Menilai Sebuah Motor Gak Laku Karena Gak Pernah Lihat di Jalan Adalah Kebodohan yang Hakiki

Menilai Sebuah Motor Gak Laku Karena Gak Pernah Lihat di Jalan Adalah Kebodohan yang Hakiki

2 April 2020 12 By permanatriaz

“Ah motor gak laku, gue gak pernah lihat tuh motor dijalanan”. Saya sering tuh dengar ucapan begitu dari orang-orang awam saat membicarakan sebuah sepeda motor di sosial media. Yah kalau orang awam sih saya masih bisa pahami karena memang pemahamannya masih terbatas.

Nah barusan saya membaca sebuah artikel tulisan blogger terkenal dengan judul “belum pernah lihat New R25 dan New MT-25 dijalanan Jabodetabek” dan isinya seolah menggiring opini bahwa dua motor tersebut gak laku dipasaran. Memang sih bahasanya halus banget,  dikatakan permintaan enggak banyak dan suply yang sedikit.

Hm… menilai sebuah motor enggak laku hanya karena gak pernah terlihat oleh seseorang dijalan adalah kebodohan yang hakiki.  Gini deh, anggap seseorang tinggal di sekitaran Jabodetabek ya, terus orang tersebut bilang gak pernah lihat motor New MT-25 dijalanan Jabodetabek dan mengambil opini baha motor tersebut gak laku dipasaran.

Pertanyaannya berapa lama orang itu habiskan waktu dijalanan? Cuma 1-2jam kah atau 24 jam muter-muter jalanan?  semakin lama dijalan tentu peluang bertemu semakin besar. Kemudian apakah semua jalanan dijabodetabek sudah anda lalui..? pastinya enggak.

Sedangkan Indonesia luas bro, dimana masing-masing wilayah punya perbedaan produk mana yang paling laku. Seperti waktu saya berkunjung ke Singkawang beberapa waktu lalu, saya heran kok hampir gak pernah lihat NMAX. Setelah saya cari tau ternyata di Kalimantan Yamaha Aerox 155 jauh lebih laris dari NMAX.

Lucunya lagi diartikel tersebut dijelaskan bahwa gak seperti New Ninja 250 dan Honda CBR250RR, R25 dan MT-25 belum pernah doi lihat. Oalah bro-bro situ gak salah..?

FYI bro, CBR250RR launching sejak tahun 2016 & New Ninja 250R launching tahun 2017. Sedangkan New R25 Oktober 2018 (baru 1 tahun 6 bulan) dan New MT-25 Oktober 2019 (baru 6 bulan). Ya jelas saja si doi sudah pernah bahkan sering melihat CBR250RR dan New Ninja 250R, dua motor tersebut sudah lama rilis!

Ada lagi nih yang bikin ngakak, doi bilang Yamaha, biang alasan kenapa New R25 dan New MT25 gak pernah doi lihat dijalan karena permintaan yang sedikit dan suply yang sedikit. Apakah informasi tersebut resmi dari pihak Yamaha? oh tentu tidak, karena doi sudah lama gak masuk list undangan Yamaha lagi wkwkwkwk. Lucu nih, doi dapat informasi tersebut dari sebuah dealer kenalan doi. Duh, masa blogger beken cukup dengan keterangan dealer aja sih bro..

Faktanya sepanjang tahun 2019 lalu (sampai November 20219) Yamaha R25 sudah didistribusikan sebanyak 6200 unit. FYI dengan angka tersebut Yamaha R25 lebih laku ketimbang Honda CBR250RR loh bro. Sekali lagi ini menjadi bukti bahwa mengganggap sebuah motor gak laku hanya karena gak pernah lihat dijalanan adalah kebodohan yang hakiki.

Lanjut lagi nih bro, menurut keterangan dealer tersebut ” suply hanya 5 kadang sampai 2 bulan (entah maksudnya  R25 atau MT-25)”. Gini deh bro, penjualan rata-rata Yamaha R25 ditahun 2019 hanya sekitar 570 unit perbulan se Indonesia itu loh ya. Nah se-Indonesia ada berapa ribu dealer Yamaha? wong di tahun 2014 saja sudah tembus 4.300 dealer. Jadi angka penjualan dealer segitu terbilang wajar.

Bukan cuma R25 saja bro, nasib motor sport 250cc 2 silinder hampir mirip kok sama-sama “ancur” semenjak kehadiran Yamaha XMAX 250. Sejak Yamaha XMAX 250 rilis dipasaran, pasar motor sport 250cc 2 silinder terkuras banyak.. sampai-sampai ditahun pertama Honda CBR250RR rilis, angka distribusinya jauh dibawah target!

Tragis banget sih nasib Honda CBR250RR, cuma dikasih “nafas” 1 bulan jadi pusat perhatian, kemudian kelas sport 250cc 2 silinder langsung di bombardir oleh Yamaha XMAX 250. Ajaibnya, market sport 250cc langsung shifting demand ke Yamaha XMAX 250.

So, sebelum bilang motor itu gak laku karena gak penah lihat dijalan, pastikan anda sudah keliling jalanan dari ujung barat Indonesia ke ujung timur Indonesia ya!

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...