Biar Enggak Jatuh, Begini Cara Turun Dari Moge yang Aman!

Cara Turun dari Moge

Kemarin sempat viral video tentang salah seorang pejabat yang terjatuh saat jajal moge asal Jerman. Bukan ingin ikut-ikutan membully. Pada artikel kali ini justru saya ingin berbagi ilmu safety riding yang saya peroleh dari instruktur Yamaha Riding Academy. Yuk silahkan disimak basic skill cara turun dari moge yang aman.

Kejadian tersebut sebenarnya bisa terjadi pada orang “awam” manapun ketika nekat mengambil kesempatan menjajal moge. Sekilas sih moge dengan motor biasa ya sama saja, sama-sama hanya memiliki 2 roda.  Namun anggapan tersebut keliru banget, mengendarai moge enggak sesimple itu. Mulai dari riding position, body moving, cara turun dari moge yang benar dan lain-lain.

Kali ini saya akan fokus pada cara turun dari moge yang aman. Bukan hasil karangan saya pribadi, ilmu ini saya dapatkan langsung dari instruktur Yamaha Riding Academy. Jadi kalau dapat kesempatan jajal moge bakal lebih pede. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ya.

Namanya saja moge, selain kubikasi mesinnya yang besar sudah tentu rata-rata moge punya ukuran dan bobot yang besar juga. Nah dikarenakan bobot dan ukuran yang besar, turun dari moge enggak bisa sembarangan guys. Salah-salah bisa jatuh tuh saat hendak turun, sakitnya enggak seberapa tapi malunya luar biasa hehehe.

Cara Turun Dari Moge yang Benar

Cara TURUN Dari Moge yang Benar nih

Oke deh, langsung saja nih guys.. silahkan disimak urutan cara turun dari moge yang aman dan benar. Sebagai berikut:

  1. Pastikan moge yang dikendarai sudah benar-benar berhenti
  2. Kemudian keluarkan side stand (standar samping)
  3. Ketika hendak turun, miringkan motor kesebelah kiri
  4. Agar tidak terdorong kedepan, tarik tuas rem depan
  5. Sebelum turun, putar stang kesebelah kanan
  6. Cek kondisi sekitar
  7. Kemudian turun dari motor
  8. Setelah turun, belokan stang ke sebelah kiri.

Simple banget kan guys, tapi jika cara turun dari moge yang aman tersebut diterapkan insya Allah aman deh guys. Bicara safety soal berkendara dengan moge, banyak hal yang bisa kita pelajari.

Bukan soal skill pengendaranya saja (Salah satunya menguasai cara turun dari moge yang aman), kondisi mogenya sendiri juga mesti perhatikan. Misalnya urusan ban jangan sampai nunggu botak bin licin, jika memang sudah mesti diganti segera ganti guys. Enggak semua ban moge harganya selangit kok, masih ada ban moge yang terjangkau.

Salah satunya ban IRC RMC810 tipe  ZR, ban yang masih di import dari Jepang ini mampu digeber hingga kecepatan 270 kpj. IRC Tire RMC810 ini menggunakan Hyper Adaptive Technology yang mampu mendukung performa ban dalam perubahan kontur jalan maupun cuaca. Kelebihan lain dari RMC810 ini memiliki daya tahan yang panjang dengan performa maksimal dan nyaman dikendarai.

Well, demikian artikel kali ini guys. Next akan saya kupas kembali mengenai teknik-teknik safety riding yang mungkin bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Mau Nonton Balap Motor Gratis di Sentul? Nonton Frestyle Wawan Tembong? Yuk Daftar Di Sini!

Blak-Blakan Review Yamaha Lexi Buat Nanjak Berboncengan!

Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *