Punya Layanan After Sales Terbaik, Apa Sih Rahasianya Yamaha?

Layanan AFter Sales Terbaik Yamaha

Layanan after sales terbaik belum tentu dipegang oleh pabrikan besar sekalipun. Kira-kira begitu gambaran realita saat ini soal layanan after sales terbaik guys. Tidak sedikit teman-teman disosial media bercerita tentang pengalaman kurang enak mereka ketika berurusan dengan layanan after sales disuatu pabrikan besar sekalipun.

Bukannya medapatkan layanan after sales terbaik justru kekecewaan yang mereka dapatkan. Ada yang indent ECU selama satu tahun tidak kunjung datang, ada yang mau beli cop busi tapi mesti indent selama 3 bulan. Ada yang mau beli gasket mesti indent 1 bulan, dan masih banyak lagi keluhan lainnya. Masih ada lagi kerepotan lainnya nih guys,  Ketika hendak membeli atau indent sparepart mesti menunjukan bukti STNK motor tersebut.

Lain hal dengan Yamaha nih guys, ATPM sepeda motor asal Jepang ini bukanlah yang terbesar di Indonesia. Tercatat YIMM hanya  memiliki 2 pabrik saja loh, masih kalah banyak dibanding salah satu pabrikan Jepang lainnya. Namun meski demikian banyak orang yang mengakui bahwa Yamaha memiliki layanan after sales terbaik. Apa sih rahasianya Yamaha bisa kasih layanan after sales terbaik untuk konsumennya? yuk kita simak sama-sama…  😎

Beri Layanan After Sales Terbaik, Yamaha Fokus Pada Pelanggan

Beri Layanan After sales terbaik

Punya cara yang unik dan berbeda dibanding yang lain, Yamaha justru lebih fokus kepada pelanggannya melebih dari produknya. Bagi Yamaha pengalaman pelanggannya merupakan hal yang utama, dan nantinya  produknya akan terus berubah untuk melayani mereka para pelanggannya sehingga dapat menjadi produk yang terbaik. Hm.. tidak mengherankan ya Yamaha bisa punya layanan after sales terbaik.

Bagaimana jika sebaliknya?

Lain hal terhadap ATPM yang justru memilih untuk memperbaiki produknya lebih dulu tanpa fokus kepada pelanggannya. Tidak menutup kemungkinan nantinya para pelanggannya akan menemukan produk yang cocok untuk mereka, baik itu dengan ATPM tersebut atau bahkan tanpa ATPM tersebut. Wah kalau cuma mikirin produk, kapan bisa kasih layanan after sales terbaik ya?

Yamaha Mengikuti Era Teknologi

Suka atau tidak suka, saat ini jaman telah berubah dan berpindah. Dari era industri di mana itu semua tentang produk dan productization ke era teknologi di mana itu semua tentang pelanggan dan kustomisasi. Alih-alih berfokus pada pengembangan produk dan lini produksi (yang kita belajar tentang dan merupakan bagian dari di sekolah), fokus pada pengalaman pelanggan dan garis kustomisasi. Sadar akan hal tersebut Yamaha terus mengikuti perkembangan jaman dan menyuguhkan layanan after sales terbaik untuk para konsumennya.

Ini lah alasan kuat mengapa Yamaha bisa memiliki layanan after sales terbaik. Sebenarnya bisnis itu  tidak mulai ketika suatu ATPM atau pabrikan memiliki sebuah produk. Melainkan bisnis ini dimulai ketika pabrikan tersebut memiliki pelanggan.

Kunci Untuk Memenangkan Hati Pelanggan

Ada beberapa bocoran “kunci” untuk memenangkan hati para konsumen nih, sudah diterapkan oleh Yamaha loh, diantaranya:

  • Jadi siapa pelanggan yang sempurna suatu pabrikan? Mulai dari sana dan bertanya pada diri sendiri (dan mereka):
  • Masalah – Apa masalah yang konsumen butuhkan diselesaikan?
  • Janji – Apa manfaat pabrikan menyampaikan kepada mereka dengan memecahkan itu?
  • Produk – Bagaimana suatu pabrikan akan mengatasinya lebih baik daripada pabrikan yang lain?
  • Bukti – Mengapa mereka harus mempercayai pabrikan tersebut?

Nah dengan memberikan layanan after sales terbaik merupakan salah satu penerapannya guys. Adalah hal yang sangat penting bagi suatu pabrikan agar terus mengupgrade jawaban dari beberapa pertanyaan diatas secara berkala. Karena apa yang pelanggan butuhkan, harapan mereka dan bagaimana mereka dilayani akan terus berubah cepat.

Dan setelah suatu pabrikan berhasil masuk ke dalam lingkaran pertanyaan tersebut. Maka dengan sendirinya pabrikan akan mulai mengetahui apa yang konsumen butuhkan sebelum konsumen tersebut menyadarinya. Tentunya akan ada kemungkinan konsumen akan setia untuk terus membeli produk berikutnya.

Saya akan menguktip sedikit perkataan dari seorang pendiri Apple.. “Lebih dekat daripada sebelumnya untuk pelanggan Anda. Begitu dekat bahwa Anda memberitahu mereka apa yang mereka butuhkan sebelum mereka menyadarinya sendiri.” ~ Steve Jobs.

Well, ada 2 cara mudah untuk sukses atau gagal. Cara termudah untuk bisa sukses dalam bisnis dimasa depan yakni memiliki pelanggan yang mencintai Anda. Sedangkan cara termudah untuk gagal adalah lebih mencintai ide atau produk Anda dari pada mencintai pelanggan.

Layanan After Sales Terbaik Dambaan Setiap Konsumen

Layanan After Sales Terbaik Drai Yamaha

Layanan after sales terbaik itu penting banget buat konsumen, karena konsumen beli sepeda motor bukan sebatas beli kemudian selesai. Konsumen juga perlu kemudahan untuk perawatan motornya. Bukan sekedar banyak-banyakan jaringan dealer dan bengkel resmi, tapi sparepartnya memble bin susah. Kemudahan dan kejelasan mendapatkan sparepart juga penting, tentunya dilayani oleh para teknisi handal yang terstandar dengan baik. Layanan after sales terbaik itu dambaan setiap konsumen.

Yuk sharing dikolom artikel jika ada teman-teman yang ingin bercerita soal pengalaman mendapatkan layanan after sales terbaik, atau malah buruk..

Thanks for reading guys..

Selain artikel layanan after sales terbaik, baca juga artikel:

Motobi 200 EFI: Motor Cruiser Murah Meriah, Silincer Knalpotnya Ada 2!

CVT PCX Lokal Gredek? Bawa Santai Aja bro, Ikuti Tips Berikut Ini!

Lexi S VS Vario 150 eSP, Siapa yang Lebih Unggul?

Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *