Buat Jaga-Jaga, Yuk Catat Persyaratan Claim Garansi Yamaha Berikut Ini!

Enggak ada salahnya nih buat  kalian para pengguna sepeda motor Yamaha untuk menyimak artikel persyaratan claim garansi Yamaha berikut ini. Cukup sering nih saya melihat postingan digrup-grup Facebook seputar keluhan sepeda motornya. Kalau menilai secara dini hanya dari postingannya saja yang dianggap enggak bagus itu ya motornya.

Misalnya begini.. “Duh motor saya sudah kena Error 12 sampai sekian kali!”. Seolah-olah motornya itu bermasalah banget ya, eh tapi nanti dulu.. setelah saya kroscek ternyata begini faktanya. Kelistrikan motornya sudah dimodifikasi, sudah pasang lampu alis..! Kalau sudah begini garansi gugur, resiko kerusakan tentu ditanggung sendiri karena sudah dimodifikasi.

Persyaratan Claim Garansi Yamaha

Nah jika motor Yamaha anda mengalami kendala dan anda ingin mengajukan claim garansi ke pabrikan Yamaha, pastikan telah memenuhi beberapa persyaratan claim garansi Yamaha berikut ini:

Masa Garansi Masih Berlaku

Kenali terlebih dahulu bagian apa yang ingin anda lakukan proses claim garansi, apakah mesin, kelistrikan atau apa..? FYI nih guys, ada beberapa macam rincian garansi yang diberikan oleh Yamaha, diantaranya:

  • Garansi Umum selama 1 tahun atau 12.000km
  • Garansi kelistrikan selama 2 tahun atau 24.000km
  • Garansi mesin selama 3 tahuh atau 36.000km
  • Garansi forged piston dan DiASil cylinder selama 5 tahun atau 50.000km
  • Garansi khusus komponen FI selama 5 tahun atau 50.000km

Cara membacanya mudah banget guys, misalkan socket meleleh karena error 12 maka garansi yang akan anda claim adalah garansi kelistrikan. Nah salah satu persyaratan claim garansi Yamaha adalah masa berlaku garansi masih hidup. Anda tinggal lihat deh apakah sudah mencapai 2 tahun pemakaian atau 24.000km..?

Jika motornya baru pakai 1 tahun tetapi kilometer sudah tembus 24.001km berarti garansi gugur. Atau motor jarang dipakai sehingga baru menyentu 500km tetapi motor sudah 2 tahun lebih 1 hari, garansi habis juga ya. Jika belum mencapai kedua-duanya maka garansi masih berlaku.

Pemilik  Melakukan Pemeriksaan Sebelum Penyerahan Unit Sepeda Motor yang di Beli

Beberapa kali saya pernah menerima keluhan dari teman-teman pemilik sepeda motor Yamaha yang agak nyeleneh. Misalnya dudukan tutup radiator yang patah, ada anggapan dari pemilik kemungkinan rusak sejak awal diterima. Setelah saya kroscek ternyata motor sudah pakai beberapa bulan dan sudah jalan sekian ribu kilometer. Selain itu juga sudah modifikasi ganti cover radiator carbon.

Ada juga yang mengeluh ada pecahan dibagian cover spedometer, pengakuannya sih belum pernah diapa-apain dan minta diklaim. Usut punya usut ternyata  motor sudah dipakai selama 1 bulan.

Jadi gini guys, pentingnya anda melakukan pemeriksaan sebelum penyerahan (PDI) adalah untuk memastikan motor yang anda terima dalam kondisi prima. Saya juga pernah kok nerimain motor baru turun dari dealer, saya diminta cek seluruh bagian. Hal itu untuk memastikan tidak ada fisik yang rusak, kemudian mesin dihidupkan, lampu-lampu dicoba, rem dijajal dan sebagainya. Jika sudah oke maka proses serah terima selesai, jika ada yang rusak nah disitu kesempatan anda untuk menolak unit tersebut.

Jangan sudah pakai sekian bulan, udah mondar-mandir kesana kemari, geletak diparkiran mana-mana, eh baru komplai sekarang. Ya jelas ditolak mentah-mentah gan 😀

Kartu Service Gratis Dipakai Lengkap dan Service Rutin Dibengkel Resmi Yamaha

Jangan anggap remeh kartu service gratis jika anda masih berharap motor yang anda beli selalu tercover oleh garansi. Jalani kartu service gratis hingga habis, jangan sampai terlewat waktu atau kilometernya apalagi sengaja kosong ya. Jika terlewat maka periode yang terlewat tersebut dianggap tidak sesuai prosedur. Kalau sudah terlewat atau kosong salah satunya saja, maka secara otomatis sudah tidak bisa melengkapi persyaratan claim garansi Yamaha. Karena sudah gugur ya gan.

Service rutin dibengkel resmi juga hal yang penting jika anda masih ingin terus menikmati jaminan garansi dari pabrikan Yamaha. Karena hal ini juga menjadi persyaratan claim garansi Yamaha loh guys.

Jaga Buku Service Baik-Baik

Serius guys, anda mesti jaga dan simpan baik-baik buku service sepeda motor kesayangan anda. Karena ini memang menjadi salah satu persyaratan claim garansi Yamaha. Jika buku service hilang, rusak atau cacat, maka garansi guru ya guys.

Motor Dalam Keadaan Standar

Salah satu persyaratan claim garansi Yamaha adalah motor masih dalam kondisi standar. Misalkan anda ingin mengclaim sektor kelistrikan, ya pastikan kelistrikan motor anda masih standar. Tidak dimodifikasi atau mengganti part asli Yamaha untuk motor tersebut dengan yang bukan aslinya. Misalnya memasang lampu alis, Lampu HID, mengganti lampu senja asli dengan lampu LED, mengganti lampu sein asli dengan sein LED, mengganti sakelar asli dengan sakelar motor lain, mengganti klakson asli dengan klakson lain, dan seterusnya.

Begitupun garansi pada sektor mesin, pastikan mesin masih standar ting-ting. Karena jika sudah mengganti part asli motor tersebut, memodifikasinya maka garansi pun secara otomatis gugur. Oh iya, penting nih untuk dipahami.. pastikan kalian selalu menggunakan oli dan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan ya.

Ada beberapa hal yang mesti diingat baik-baik nih guys. Menurut buku garansi Yamaha, garansi hanya berlaku untuk kesalahan, kekurangan bahan, material produk, atau kesalahan atau kekurangan saat proses produksi dan konstruksi.

Nah lebih jelasnya anda bisa membaca lagi dengan seksama buku garansi sepeda motor Yamaha yang kalian dapatkan saat membeli sepeda motor Yamaha. Disitu tertuang jelas poin-poin yang dapat menggugurkan jaminan garansi sepeda motor kesayangan anda.

Baca juga artikel menarik lainnya berikut ini:

Yamaha Aerox Error 12 Pencegahan dan Solusinya Sesuai Dengan Rekomendasi Pabrikan

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *