Recall Honda X-ADV: Berpotensi Kehilangan Tenaga, X-ADV Kena Recall..!!!

Recall Honda X-ADV dikarenakan adanya kemungkinan potensi kehilangan tenaga. Tidak seperti di Indonesia yang kebanyakan masih mengganggap tabu recall kendaraan bermotor khususnya roda dua. Di luar negeri khususnya benua Eropa dan Amerika recall merupakan hal yang biasa.

Bukan hanya dianggap biasa, namun recall begitu diapresiasikan oleh konsumen kendaraan bermotor disana. Karena menurut saya memang sudah sepantasnya konsumen dan masyarakat memberikan apresiasi kepada pabrikan yang berani dan sukarela mengumumkan recall.

Secara logika juga konsumen tidak dirugikan dengan adanya recall bahkan justru diuntungkan. Konsumen cukup datang kebengkel resmi dengan membawa persyaratan misal STNK dan KTP, tidak keluar biaya sama sekali. Padahal saat recall konsumen mendapatkan pelayanan yang cukup banyak, seperti pengecekan, pergantian part dan bahkan ada yang juga yang diberikan oli gratis.

Recall Honda X-ADV

Mengutip dari FEMA (The Federation of European Motorcyclists’ Associations)  yang mempublikasikan info recall dari laporan RAPEX (The European Commissions’ Rapid Alert System). Begini isi laporannya guys..

Rceall Honda X-ADV

Jika saya terjemahkan pada bagian tehnical defect dan risk dengan segala keterbatasan saya dalam memahami bahasa Inggris. Recall Honda X-ADV dilakukan karena adanya potensi kehilangan tenaga. Ketika sepeda motor terus-menerus dikendarai dengan kecepatan rendah, kemudian panas yang dihasilkan dapat mempengaruhi PPTC (polymer positive temperature coefficient) perangkat ECU dan siklus motor dapat masuk ke fail safe mode. Jika potensi tersebut terjadi, ini dapat membuatnya tidak mungkin bisa untuk menggeser persneling dan tenaga penggerak akan hilang dan tidak bisa lagi melanjutkan riding. Mohon koreksi ya guys jika ada kesalahan penerjemahan..

Adapun yang terkena dampak recall Honda X-ADV yakni produksi antara tanggal 26 Januari 2017 sampai dengan 4 Oktober 2018.

Langkah recall Honda X-ADV sangat patut untuk berikan apresiasi yang sangat tinggi. Semoga saja pabrikan-pabrikan sepeda motor di Indonesia meniru langkah ini, agar konsumen semakin nyaman dan aman dengan motor yang sudah ia beli.

Sejauh ini yang saya tau baru Yamaha R25 dan Yamaha MT25 saja yang berani mengumumkan recall secara terang-terangan. Bahkan recall tersebut dilakukan lebih dari satu kali, mengikuti recall Yamaha R3 yang ada diluar negeri.

FYI Yamaha R25 merupakan motor produksi Yamaha Pulogadung yang diekspor kebanyak negara. Kebanyakan untuk pasar luar negeri yang diekspor adalah Yamaha R3, menyesuaikan regulasi disana. Sedangkan di Indonesia sendiri yang dipasarkan yakni Yamaha R25 dengan menggunakan ban standar dari pabrikan ban terkemuka di Indonesia yakni IRC Tire. IRC Road Winner sendiri pernah saya rasakan performanya untuk pemakian harian dan short touring, cukup handal dan awet.

Modifikasi Mesin Yamaha R25: Cuma Ubah 7 Part, Power Tembus 49,14 Hp On Wheel!

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Satu tanggapan untuk “Recall Honda X-ADV: Berpotensi Kehilangan Tenaga, X-ADV Kena Recall..!!!

  • 24 Desember 2018 pada 15:56
    Permalink

    Ini pasti Yamaha X-ADV, klo Honda tak mungkin recall..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *