Di India Motor Hero Laris Lebih Dari Total Penjualan Motor Se-Indonesia

Di India Motor Hero Laris Lebih Dari Total Penjualan Motor Se-Indonesia

14 Februari 2020 0 By permanatriaz

Percaya enggak bro, di India motor Hero Motocorp pada tahun 2019 lalu bisa jualan motor lebih banyak dari penjualan motor se-Indonesia..? Faktanya hal itu beneran terjadi loh bro. Pada tahun 2019 lalu Hero Motocorp berhasil membukukan total penjualan yang besar banget.

Dengan capaian tersebut, motor Hero Motocorp saat ini juga sukses memegang predikat sebagai pabrikan sepeda motor terbesar di dunia. FYI sebelum diberi nama Hero Motocorp, dulunya Hero pernah bekerjasama dengan produsen sepeda motor asal Jepang yakni Honda.

Kerjasama tersebut terjalin cukup lama yakni mulai dari tahun 1984 hingga tahun 2010. Saat itu perusahaan sepeda motor tersebut diberi nama Hero Honda. Boleh dikatakan cara pemerintah India sangat cerdik sekali ya bro. Setiap perusahaan yang mau masuk ke India harus bekerjasama dengan perusahaan lokal terlebih dahulu.

Nah setelah selesai perjanjian kerjasama selama sekian belas tahun maka perusahaan asing tersebut baru diberi kebebasan sepenuhnya. Tentunya merek lokal Hero sudah mapan berkibat dimarket domestik, teknologi asing juga sudah dipelajari setelah sekian belas tahun.Teknologi sudah mereka pelajari sehingga saat berpisah Hero justru jadi semakin gesit pergerakannya.

Penjualan Motor Hero Tahun 2019

FYI total penjualan / distribusi sepeda motor di Indonesia pada tahun 2019 lalu tembus sebesar 6,48 juta unit. Kalau angka tersebut sudah anda katakan sangat besar, kalian bakalan kaget setelah tau berapa angka penjualan1 merek sepeda motor yakni Hero Motocorp di India pada tahun 2019.

Pada tahun 2019 lalu sepeda motor Hero Motocorp berhasil terjual sebanyak 7,61 juta unit. Angka tersebut lebih besar dari total penjualan seluruh merek sepeda motor yang ada di Indonesia selama 1 tahun.

Dengan angka tersebut Hero Motocorp juga sukses menguasai pasar sebesar 35,9% market sepeda motor di India.

Hal yang luar biasa dan bisa dipetik hikmahnya adalah betapa besarnya cinta orang India terhadap produk lokal mereka. Lihat deh, meski Hero sudah lepas dari bayang-bayang nama besar Honda namun orang-orang di India tetap lebih banyak memilih untuk membeli sepeda motor Hero Motocorp. Padahal merek Honda sendiri juga tersedia dipasaran.

Bukti lainnya betapa besarnya cinta orang India terhadap produk lokal mereka, bukan hanya sepeda motor Hero saja yang laku bro. Ada juga TVS yang berhasil menjual sepeda motor sebanyak 3,1 juta unit dan duduk diperingkat ke 3. Ada juga Bajaj yang laku sebanyak 2,5 juta unit, dan ada lagi Royal Enfield yang laku sebanyak 800 ribu unit.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...