Keunggulan Helm HJC SNI Ternyata Lebih Safety Dari Standar DOT & ECE!!!

Kok bisa sih keunggulan helm HJC SNI justru lebih safety ketimbang helm HJC standar Eropa atau Amerika saja…? Awalnya saya juga terheran-heran dengan informasi tersebut hingga akhirnya mendapatkan pencerahan dari bro Agus boss besar Juragan Helm 😀  .

Sebagai informasi tambahan, saat ini helm HJC yang sudah memiliki sertifikat SNI saat ini tersedia dalam 3 tipe yakni RPHA 11 Pro, RPHA 70 dan yang terakhir RPHA 90. Nah ternyata ketiga helm HJC yang dijual khusus untuk pasar Indonesia ini punya keunggulan disektor safety ketimbang yang hanya berstandar DOT atau ECE saja.

Biar enggak bingung kenapa keunggulan helm HJC SNI lebih safety ketimbang DOT dan ECE saya coba jelaskan sedikit ilustrasinya ya hehehe. Teman-teman pernah lihat video rider Harley di Amerika kan? sebagian dari mereka suka pakai helm “cetok”. Kalau disini helm cetok sudah dilarang, di Amerika masih diijinkan loh. Nah ternyata standar di Amerika yakni DOT hanya mengetes helm pada bagian setengah kepala keatas.

FYI meskipun begitu ada juga kelebihan standar DOT di banding ECE loh. Yakni adanya tes penetrasi dibagian atas helm. Kurang lebih pengetesannya begini., ada benda berat seperti paku besar dengan bobot sekian kilo, kemudian dengan jarak ketinggian sekian meter dibenturkan ke helm sebanyak 2 kali.

Sedangkan kelebihan standar ECE dibanding DOT adalah adanya yang test impact pada  bagian kanan-kiri,atas, belakang dan depan helm, semua bagian dites. Tetapi ECE tidak ada pengetesan penetrasi seperti standar DOT.

Keunggulan helm HJC SNI Lebih Safety

SNI ternyata berbeda dari kedua jenis standar Eropa & Amerika tersebut yang memiliki kekurangan dari aspek pengetesan safety. FYI standar SNI 18-11-2007 AMD 2010 ternyata menggunakan norma-norma yang diadopsi dari standar keamanan di Inggris, Jepang, PBB, dan lain-lain. Dengan kata lain standar SNI itu diambil dari perpaduan standar-standar dinegara tersebut. Sebut saja seperti di Inggris menggunakan standar BS, di Jepang ada JIS, PBB ada ECE, Amerika ada DOT.

Keunggulan helm HJC SNI yang lebih safety dari DOT saja atau ECE saja. Dikarenakan semua metode pengetesan yang ada pada DOT dan EC diadopsi oleh SNI. Ada pengetesan dari segala sisi seperti ECE dan ditambah pengetesan penetrasi bagian atas seperti standar DOT Amerika.

Well, demikian semoga artikel ini bermanfaat ya!

Yuk baca juga artikel menarik lainnya berikut ini:

Lahir Tahun 1986, Motor Sport Ini Jadi Motor 250cc 4 Silinder Pertama Dikelasnya!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *