalau sudah sejajar dengan tonjolan tersebut itu tanda maksimal keausan suatu permukaan, atau dengan kata lain ban tersebut direkomendasikan untuk segera diganti.

Makin Nyaman Riding Dengan Ban IRC Enviro NR91

Nah buat teman-teman yang sedang mencari ban pengganti, khususnya untuk ban sepeda motor bebek ring 17 dan skutik ring 14, bisa menjatuhkan pilihan pada ban IRC Enviro NR91. Bukan ban sembarangan, IRC Enviro NR91 ini bisa bantu riders untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Yups mengadopsi teknologi Low Rolling Resistance (daya gulir yang lebih rendah) yang dapat mengurangi beban kerja mesin dan berimbas pada penggunaan emisi yang lebih efektif.

Selain itu konstruksi ban IRC Enviro NR91 juga sudah menggunakan Teknologi Shock Absorbent Booster, teknologi ini mampu mengurangi tingkat guncangan pada saat berkendara di permukaan jalan yang kasar dan tahan terhadap peningkatan suhu panas akibat gesekan pada ban.

Belum selesai nih guys, ban ini juga menggunakan compound khusus Ultra High Speed Grip yang memaksimalkan perfoma dan daya cengkram ban di berbagai kondisi jalan dan cuaca. Selain itu compound khusus tersebut juga lebih tahan terhadap peningkatan suhu panas pada ban yang terjadi ketika motor melaju cepat dalam kurun waktu yang panjang, sehingga tekanan angin dalam ban cenderung lebih stabil. Ban  IRC Enviro N91 juga  ramah terhadap lingkungan loh, karena menggunakan compound khusus yang dibuat dengan bahan kimia Non Aromatic. Dan yang enggak kalah penting, ban ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Kembali ke masalah kode ban, so.. sekarang teman-teman sudah tau ya apa itu TWI. Jadi untuk kedepannya jangan sampai menunggu permukaan ban sampai botak untuk ganti baru, pokoknya kalau sudah kena TWI buru-buru deh diganti. Bukan apa-apa guys, gan botak itu bahaya banget buat keselamatan sang riders. Ban botak dapat menyebabkan kecelakaan loh, karena ketika kita  mengerem dengan ban botak maka jarak pengereman jadi lebih jauh. Selain itu daya cengkramnya sudah enggak bagus lagi.

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *