Yamaha Aerox Error 12 Pencegahan dan Solusinya Sesuai Dengan Rekomendasi Pabrikan

Yamaha Aerox error 12 belakangan ini jadi perbincangan hangat disosial media khususnya digrup-grup Facebook Aerox 155. Apalagi setelah muncul petisi dan permasalahan tersebut dimuat oleh beberapa media dan blog. Penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi kemudian saya posting diskusi terbuka digrup-grup Yamaha Aerox.

Dalam postingan tersebut saya mempersilahkan teman-teman yang mengalami kendala sepeda motor Yamaha Aerox error 12 untuk bersuara.  Alhamdulillah saya sendiri memiliki hubungan yang cukup baik dengan pihak Yamaha Indonesia khususnya divisi aftersales. Dengan demikian setiap informasi yang saya terima dari teman-teman disosial media tidak berhenti sampai di saya saja. Informasi tersebut saya teruskan kepihak-pihak terkait di internal Yamaha Indonesia.

Lantas bagaimana respon terkait postingan saya soal Yamaha Aerox Error 12? cukup mengejutkan guys. Untuk untuk berita yang begitu viral dan ramai diperbincangkan ternyata hanya 2 sampai 3 saja yang terkendala orang saja japri saya melalui WA. Kemudian muncul akun Facebook bernama om Rizal Himovic yang mengaku membuat petisi tersebut meminta kontak saya untuk berkomunikasi secara personal. Namun sayangnya hingga sampai saat ini belum ada kontak dari beliau yang masuk ke saya.

Penyebab Yamaha Aerox Error 12

Sebenarnya Error 12 ini bukanlah sebuah hal yang sangat menakutkan karena pada faktanya melalui sosial media hanya ada 2 sampai 3 Yamaha Aerox  saja yang terkendala (yang belum dimodifikasi kelistrikan). Sebenarnya masih ada lagi beberapa keluhan yang masuk soal error 12 namun motornya sudah dimodifikasi kelistrikannya.

Tidak seperti dugaan-dugaan yang beredar bahwa salah satu pemicu error 12 itu karena percikan air. Ternyata dua faktor berikut ini yang jadi penyebabnya. Mengutip keterangan dari bapak Muhamad Abidin selaku Senior GM After Sales & Motor Sports PT.YIMM. Beliau menjelaskan bahwa error 12 itu error di SGCU. Nah Yamaha Aerox error 12 itu dipicu oleh coupler yang kurang kencang atau adanya modifikasi kelistrikan sehingga mengakibatkan induksi listrik ke rotor dan SGCU.

FYI nih guys, pada sepeda motor yang dibekali teknologi SGM, unit ECU digabung dengan Rectifier Regulator menjadi satu SGCU.

Masih keterangan dari bapak M Abidin, kemungkinan 90% kejadian Yamaha Aerox Error 12 itu rata rata sudah dilakukan modifikasi kelistrikan. Seperti menggunakan Lampu HID atau memasang alarm dan lain-lain. FYI memasang lampu HID/Projector itu membebani dengan arus besar yakni 5 Amphere. Dengan demikian SGCU jadi bekerja keras .

Yang lebih masalah adalah karena HID menggunakan High Voltage yang diambil dari arus Battery 12 Volt. Nah menggunakan “High Frequency” dirubah menjadi “High Voltage”, yang berbahaya “Frequency yg besar dan bertumpuk” yang berdampak negatif /kerusakan menjalar ke komponen kelistrikan yg lain.

Pada case yang terjadi pada Yamaha Aerox, konektor akan menjadi bagian terlemah (umumnya terbakar) dan Rotor terbakar atau Rectifier regulator di SGCU korslet . Maka akan tampil Error 12 di indicator.

Pencegahan Yamaha Aerox Error 12

Masih berdasarkan keterangan dari Bapak M Abidin nih guys. Meskipun kasus ini terbilang sangat kecil terjadi pada Yamaha Aerox yang masih standar, Yamaha tetap melakukan proses investigasi. Adapun jika anda pemilik Yamaha Aerox khawatir akan kemungkinan terkena masalah error 12, saat sedang service rutin bisa meminta kepada mekanik yang menangani sepeda motor anda untuk melakukan pengecekan coupler atau socket.

