Bisa Enggak Sih Pasang TCS di NMAX Lama? Ini Jawabannya…

Bisa Enggak Sih Pasang TCS di NMAX Lama? Ini Jawabannya…

11 Desember 2019 0 By permanatriaz

Munculnya All New NMAX 155 memang bikin galau banyak orang termasuk para pemilik NMAX lama khususnya pada fitur TCS. Lantas apakah bisa pasang TCS di NMAX lama? Hm… saya coba jabarkan ya.

Sebelum membahas lebih jauh saya mau sedikit flashback dulu tentang TCS. Apa sih itu TCS? TCS aka Traction Control System adalah Sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Pasang TCS di NMAX Lama, Bisa?

Saya coba konfirmasi kepihak Yamaha, ternyata syarat yang paling utama untuk pasang TCS di NMAX lama adalah mesti NMAX tipe ABS. loh kok mesti NMAX ABS sih? iya guys cuma tipe ABS, hanya tipe NMAX ABS yang bisa pasang TCS di NMAX lama. Karena mekanismenya speed sensor harus masuk kedalam hydraulic unit ABS terlebih dahulu.

Untuk mendukung fitur TCS sebenarnya beberapa parts sudah ada di motor NMAX ABS lama. Sebut saja seperti speed sensor untuk membaca informasi putaran roda depan dan belakang. Nah saya rasa masih ada beberapa part yang disiapkan untuk pasang TCS di NMAX lama, diantaranya:

Sayangnya ketiga parts tersebut harga jelasnya belum bisa saya ketahui, karena detail belum muncul di parts katalog. Jadi untuk sementara ini saya hanya sebatas memberikan gambaran saja ya guys.

Setidaknya 3 part penting itu mesti disiapkan, kenapa sih ECUnya mesti diganti? karena di ECU lama sistem TCS belum terprogram guys. Jadi mau enggak mau ECU lama mesti dilengserkan dan diganti dengan ECU NMAX baru.

Saya kira ketiga part tersebut jadi part inti agar dapat memasang TCS di NMAX lama, selebihnya tinggal menyesuaikan dudukan spedometer dan socket-socketnya mungkin.

Namun setelah saya pikir ulang ternyata dugaan saya keliru, satu hal yang baru saya ingat bahwa All New NMAX sudah mengadopsi teknologi ACG. Sehingga ECU yang ada pada All New NMAX berbeda dengan NMAX lama. Kemudian saya coba confirm ternyata SGCU pada All New NMAX enggak bisa dipakai di NMAX lama.

Jadi sudah enggak penasaran lagi ya guys, kesimpulannya NMAX lama enggak bisa dipasang fitur TCS.  :mrgreen:

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...