Layak Disebut Mesin Dyno Terbaik, Dyno Pakai Axis Mirip Kondisi Nyata Diatas Aspal!

Boleh dibilang semua mesin dyno yang ada didunia menggunakan kipas angin listrik untuk mendinginkan mesin kendaraan yang sedang di dyno. Namun ternyata berbeda dengan mesin dyno Axis yang menurut  cukup layak disebut sebagai mesin dyno terbaik nih guys.

Kuncinya ada pada pneumatic retarder nih guys, turbin udara yang ditenagai oleh kendaraan yang sedang di dyno. Jadi semakin kencang motor digeber maka semakin besar pula hambatan aerodinamis yang diterima, mirip kondisi nyata diatas aspal.

Nah kerennya itu hambatan angin tersebut juga berfungsi untuk mendinginkan mesin loh, lagi-lagi saya katakan pendinginannya mirip kondisi asli dijalanan. Semakin kendaraan berjalan kencang maka hembusan angin pun semakin kencang.

FYI nih guys, tiupan angin hasil pneumatic retarder ini  dihasilkan oleh 4 set bilah turbin (16 blades) dengan menggunakan material aluminium pesawat. Angin yang dapat dihembuskan pun cukup kencang nih guys, setidaknya mampu meniup angin hingga kecepatan 250 kilometer per jam. Enaknya lagi letak saluran angin tersebut dapat diatur sesuai dengan kondisi sepeda motor yang di dyno.

Axis Layak Jadi Mesin Dyno Terbaik

Banyak alasan mengapa saya katakan Axis layak jadi mesin dyno terbaik, setidaknya terbaik versi saya. Axis merupakan mesin dyno generasi paling baru dibanding mesin dyno yang lainnya. Generasi pertama inertia only, generasi kedua inertia + electric/fluid retarder dan yang terakhir yakni dyno kepunyaan Axis, adjustable inertia + pneumatic retarder.

Teknologi Direct Torque

Selain pneumatic retarder, mesin dyno Axis juga sudah mengadopsi sistem direct torque. Berbeda dengan mesin dyno lain nih guys, pada mesin dyno Axis ban langsung menyentuh load cell. Sehingga efektif menghilangkan semua gesekan ban dari bearing, belt dan perubahan suhu. Dengan teknologi tersebut  maka Axis menjadi mesin dyno yang memiliki tingkat akurasi yang paling baik.

Teknologi Variable Inertia

Ini juga menjadi alasan kuat mengapa saya katakan mesin dyno Axis merupakan mesin dyno terbaik, Axis memiliki fitur variable inertia. Dengan hanya meletakan atau mengeluarkan kepingan cakram inertia, maka berat kendaraan yang akan diuji menjadi akurat. Singkatnya begini, tentu tidak bisa disamakan beban inertia saat mengetes motor sport dengan motor bebek. Kasihan motor bebeknya akan kesulitan mecapai top speed akibat beban yang terlampau berat.

Road Traction

Terakhir nih guys, mesin dyno Axis juga memperhatikan faktor road traction. Axis membuat permukaan drum pada mesin dyno dibuat semirip mungkin dengan kondisi aspal jalanan. Drum yang bersentuhan langsung dengan roda dilapisi dengan metalizing arc spray, lapisan yang tahan lama dan tahan karat.

Lapisan khusus ini dapat menghasilkan traksi dan keausan ban yang sama seperti saat digeber diatas aspal jalanan.Sehingga tiap pengujian yang dilakukan diatas mesin dyno Axis lebih dengan dengan kondisi nyata saat digunakan diatas lintasan aspal.

Penasaran semirip apa sih sepeda motor yang digeber diatas dyno Axis dengan diatas aspal jalanan? silahkan simak video berikut ini:

Satu hal lagi yang terpenting yakni mesin dyno Axis hanya memerlukan tenaga listrik sebesar 200 watt. Bandingkan dengan mesin dyno lainnya, ada yang memerlukan tenaga listrik hingga 7000 watt loh guys.

Setelah saya tanyakan kepada pihak teknis Axis Indonesia, ternyata mesin dyno terbaik ini dibuat oleh Mr.Mark Dobeck. Core of the core, ahlinya dari ahli dunia per-dyno-an. Beliau ini legend dan sudah sangat berpengalaman selama 40 tahun didunia mesin dyno.

Well, baca juga artikel menarik lainnya beriku ini:

Sadisssss, Yamaha R25 Garapan XP Modification Top Speed Lebih Tinggi Dari Moto3!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *