Malas Pakai Helm Full Face? Pasti Belum Tau 4 Kelebihan Helm Full Face Berikut Ini

Umumnya ada 2 jenis helm yang paling banyak digunakan oleh para pengendara sepeda motor di Indonesia. Jenis helm tersebut diantaranya half face dan full face, kebanyakan sih yang dipakai helm full face yang dinilai lebih praktis. Nah buat anda yang masih malas menggunakan helm full face, berikut saya jelaskan 4 kelebihan helm full face yang tidak dimilik oleh helm half face.

Ada beragam alasan orang malas menggunakan helm full face. Diantaranya merasa gerah, area pandang terbatas, berat, tidak bisa naik motor sambil merokok (wah ini memang jangan dilakukan) dan lain-lain. Padahal jika bisa memilih helm yang pas bisa meminimalisir keluhan tersebut diatas.

Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Buat anda yang masih merasa malas menggunakan helm full face silahkan disimak 4 kelebihan helm full face berikut ini:

Kelebihan Helm Full Face

1.Melindungi Mata Dari Kelilipan

Hal yang paling mengganggu ketika sedang asik naik motor adalah saat mata kelilipan sesuatu. Nah hal itu mungkin saja terjadi saat menggunakan helm half face, karena bagian bawah wajah masih terbuka lebar.

Lain cerita jika anda menggunakan helm full face, kejadian tersebut dapat diminimalisir sebaik mungkin. Kelebihan helm full face, karena helm full face memiliki desain yang lebih tertutup. Bahkan umumnya helm full face memiliki penutup tambahan dibawah dagu, jadi tentu saja semakin sedikit celah untuk debu masuk.

2.Melindungi Wajah Dari Debu Jalanan

Setelah berkendara dengan menggunakan helm half face, kemudian merasa wajah terasa lengket dan tebal? wajar saja kok. Karena selama berkendara dijalan aneka debu dan polusi masih bisa bebas masuk kedalam melalui bagian bawah helm.

Nah seperti melindungi mata dari kelilipan, kelebihan helm full face lainnya yakni dapat melindungi wajah dari debu jalanan dengan lebih baik. Tentunya dengan cara memakai helm secara total yakni menutup bagian kaca helm dengan sempurna.

3.Melindungi Wajah Dari Cipratan Air Hujan

Saat hujan turun cipratannya masih bisa masuk dari bagian bawah jika menggunakan helm half face. Apalagi jika kaca helm dibuka untuk menghindari embun yang terjebak didalam helm. Nah jika memakai helm full face hal itu dapat diminimalisir guys, meski mesti membuka sedikit kaca helm karen masih ada bagian pelindung dagu.

Mumpung lagi ngomongin hujan, jangan lupa pantau kondisi ban dimotor kesayangan anda. Jangan sampai ban sudah tidak layak pakai tapi masih terpasang, bahaya loh.. Apalagi dipakai saat hujan turun, ban tidak bisa membelah air diaspal dengan baik dan beresiko terjatuh.

Enggak mesti memakai ban mahal kok, banyak ban dengan harga terjangkau dengan kualitas mumpuni untuk dipakai harian. Misalnya ban IRC NR80 Series, ban ini memiliki desain kembangan yang menyerupai anak panah. Dengan kembangan itu ban menjadi sangat efektif dijalan basah dan stabil ditikungan.

Selain itu desain alur searah yang saling bersilangan dengan alur-alur kecil. Hal itu sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan pengereman di berbagai kondisi jalan terutama jalan basah. FYI ban tubeless ini tersedia untuk ukuran ring 14 dan 17 dengan harga hanya seratus ribuan hingga dua ratus ribuan rupiah saja.

Melindungi Dagu Dari Benturan

Nah ini yang paling ngeri saat memakai helm half face guys. Saya sendiri pernah menyaksikan secara langsung kecelakaan pengendara sepeda motor yang menggunakan helm half face. Gigi mrotol bersimbah darah akibat jatuh dan terbentur aspal jalan, wah tidak sanggup membayangkan lagi.

Kelebihan helm Full Face yang paling utama adalah melindungi area  wajah lebih maksimal saat terjadi kecelakaan, khususnya dagu.  Tidak seperti helm half face yang terbuka, helm full face memiliki cangkang yang lebih rapat. Seluruh bagian wajah tertutup sempurna oleh cangkang tersebut, sehingga apabila terjadi benturan dibagian dagu ada cangkang yang lebih dulu terkena benturan.

Saya sendiri pernah mengalami kecelakaan saat berkendara sepeda motor dengan bagian depan helm menghadap keaspal. Qaddarullah sejak dulu saya sudah menggunakan helm full face, sehingga benturan dapat terserap dengan baik oleh helm yang saya gunakan.

Yuk pakai helm full face sebelum terlambat, next akan saya bahas mengenai tips memilih helm full face yang nyaman dan aman. Baca juga artikel menarik lainnya berikut ini:

3 Hal Ini Bisa Bikin Bikers Honda di Indonesia Baper Dengan Honda di Thailand

Review Honda X-ADV: Moge Perfect Buat Segala Kondisi Jalan!

8 Jas Hujan Motor Terbaik Pilihan Konsumen, Ada yang Tahan Sampai 10 Tahun Loh!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *