Mau Main Motocross Untuk Pertama Kalinya? Biar Aman, Yuk Pelajari Basic Skillnya!

asd

Belakangan ini demand terhadap sepeda motor jenis motocross mulai meninggi nih guys, yups terhitung setelah AHM mengeluarkan jagoan barunya dikelas dual porpose yakni CRF 150L menemani Kawasaki yang sudah lama terjun dikelas ini dengan KLX 150 seriesnya.

Meski sebenarnya sepeda motor tersebut bukan diperuntukan khusus untuk murni kegiatan off road, yah… terkadang pemiliknya tetep nekat pengen jajal trek garuk tanah dengan sepeda motornya yang bergaya ala motocross. Enggak salah sih wong motor-motor mereka kok, tapi ya resiko tanggung sendiri hehehe…

Sebelum turun ke sirkuit off road yuk persiapkan terlebih dahulu safety gearnya…

Helm Cross

Helm_Cross_Oneal_3_Series_Hurricane_Black_White__HELMET_O_NE

Kenapa sih harus pake helm cross? karena kalau teman-teman pakau helm fullface biasa, bakalan cepat merasa lelah dan agak kesulitan bernafas.

Gloves

Original-Scoyco-MX50-Motorcycle-Gloves-Motorbike-Motocross-off-road-ATV-Off-rod-Protective-motocicleta-motos-guantes.jpg_640x640

Body Protector

fox_adult_raptor_ce_protector_-_org_f_1

Knee Protector

s1200_Screen_Shot_2015_05_26_at_5.50.54_PM

Motocross Boots

X005

Jersey / Baju Lengan Panjang

jersey-sepeda-fox-motocross

Celana Motocross / Celana Panjang

2018_mx_19327_001_3

Jangan sepelekan safety gear diatas ya guys karena bermain off road itu beda dengan on road, kalau kata orang awam ada lompat-lompatannya gitu guys hehehe, terus kalau terjatuh, jatuh dan sakitnya juga beda banget guys hehehe. Saya sendiri pernah merasakan ketika pertama kalinya riding motocross di sirkuit off road, loss control menjelang masuk tikungan dan terbang deh sampai kepinggir lintasan hehehe. Syukur alhamdulillah pakai full protector waktu itu, enggak ada luka serius padahal stang kena dada sebelah kanan.

Jadi bagi teman-teman yang mulai ngiler kepengen main off road, yuk nabung buat beli safety gearnya. Yah yang lokal aja dulu.. enggak  mesti langsung branded jutaan rupiah hehehe.

Oke back to the topic ya guys,  seperti halnya riding dijalan atau disirkuit on road, untuk terjun ke sirkuit off road juga ada basic skillnya… monggo disimak..

P_20171231_111731_vHDR_Auto

Hal yang paling berbeda banget dibanding berkendara di track aspal yang mesti nunduk abis dilintasan lurus, ketika sedang turun ditrack garuk tanah.. posisikan lengan keatas dan siku agak melebar keluar (elbow out).  Dan meski lagi asik libas trek lurus, pastikan posisi kepala tetap berada diatas stang ya, jangan nunduk abis seperti sedang riding motor on road, hehehe..

Kemudian cari posisi pijakan kaki yang nyaman buat teman-teman, jangan dianggap remeh ya guys.. percaya deh yang namanya main motocross kudu nyaman biar enggak cepat lelah.

P_20171231_111758_vHDR_Auto

Kemudian ketika hendak memasuki tikungan jangan turunkan kecepatan dengan cara menurunkan gigi, hal tersebut bisa mengganggu kontrol motor itu sendiri.. gunakan rem terlebih dahulu sebelum memasuki tikungan ya guys, kemudian turunkan satu kaki yang mengarah kedalam  tikungan dengan cara lurus kedepan (jangan melebar kesamping) dan kontrol kemiringan sepeda motor dengan menggunakan lutut yang satunya lagi. Pastikan pandangan mata mengarah ketikungan didepan (jangan menunduk melihat tanah).

Dirt-Bike-Jump-Form

Nah untuk jumping pun ada tekniknya guys, ketika mau melewati lintasan jumping pastikan kamu enggak sedang duduk diatas jok ya. Teman-teman harus berdiri kemudian jepit  sepeda motor dengan lutut (biar ngegrip), kemudian posisikan kaki agak nekuk posisi kepala harus diatas stang dengan tangan dan siku agak keluar. Agar posisi motor agak mengungging ketika hendak mendarat, colek rem belakangnya ya guys… karena dengan kita mengunci putaran roda belakang dengan rem belakang maka bagian belakang akan terdorong keatas, dan menjelang mendarat jangan lupa buka gasnya agar motor enggak terlalu nge-dive.

Dan bagian yang paling seru ketika melibas tikungan cepat atau kalau saya enggak keliru disebut dengan istilah split lanes, disini teman-teman bisa membuka gas lebar-lebar dan sekaligus dituntut untuk bisa mengontrol lanju motor ketika ban belakang sudah mulai sliding-sliding enggak jelas hehehe.

Apabila ban belakang sudah terasa sliding enggak bisa lagi ngegrip ketanah, teman-teman bisa kontrol laju sepeda motor dengan teknik counter steering. Cukup belokan stang kearah yang berlawanan agar motor tetap berjalan sesuai dengan arah yang diinginkan, hehehe.. secara teori mudah ya? coba praktekin deh guys, hehehe seru banget buat newbie mah 😀

Nanti kalau sudah  mahir mah lain ceritanya, enggak deg-degan lagi, bisa jadi malah bakalan ketagihan main off road, kotor-kotoran seru, ngos-ngosan tapi pengen main lagi, pokoknya memacu adrenalin banget!

Oh iya guys, kalau sudah sering main off road sudah tentu ban bakalan tergerus ya dan lama-kelamaan menipis, jangan sampai lupa buat ganti bannya tuh. Tinggal sesuaikan aja deh apakah kepengen murni buat off road, dipakai buat harian juga atau bisa jadi punya 2 set ban biar enggak galau hehehe.

Ban buat off road dan dual purpose lumayan banyak tersedia dipasaran kok guys. Salah-satu ada ban IRC nih, brand yang sudah terkenal dikalangan pecinta roda dua di Indonesia dan memiliki jam terbang yang tinggi ini juga punya ban khusus motocross dan dual purpose loh guys. Sebut saja ada tipe iX-09W Series untuk keperluan kompetisi motocross, ada juga tipe iX-05H Series untuk kompetisi off road dan ada tipe GS45 Series untuk keperluan on & off road.

Well, kira-kira begitu guys gambaran basic skill yang berhasil saya serap dari latihan bersama instruktur Yamaha Riding Academy beberapa waktu lalu, apabila ada kekeliruan yang ingin teman-teman koreksi, atau ada teman-teman sudah expert dalam dunia garuk tanah yang ingin sharing,  silahkan isi dikolom komentar ya.

Eh, ngomong-ngomong Yamaha kapan ya jual motor dual purpose lokalan? kasih tau enggak ya.. 😀

Thanks for reading guys!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *