Gara-Gara Modifikasi Sokbreker USD, Kabel Kelistrikan Motor Ini Jadi Hangus Terbakar!

Semoga artikel ini bisa berguna khususnya bagi teman-teman yang sudah & yang ingin melakukan modifikasi sokbreaker USD. Kayaknya banyak yang bertanya-tanya nih membaca judul diatas, “kok bisa sih modifikasi sokbreker USD bikin kabel kelistrikan terbakar?”..  😀

Saya sendiri juga awalnya kaget waktu melihat motor sport naked 250cc 2 silinder keluaran Yamaha ini. Sudah full modifikasi part moge sepertinya, sangar dan kekar banget deh, header knalpotnya juga dibuat jadi 4 pipa. Namun ketika melirik bagian wiring harness alias kabel kelistrikan, loh kok hangus begini????

Yamaha MT25 yang sudah modifikasi sokbreker USD tersebut sedang dihandling oleh mekanik andalan bengkel XP Modification, yakni bang Apin. Doi sedang sibuk merunut wiring harness yang sebagian sudah terbakar hangus, baik kabel yang berada ditengah body dan didekat stang motor.

Modifikasi Sokbreker USD Kok Bisa Bikin Kabel Terbakar, Apa Hubungannya?

Lantas apa hubungannya antara modifikasi sokbreker USD dengan kabel terbakar? well, secara fungsi keduanya memang berbeda banget guys. Namun jika salah satunya mengganggu yang satunya lagi tentu bakal jadi masalah serius.

Seperti yang terjadi pada Yamaha MT25 ini, ternyata usut punya usut kabel kelistrikannya terbakar karena USD. Iya guys, ada sebagian kabel didekat stang yang terjepit oleh USD tersebut. Sehingga saat stang berbelok maka kabel yang terjepit itu bakal terganggu, dan lama kelamaan ya seperti ini deh.. terbakar (mungkin konslet ya akibat terjepit).

Hal sepele tetapi akibatnya fatal ya guys, hanya karena kabel terjepit jadi harus mengganti wiring harness satu set full. Harganya juga lumayan mahal loh, baru saja saya cek dikatalog aplikasi Yamaha nih, harganya Rp.1.545.000,-. Wow, cuma karena masalah sepele jadi harus merogoh kocek lebih dalam.

Buat yang kepingin modifikasi sokbreker USD disepeda motor kesayangannya, jangan sampai ya terjadi hal yang sama. Perhatikan lagi kabel-kabel disekitar stang dan suspensi, pastikan enggak ada kabel yang beresiko terjepit atau tertarik saat stang digerakan.

Well, demikian artikel kali ini & semoga bermanfaat, yuk baca juga artikel menarik lainnya berikut ini:

Sadisssss, Yamaha R25 Garapan XP Modification Top Speed Lebih Tinggi Dari Moto3!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *