Ini Fakta Bagus Tidaknya Harga Jual Kembali Sepeda Motor Bukan Karena Merek!

Ini Fakta Bagus Tidaknya Harga Jual Kembali Sepeda Motor Bukan Karena Merek!

17 Mei 2018 7 By permanatriaz

Ada 2 tipe orang yang akan membeli sepeda motor yakni smart buyer dan buyer yang mengutamakan harga jual kembali sepeda motor mesti bagus. Uniknya saya temui ada tipe buyer yang meyakini bagus tidaknya harga jual kembali sepeda motor itu tergantung merek. Apakah anggapan tersebut benar?

Berdasarkan analisa sederhana, menurut saya anggapan harga jual kembali sepeda motor itu tergantung merek tertentu adalah keliru. Terbukti  tidak ada 1 merek sepeda motor pun yang bisa menjamin harga jual kembali sepeda motor mereka pasti bagus semua. Meskipun itu merek sepeda motor terlaris di Indonesia sekalipun.

Begitupun sebaliknya guys, meskipun merek sepeda motor tersebut enggak terkenal, jarang ada yang punya motornya namun ada loh yang harga jual kembali sepeda motor itu bagus banget. nih biar ada gambaran, saya lampirkan beberapa screen shoot jual motor bekas di situs jual beli olx.co.id.

Harga Jual Kembali Sepeda Motor Skutik

Harga Jual Kembali Sepeda Motor Honda Beat

Skutik entry level keluaran AHM ini memang luar biasa banget, berdasarkan data AISI April 2018 saja berhasil didistribusikan sebanyak 207.113 unit. Nah enggak hanya jago di data AISI, ternyata harga jual kembali sepeda motor Honda Beat juga bagus banget dipasaran.

Setidaknya harga jual kembali sepeda motor Honda Beat masih lebih bagus dari pada Yamaha Mio lansiran tahun yang sama.

Harus diakui memang harga jual kembali Yamaha Mio pada umumnya masih dibawah Honda Beat. Namun terkadang ada juga ditemui orang yang menjual dengan harga yang tinggi, mungkin terkait dengan kondisi motor itu sendiri.

Contohnya seperti pada gambar dibawah ini guys:

Harga Bekas Kymco Trend SR

Seperti yang saya bilang diatas guys, ada juga merek sepeda motor yang enggak terkenal namun harga jual kembali sepeda motornya bagus banget. Nih contohnya Kymco Trend SR lansiran tahun 2007. Luar biasa bukan?

Uniknya skutik asal Taiwan ini pakai ban yang enggak umum di Indonesia loh, yakni ring 10. Namun ternyata enggak ngaruh dengan harga jual kembali sepeda motor itu. Nah ngomong-ngomong soal ban ring 10, memang enggak umum banget sih disini. Namun jangan khawatir bagi kalian yang sedang mencari ban tersebut buat mengganti ban yang sudah menipis.

IRC tire ternyata juga punya line up ban dengan ring 10. Adalah IRC Tire tipe MB250M Series. Pabrikan ban terkenal dan sudah memiliki jam terbang yang tinggi tersebut mendesain ban MB250M dengan sedemikian rupa. MB250M memiliki permukaan ban yang super lebar, dengan desain kembang yang berbentuk panah. IRC Tire MB250M punya karakter yang rigid, meningkatkan traksi dan stabilitas menikung.

Harga Jual Kembali Sepeda Motor Maxi Skutik

Gambar diatas bukan Honda PCX sembarangan guys, yups.. adalah Honda PCX 150 CBU Vietnam loh yang kualitasnya jempolan punya. Honda PCX 150 lansiran 2017 lalu dijual dengan harga Rp.30.850.000,-. Padahal harga barunya itu pada tahun 2017 yakni Rp.40.525.000,-. Jika dihitung selisih antara harga jual kembali sepeda motor tersebut dengan harga baru, berarti ada penyusutan sebesar Rp.9.675.000,-.

Lantas bagaimana dengan Yamaha NMAX? unik banget nih guys. Yamaha NMAX lansiran 2017 warna merah ini tahun lalu harga barunya Rp.25.700.000,-. Pada iklan tersebut dijual dalam kondisi bekas seharga Rp.23.500.000,-. Jika dihitung maka terjadi penyusutan harga sebesar Rp.2.200.000,- saja!

Sebenarnya masih banyak lagi contoh kasus yang bisa memberikan gambaran bahwa merek bukanlah jaminan harga jual kembali sepeda motor yang bagus. Nah buat anda yang memang selalu mengutamakan harga jual kembali bagus, saran saya anda lebih baik jangan membeli motor baru. Kenapa? karena sedikit banyak pasti barang seperti itu akan mengalami penyusutan kok.

Nah lebih baik beli saja sepeda motor bekas, harga belinya lebih murah dari harga baru. Kemudian terkadang ketika ingin menjualnya kembali tentu penyusutannya enggak sebesar motor baru. Bahkan enggak menutup kemungkinan harga beli dengan harga jual sama.

Toh kalau masih ngotot mau beli motor baru dengan harga jual yang pasti tinggi, saran saya anda mesti beli sepeda motor limited edition. Misalnya seperti Ducati Desmosedici D16RR NCR M16, Ecosse Spirit, MV Agusta F4CC atau Yamaha Roadster BMS Chooper.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...