Perlu diketahui merubah kelistrikan standar sepeda motor anda berarti menggugurkan garansi kelistrikan dari pabrikan. Nah jika memang anda sudah kepengen banget pasang aksesoris kelistrikan seperti alarm misalnya, pastikan aksesoris tersebut original dan juga memang didesain khusus untuk Yamaha Aerox. Kalau sudah didesain khusus sudah tentu semua socket-socket kabelnya PnP alias tinggal colok tanpa merusak kabel asli.

Kalaupun memang satu-satunya cara memasang aksesoris kelistrikan dengan cara mengupas atau memutus kabel. Pastikan teknisi yang mengerjakannya memang sudah paham kelistrikan dengan teknologi SMG.

Saya tekankan sekali lagi ya guys.. merubah kelistrikan standar itu sama dengan menggugurkan garansi (Sekecil apapun ubahan tersebut).

Solusi Yamaha Aerox Error 12

Kalau sudah  kena error 12 bagaimana?  untuk anda yang kelistrikan sepeda motornya masih dalam kondisi standar tidak perlu khawatir. Anda bisa langsung datang ke bengkel resmi untuk mengajukan proses claim garansi. Jika memang sepeda motornya tidak bisa dibawa jalan, jangan sedih juga hehehe.. teman-teman bisa hubungi saya by whatsapp 081288916554. Insya Allah saya siap bantu sampaikan kepada pihak Yamaha agar dapat mengirimkan teknisi kerumah anda.

Bagaimana yang sudah tidak standar lagi, apakah tidak bisa dibantu handling dibengkel resmi? tetap bisa kok guys. Bedanya karena sudah dimodifikasi maka sudah tidak dicover garansi lagi. Sehingga ketika muncul biaya saat dilakukan perbaikan atau pergantian parts, biaya tersebut akan ditanggung oleh pemilik sepeda motor.

Demikian artikel singkat kali ini, semoga bermanfaat ya guys!

Baca juga artikel menarik lainnya berikut ini:

REV Immobilizer Yamaha Aerox 155: Alarm Canggih Dengan Garansi 1 Tahun

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

5 tanggapan untuk “Yamaha Aerox Error 12 Pencegahan dan Solusinya Sesuai Dengan Rekomendasi Pabrikan

  • 17 Juni 2019 pada 06:32
    Permalink

    Terimakasih Om atas penjelasanya, artikel ini sangat menbantu dan membuat siempunya Aerox minimal mengurangi ke khawatiranya terhadap kode 12.

    Balas
    • 17 Juni 2019 pada 06:57
      Permalink

      Siap om.
      Sama-sama.. Berdasarkan response teman-teman disosial media khususnya FB Grup-grup Aerox 155. Kasus ini sangat kecil banget kok terjadi pada Aerox yang masih benar-benar standar.

      Sejauh ini hanya masuk 3 sampai 5 orang saja yang japri ke Saya. Angka segitu kecil banget dibanding dengan Aerox yang sudah terjual selama ini (bantahan untuk orang yang ribut minta recall).

      Di pabrik memang ada kok Tim Quality Control, tetapi bukan berarti 100% motor yang di jual itu pasti sempurna. Nah oleh karena itu diberikanlah jaminan garansi.

      Saya yakin ga perlu gaduh-gaduh dan repot-repot bikin petisi, keluhan para pemilik Yamaha Aerox pasti di handle kok.

      Baik yang masih standar ataupun sudah modifikasi. Hanya saja untuk yang masih standar dicover garansi sehingga bebas biaya. Sedangkan yang sudah modifikasi kelistrikan sekecil apapun, garansi otomatis gugur.

      Balas
  • 17 Juni 2019 pada 07:07
    Permalink

    Terima kasih penjelasannya
    Sangat memabntu

    Balas
      • 17 Juni 2019 pada 11:25
        Permalink

        Trimakasih om penjelasannya,,,,jadi lebih gamblang dan lebih tenang lagi sekarang,,,insyha allah hal yg tidak menakutkan lagi masalah error 12.

        Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *