Kepuasan Konsumen No.1, Yamaha Berani Umumkan Recall Secara Terbuka

Kepuasan Konsumen No.1, Yamaha Berani Umumkan Recall Secara Terbuka

18 Februari 2020 0 By permanatriaz

Meski anggapan negatif tentang produk yang di recall masih begitu kuat, Yamaha berani umumkan recall secara terang-terangan. Ya tepatnya pada kejadian recall Yamaha R25 dan Yamaha MT25 beberapa waktu lalu, Yamaha berani umukan recall secara terbuka kepada publik.

Bukan hanya satu kali saja loh bro, bahkan Yamaha sudah berkali-kali umumkan recall untuk kedua produk globalnya tersebut secara terbuka. Enggak takut dicap sebagai produk gagal (stigma negatif recall = produk gagal), agar kenyamanan, keamanan dan kepuasan konsumen tetap terjaga Yamaha berani umumkan recall.

Hal ini amat kontras sekali dengan pabrikan lain yang terkesan diam-diam dalam mengumumkan recall. Bukan diumumkan secara terbuka kepada publik, namun disampaikan melalui surat kepada para konsumennya.

Bukan hanya soal recall, saya yang juga sebagai konsumen Yamaha merasakan betul pelayanan baik Yamaha kepada para konsumennya. Baik saat melakukan perawatan motor secara berkala, maupun saat ada keluhan pada sepeda motor saya.

Bahkan saya pernah merasakan layanan service dirumah sewaktu Yamaha X-Ride saya mengalami trouble saat dirumah mertua dikawasan Bogor. Saya sangat terbantu banget karena saat itu motor enggak bisa dipakai jalan ke bengkel resmi terdekat. Saya rasa kepuasan konsumen memang menjadi prioritas nomor 1 Yamaha Indonesia.

Oh iya, urusan spareparts Yamaha juga sangat memuaskan banget loh bagi saya yang juga sebagai konsumennya. Jangankan spareprats fast moving, yang slow moving juga jelas keberadaannya. Kalaupun indent estimasi kedatangan barangnya juga jelas dan tepat.

Luar biasanya lagi harga Yamaha Genuine Parts itu relatif terjangkau banget. Saya pernah buat artikel perbandingan harga cover body Honda Beat dengan Yamaha NMAX, faktanya cukup ngagetin loh bro. Buat yang mau baca silahkan klik disini ya.

Satu lagi nih bro, Yamaha juga selalu respon serius segala macam keluhan konsumennya termasuk keluhan melalui media sosial. Seperti digrup-grup Facebook sepeda motor Yamaha misalnya, masya Allah respon Yamaha luar biasa sigap.

Segala macam keluhan dari konsumen se Indonesia yang saya tampung di sosial media, kemudian saya sampaikan kepada pihak Yamaha, enggak pake banyak cingcong langsung direspon dan ditindak lanjuti!

Last, pesan saya untuk Yamaha.. pertahankan terus excellent service kepada para konsumennya. Karena konsumen itu gak perduli urusan market share (itu urusan sales), yang terpenting untuk konsumen adalah pelayanan yang baik dan memuaskan.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...