Mending Beli Wuling Cortez Atau Mitsubishi Xpander?

wuling-cortez

Sejak awal kemunculannya Wuling begitu banyak dibicarakan oleh orang-orang baik secara langsung maupun di dunia maya, apalagi ketika kemunculan Wuling Confero & Confero S yang sudah sukses bikin geger jagad pasar roda 4 dikelas mobil keluarga, alasannya sangat kuat karena harga yang kompetitif banget.  Nah sekarang Wuling baru saja mengeluarkan produk baru dengan kelas diatas Confero yakni Wuling Cortez dengan rentang harga yang cukup tinggi. Nah kira-kira mending Wuling Cortez atau Mitsubishi Xpander?

Tidak seperti tipe Confero dan Confero S yang dijual dengan harga yang sangat kompetitif yakni rentang harga 128 jutaan sampai dengan 162jutaan rupiah, sehingga patut dinobatkan sebagai mobil penggoda calon konsumen mobil LCGC atau low MPV brand asal Jepang sekalipun. Namun kali ini agak berbeda,  Wuling menempatkan harga Cortez lumayan tinggi yakni mulai dari 218 juta sampai dengan 264 juta rupiah,

Disini saya tidak mengupas detail masing-masing produk  secara mendalam, banyak media, blog atau vlog yang sudah membahas hal tersebut, jika ingin tau lebih jelas anda bisa telusuri pada search engine seperti google dan sebagainya. Kembali ketopik, Wuling Cortez tersedia dalam 5 tipe yakni tipe 1.8 C M/T yang dibandrol seharga 218 juta Rupiah, tipe1.8 C AMT seharga 228 juta Rupiah, tipe 1.8 C Lux+ AMT seharga  233 juta Rupiah, tipe 1.8 L Lux+ M/T seharga 254 juta Rupiah dan yang terakhir tipe 1.8 L Lux+ AMT seharga 264 juta Rupiah.

Mitsubishi-Xpander-1

Coba tengok salah satu produk Mitsubishi yakni Xpander, mobil yang masuk dalam kategori MPV  ini dijual dengan beberapa tipe yakni GLX M/T seharga 192,05 juta Rupiah, GLS M/T seharga 211,55 juta Rupiah, Exceed M/T seharga 217,55 juta Rupiah, Exceed A/T seharga 227,95 juta rupiah, Sport A/T seharga 240,15 juta Rupiah dan tipe tertinggi yakni Ultimate A/T seharga 248,35 juta rupiah.

Sebagai perbandingan tipe terendah Wuling Cortez dibandrol seharga 218 juta Rupiah dan tipe tertinggi seharga 264 juta Rupiah, sedangkan Mitsubishi Xpander tipe terendah dijual seharga  192,05 juta Rupiah dan tipe tertinggi seharga 248,35 juta Rupiah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada tipe terendah Mitsubishi Xpander GLX M/T dijual lebih murah 22,95 juta Rupiah dibanding Wuling Cortez 1.8 C M/T , begitu juga pada tipe tertinggi Mitsubishi Xpander Ultimate A/T masih lebih murah 15,65 juta Rupiah dibanding Wuling 1.8 L Lux+ AMT.

Meski memiliki segudang fitur mumpuni, namun harga Wuling Cortez boleh dibilang cukup fantastis untuk sebuah pabrikan asal negeri Tiongkok yang baru saja terjun dipasar roda 4 di Indonesia. Dengan begitu saya melihat tidak adanya efek “wow” pada Cortez yang sebelumnya saya temui pada Confero & Confero S, mau tidak mau dengan rentang harga seperti itu membuat Wuling Cortez jadi tampak terlihat mahal bahkan lebih mahal jika dikomparasi dengan Mitsubishi Xpander.

Selain harga yang lebih murah Mitsubishi Xpander memiliki nilai plus dimata calon konsumennya, misalnya seperti kualitas produk yang telah teruji selama puluhan tahun, layanan aftersales yang lebih terjamin, ketersediaan sparepart, dan juga sudah tentu jam terbang yang tinggi, FYI pada tahun 1970, merupakan tahun berdirinya PT New Marwa 1970 Motors sebagai distributor tunggal Mitsubishi Indonesia. Kemudian pada tahun 1973 berganti nama menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Belum lagi produk Jepang lainnya yang masuk kedalam rentang  harga  yang sama seperti Toyota Rush dan Toyota Sienta, nampaknya jalan yang akan dilalui oleh Wuling Cortez cukup terjal dan sangat menantang.

Well, meski demikian sebagai pemain baru keseriusan Wuling di Indonesia patut diacungi jempol, terbukti dengan berdirinya pabrik SGMW Motor Indonesia senilai hampir 10 triliun Rupiah di Cikarang dan juga jaminan garansi mobil itu sendiri yang terbilang cukup panjang.

 Jadi, mending beli yang mana? kalau saya sih Xpander.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *