PAL-V Liberty: Mobil Terbang Pertama di Dunia Yang Resmi Diperjualbelikan

Mobil terbang sebenarnya bukan sesuatu yang baru lagi untuk dibicarakan, namun ternyata semua mobil terbang yang pernah ada dan muncul kepermukaan sebatas konsep atau prototype saja. Lantas apakah keinginan memiliki mobil terbang yang bebas macet hanya isapan jempol belaka? jawabannya tidak, karena Pal-V Liberty akan menjadi mobil terbang pertama di dunia yang resmi diperjualbelikan.

Geneva Motor Show yang akan digelar dibulan depan akan menjadi hari yang bersejarah, PAL-V Liberty secara resmi akan diperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia. FYI PAL-V Liberty legal untuk digunakan di Eropa, Amerika dan beberapa negara lainnya, untuk dapat menjadi driver PAL-V Liberty tentunya anda harus mengantongi dua lisensi sekaligus. Apabila ingin berkendara didarat driver harus memiliki lisensi mengemudi mobil pada umumnya, nah apabila ingin terbang ada lisensi lain yang harus dimiliki yakni Recreational Pilot Licence atau Private Pilot Licence.

32721695372-1b9d219590-b

PAL-V Liberty dapat merubah bentuk dari kendaraan mobil darat menjadi mobil terbang hanya dalam waktu 5 sampai 10 menit saja, sayangnya proses transformasi tidak sepenuhnya otomatis. Ketika mengaktifkan mode pesawat pada bagian rotor memang akan muncul secara otomatis, namun anda harus rela mengeluarkan sedikit tenaga untuk menarik bagian ekor, membuka dua buah bilah rotor dan mengeluarkan baling-baling.

Urusan kemampuan mesin PAL-V Liberty juga tidak main-main, untuk melahap aspal jalanan PAL-V Liberty mengandalkan mesin dual Rotax yang sanggup menghasilkan power sebesar 99bhp. Hasilnya mobil dengan 3 roda ini sanggup melibas trek lurus sejauh 0 sampai 100 km hanya dalam waktu 9 detik saja.

73

Tidak hanya hebat didarat PAL-V Liberty juga juara dilangit, saat mengudara Liberty sanggup mencapai di ketinggian 3.500 meter!  Selain itu Liberty juga mampu terbang dengan kecepatan maksimum sejauh 180 kpj dan sanggup menjangkau sejauh 500 km. Kunci dari kehebatan PAL-V Liberty diudara berkat sokongan mesin terbang dengan kekuatan 197bhp.

PAL-V-Liberty-827191

Anda berminat? kalau memang iya itu artinya anda harus rela menyiapkan dana sebesar  £425,000 atau jika dirupiahkan menjadi Rp.7.134.383.574,-. PAL-V Liberty sendiri diproduksi hanya sebanyak 90 unit saja, itu artinya meski memiliki dana yang dibutuhkan bukan berarti anda sudah pasti bisa memilikinya, tidak menutup kemungkinan PAL-V Liberty bakal jadi barang rebutan kalangan atas diseluruh dunia.

Spesifikasi PAL-V Liberty:

DRIVE MODE

Max Speed: 160 km/h
Top speed acceleration (0-100 km/h): <9 seconds
Engine power: 100 hp
Fuel economy: 7.6 l/100km
Range: 1315 km

FLIGHT MODE

Economic cruise speed: 140 km/h
High cruise speed (90% range): 160 km/h
Maximum speed: 180 km/h
Min speed for level flight: 50 km/h
Engine power: 200 hp
Maximum operating altitude: 3500m
Useful load: 246 kg
Take-off roll (MTOW, MSL): 180m
Take-off distance (+ 15m obstacle clearance) (MTOW***, MSL****): 330m
Landing roll distance: 30m
Fuel economy: 26 l/h
Max Range (with ½ hour reserve fuel*, MTOW): 400 km
Max Range (with ½ hour reserve fuel, single person operation, MSL): 500 km
Max endurance (with ½ hour reserve fuel, MTOW): 4.3 hours

* ½ hour reserve fuel is 100-150 km of fuel left for driving

*** Maximum Take-off Weight

**** Mean Sea Level

 

Sumber: Top Gear , PAL-V

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *