Di Malaysia Enggak Ada Suzuki Ertiga, Adanya Proton Ertiga

Serius guys, saat ini di Malaysia memang enggak ada Suzuki Ertiga tetapi yang ada hanya Proton Ertiga. Kok bisa sih? ya kenyataannya memang begitu, Saat ini Suzuki  mobil memang enggak jualan lagi di Malaysia. Makanya berubah nama menjadi Proton Ertiga.

Sebenarnya ini berita lama sih guys, tapi enggak apa-apa ya saya flashback lagi.. siapa tau masih ada teman-teman yang belum mengetahuinya. Jadi begini ceritanya guys, efektif pada Februari 2016 silam Suzuki Malaysia Automobile Sdn Bhd resmi berkolaborasi dengan Proton Holdings Bhd.

Selanjutnya sebanyak 29 outlet Suzuki berganti merek menjadi Proton. Meski berhenti berjualan, namun service center Suzuki masih berjalan normal. Pelayanan after sales dan segala macam sparepart resmi Suzuki pun masih bisa dinikmati oleh para konsumennya.

Proton Ertiga Launching di Malaysia

Proton Ertiga

Selang 8 bulan kemudian kerjasama antara Proton dan Suzuki semakin berwujud nyata. Pada tanggal 24 November 2016 Proton merilis mobil baru yang sebenarnya enggak asing lagi buat kita di Indonesia. Apa coba? itu loh guys… Suzuki Ertiga, ups… salah, maksud saya Proton Ertiga.

Ertiga Malaysia nyaris enggak ada bedanya dengan Suzuki Ertiga, hanya bagian kecil saya yang berbeda. Sebut saja emblem Suzuki berganti menjadi Emblem Proton, kemudian logo distir juga berubah jadi proton. Eh, wajar lah kan yang jualan Proton ya guys, wajar lah ganti emblem hehehe.

Usut punya usut ternyata Proton Ertiga yang dijual di Malaysia merupakan Ertiga produksi Suzuki Indonesia loh. Wah, bikin bangga nih.. Ertiga sampai di ekspor ke Malaysia. FYI guys, di Malaysia Proton Ertiga diberikan garansi mesin selama 5 tahun atau jarak tempuh 150.000km.

Luar biasanya lagi ban bawaan Suzuki Ertiga sudah menggunakan ban dari GT Radial loh guys, yakni GT Champiro Eco. Tentunya enggak gampang menjadi ban standar suatu merek mobil, perlu melewati test-test yang telah ditentukan. GT Radial sendiri enggak perlu diragukan kapasitasnya, pabrikan ban ini punya reputasi yang baik sekali.

Berbeda dengan di Indonesia yang mendapat sebutan 7 seater MPV, Ertiga di Malaysia disebut sebagai 6 seater MPV. Karena pada barisan tengah disebut-sebut hanya memiliki kursi muatan 2 orang saja. Hm.. padahal kalau dilihat-lihat bertiga juga masih muat itu guys…  😛

Selang 2 tahun kemudian Proton kembali melaunching tipe terbaru dari Ertiga. yakni Ertiga Xtra. Bukan Ertiga baru seperti yang ada di Indonesia guys, Proton Ertiga Xtra masih ertiga model lama.

Well, Thanks for reading ya guys… baca juga artikel menarik lainnya berikut ini:

Skuter Matik pertama di Indonesia Bukan Kymco, Tapi Vespa Ini Bro!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *