Dianggap Yamaha Lexi Kemahalan dan Sepi Pemberitaan, Seberapa Besar pengaruh Sosmed Terhadap Segmen Lexi?

Data AISI 2018

Yamaha Lexi kemahalan? begitulah reaksi sebagian orang disosmed, bahkan juga menjadi judul artikel media online atau menjadi konten artikel blog. Ketika  awal-awal pengumuman resmi mengenai harga Yamaha Lexi dan Lexi S dari YIMM. Anggapan Yamaha Lexi kemahalan jika dikomparasikan dengan kompetitornya yakni Honda Vario 125 bahkan vario 150.

Lucunya anggapan Yamaha Lexi kemahalan tidak lagi dikupas secara mendalam, hanya sekedar melihat harga masing-masing produk. Selebihnya fitur dan teknologi apa yang dimiliki oleh Yamaha Lexi yang tidak dimiliki oleh Honda Vario tidak dibahas secara detail.

Selain dianggap Yamaha Lexi kemahalan, disatu sisi jika teman-teman perhatikan Yamaha Lexi ini jauh lebih sepi pemberitaan.  Baik itu dalam berita online, blog ataupun sosial media dibanding kompetitornya. Namun seberapa besar sih pengaruh  sosmed, blog dan media online terhadap segmen Yamaha Lexi?

Prediksi saya semua hal tersebut tidak akan banyak berpengaruh terhadap segmen Yamaha Lexi. kenapa?

Yamaha Lexi Kemahalan?

Bicara line up keluarga Maxi Yamaha itu berbeda seperti sedang membahas skutik atau bebek entry level (LPM aka Low Price Model). Pada segmen LPM tentu akan sangat sensitif terhadap price alias harga. Sedangkan pada keluarga Maxi Yamaha yang masuk kategori menengah keatas tidak begitu sensitif.

Lexi Kemahalan? Tidak

Disini Yamaha Lexi punya kekuatan yang baik dimata konsumennya. Meski diset harga termurah diantara Maxi Yamaha yang lain, Lexi tetap diberikan tampilan khas Maxi Yamaha dengan menyuguhkan sisi fungsional yang oke. luar biasanya bukan cuma jualan body, Lexi juga menggunakan mesin turunan Maxi Yamaha dengan teknologi 4 Valve + VVA Blue Core. Bukan mesin konvensional bin jadul ya guys…  😆

Selain Yamaha Lexi Kemahalan, Juga Sepi Pemberitaan

Betul, jika teman-teman perhatikan memang benar Yamaha Lexi jauh lebih sepi pemberitaannya baik di sosmed, ketimbang kompetitornya. Lantas apakah hal tersebut sangat berpengaruh terhadap penjualan Yamaha lexi?

Prediksi saya tidak begitu berpengaruh, mengapa? karena disegmen ini potential buyer jarang yang ikut meramaikan sosial media. Oleh karena itu Yamaha memberikan treatment khusus untuk mempromosikan Yamaha Lexi. Treatment khusus tersebut yakni mempromosikan Lexi melalui pameran-pameran yang tersebar dikota-kota besar.

Seperti event BYMS (Blue Core Yamaha Motor Show) yang sudah berjalan di Cibinong, cirebon, Pontianak dan akan terus berlanjut dibeberapa kota lainnya. Belum lagi ajang promosi THR (Test Ride Hujan Rejeki) Dari Lexi, dimana unit-unit Yamaha Lexi sudah disebar gunan menunjang  ajang promosi tersebut.

Well, meskipun banyak anggapan Yamaha Lexi kemahalan dan cenderung sepi pemberitaan. Namun nantinya penjualan Yamaha Lexi terbukti sangat baik, itu artinya line up Maxi Yamaha memang terbukti sangat kuat brand valuenya.  Kita tunggu saja, biar waktu yang membuktikan. 😉

Baca juga:

Test Ride Yamaha Lexi 125: Aduh… Kena Tipu Mesin 125cc!

Yuk bagikan artikel ini...

3 comments

  • Rocky

    Pernah lihat di dealer, gede ya ketimbang Mio Soul bahkan Xeon RC,

  • Ready to Komment only

    Kelihatannya tangguh nih. Design plain gitu. Pasti punya sesuatu di baliknya

  • Penggembala domba

    Versi standart. Vs vario 125….kelas 125 harga vs fitur masih masuk akal dan value lexi.versi tertinggi vs vario 150 beda kubikasi vs fitur dan harga juga masi value lexi type s.
    Ngak seimbang kalau di compare dgn output.
    Justru di untungkan dengan pajak motor nya 125 cc fitur lengkap,spek ring/ban serta body yg benar benar 100 % fresh baru serta mempunyai ” pengalaman berkendara yg baru”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *