Skuter Matik pertama di Indonesia Bukan Kymco, Tapi Vespa Ini Bro!

Mungkin masih banyak yang mengira bahwa Kymco merupakan pelopor skuter matik pertama di Indonesia. Ternyata berdasarkan fakta  skuter matik pertama di Indonesia bukan Kymco melainkan Vespa, skuter asal negeri Italia. Ada yang sudah tau Vespa tipe apa?  😀

Mungkin masih ada teman-teman yang ngotot bahwa Kymco lah yang menjadi skuter matik pertama di Indonesia. Jika konteksnya  skuter matik 4 tak, memang benar Kymco merupakan pelopor skuter matik di Indonesia.

Kymco Jetmatic Trend 125 merupakan tipe pertama yang diboyong oleh Kymco ke Indonesia tepatnya pada tahun 2000. Waktu itu Kwang Yang Motor Co,Ltd alias Kymco masuk melalui APM PT. Kymco Lippo Motor Indonesia (KLMI).

Skuter Matik Pertama di Indonesia

Skuter Matik Pertama di Indonesia
Foto Credit: harianjogja.com

Namun jika kita membahas skuter matik pertama di Indonesia secara global, baik itu 2 tak ataupun 4 tak ternyata bukan Kymco. Pelopor skuter matik pertama di Indonesia dipegang oleh pabrikan asal Italia yakni Vespa. Vespa PK 125 masuk ke Indonesia pada tahun 1991 melalui ATPM PT. Dan Motor Vespa Indonesia. ATPM tersebut mendapat lisensi penuh langsung dari Piaggio Italia.

Berbeda dengan di Indonesia, dinegara asalnya Vespa ini lebih dikenal dengan sebutan Corsa. Pertama kali diperkenalkan disana pada tahun 1984 atau 7 tahun lebih dulu dibanding Indonesia.

Berbeda dengan Vespa manual pada umumnya nih guys, Vespa PK 125 hadir tanpa mengunakan pedal rem didek kanan. Skuter matik pertama di Indonesia ini memiliki tuas rem pada tuas handle sebelah kiri, seperti skutik masa kini.

Vespa PK 125 ini menggunakan mesin 2 tak dengan 121 cc yang memiliki output maksimal hampir 7 Tk pada putaran mesin 5.600 rpm. Dengan mesin ini Vespa PK 125 mampu berlari kencang hingga kecepatan 90 km/jam. Seperti skuter matik kekinian, meski lahir ditahun 1991 matik ini punya cara untuk menghidupkan mesin, elektrik dan kick starter.

 Videonya nih guys, asli bikin ngiler……

Nah, jadi sudah jelas ya guys bahwa skuter matik pertama di Indonesia itu adalah Vespa PK 125. Jangan bilang Kymco Jetmatic Trend 125 lagi ya hehehehe..

Mendadak berminat? eh jangan dicek harga bekasnya, bikin kaget guys… pasaran masih belasan juta rupiah!  😯  … Urusan sparepart saya rasa dikalangan penghobi masih mudah untuk didapatkan ya. Apalagi urusan ban, yah ga usah khawatir deh guys, IRC Tire punya line up lengkap buat skuter jadul. Sebut saja IRC tipe MB520M, SP2 dan VS, mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Next saya akan membahas seputar skuter matik Jepang pertama di Indonesia, wah kalau ini saya yakin banyak yang tau  :mrgreen:

Foto credit gambar pertama milik enviozone.com

Baca juga artikel menarik lainnya berikut ini ya guys:

Kekurangan Helm Half Face Baru Terasa Saat Jatuh, Dagu Bikers Ini Jadi Buktinya!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Satu tanggapan untuk “Skuter Matik pertama di Indonesia Bukan Kymco, Tapi Vespa Ini Bro!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *