Gimana Nasib PCX Pakai Mesin 4 Klep? Harganya Bakal Makin Over Price???

Gimana Nasib PCX Pakai Mesin 4 Klep? Harganya Bakal Makin Over Price???

13 April 2020 5 By permanatriaz

Mendengar hembusan kabar bahwa kedepan ada kemungkinan Honda PCX pakai mesin 4 klep, saya enggak kaget sama sekali. Menurut saya sih untuk ukuran raksasa otomotif sepeda motor sekelas Honda di Indonesia, meng-upgrade mesin PCX dari “konvensional” 2 klep menjadi 4 klep tentu sangat mudah.

Jangankan sebatas upgrade dari 2 klep menjadi 4 klep, saya yakin betul Honda bisa membuat mesin yang jauh lebih canggih lagi. Namun pertanyaannya adalah… jika Honda PCX pakai mesin 4 klep, mau dibandrol berapa???

FYI nih bro, saat ini di website resmi AHM harga Honda PCX 150 tipe ABS (ABS rem depan saja) dibandrol Rp.32.842.000,-. Namun informasi berbeda juga berhasil saya temui di website resmi Wahana Honda nih bro. Disana tertera keterangan harga Honda PCX 150 ABS dibundling dengan akesoris resmi loh. Tertulis harga Honda New PCX 150 ABS – MMC + Accessories Rp.34.223.000,-.

Bahkan bukan cuma Wahana Honda loh yang memberikan informasi pembelian Honda PCX 150 ABS dibundling dengan aksesoris resmi. Informasi tersebut juga bisa ditemui pada website resmi Honda Cengkareng dan Bintang Motor.

Honda PCX Pakai Mesin 4 Klep, Berapa harganya?

Oke saya ulang pertanyaannya sekali lagi ya bro, kalau harga Honda PCX 150 ABS + ACC saja sudah diatas 34 juta rupiah, lantas berapa harganya jika Honda PCX pakai mesin 4 klep?

Kalau dijual dengan harga yang sama dengan versi mesin “konvensional” 2 klep mungkin bisa saja ya bro. Namun keputusan tersebut tentu bakal bikin kecewa para pembeli PCX sebelumnya. Nah jika dibuat lebih mahal dari versi sebelumnya, mau dijual diharga berapa Honda PCX pakai mesin 4 klep? toh harga yang sekarang saja sudah mahal, apalagi jika harganya dibundling dengan aksesoris resmi.

Jika dikomparasikan dengan kompetitor dikelasnya yakni All New Yamaha NMAX Connected ABS, Honda PCX 150 ABS sangat jelas terlihat overprice dan kalah fitur pula. FYI saat ini  harga Yamaha All New NMAX 155 Connected ABS OTR DKI Jakarta dibandrol Rp.33.750.000,-. Jika dibanding dengan harga Honda PCX 150 ABS tanpa aksesoris, All New NMAX hanya lebih mahal 908 ribu rupiah saja.

All New NMAX Connected ABS Sangat Value For Money

Hanya lebih mahal 900 ribuan saja namun ada banyak keunggulan All New NMAX Connected ABS dibanding PCX 150 ABS. Keunggulan yang pertama tentu mesin canggih 155cc SOHC 4 Valve, kemudian fitur Y-Connect, ABS-nya support rem depan belakang dan suspensi belakang tabung.

Kalau dikonversikan dengan nominal rupiah, tentu beragam keunggulan tersebut nilainya jauh melebihi selisih harga NMAX baru dibanding PCX. Asal bro tau saja nih, harga parts hydraulic unit ABS dual channel NMAX baru tembus seharga Rp.2.742.000,-.  Harga parts CCU biar support dengan Y-Connect Rp.495.000,- dan harga parts suspensi tabung Rp.1.280.000,-. Ini belum termasuk harga parts mesin 4 Valve + VVA loh bro.

Tuh kalau sudah dirinci begini terlihat jelas banget kan, bahwa All New NMAX Connected ABS sangat value for money. Sedangkan harga Honda PCX 150 ABS sangat overprice banget dibandingkan dengan harga All New NMAX Connected ABS. Apalagi jika dibandingkan dengan harga Honda PCX 150 ABS + aksesoris resmi, beuuuh… makin kelihatan overprice saja tuh!

Bahkan jika Honda PCX pakai mesin 4 klep dijual dengan harga yang sama dengan saat ini, secara value for money masih unggul Yamaha All New NMAX Connected ABS kemana-mana. NMAX baru masih unggul ABS dual channel, suspensi belakang tabung, fitur Y-Connect dan sektor mesin yang selangkah lebih maju.

Perlu diingat kembali nih bro, mesin NMAX bukan cuma unggul dengan menggunakan 4 klep saja loh bro. Mesin All New NMAX Connected ABS sudah mengadopsi teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston, bukan mesin konvensional. Jangan lupa juga ya bro, mesin NMAX sudah mengadopsi teknologi canggih VVA yang menjamin tenaga merata disetiap putaran mesin yang diimbangi dengan konsumsi BBM yang relatif hemat.

Bukan Gimana Nasib NMAX, Tapi Gimana Nasib PCX?

Jadi sebenarnya keliru dan terbalik jika ada orang yang memikirkan gimana nasib All New NMAX kalau PCX pakai mesin 4 klep. Karena faktanya All New NMAX Connected ABS masih jauh lebih unggul dibanding Honda PCX meskipun dengan mesin 4 klep.

Kalau ada juga yang berfikir All New NMAX jualannya bakal kalah dibanding dengan Honda PCX pakai mesin 4 klep karena faktor leasing yang kuat juga keliru banget.  Market sekelas All New NMAX berbeda dibanding dengan market motor murah sekelas Beat dan Mio. Dikelas motor murah sudah tentu kekuatan leasing jadi faktor kekuatan utama, dikarenakan mayoritas konsumen sangat membutuhkan kemudahan proses pengajuan dan acc kredit motor. Terpenting itu motor DP murah dan proses kredit (termasuk survei kudu gampang ACC hehehe) sangat mudah. Urusan fitur mah kayaknya belakangan deh hehehe. Iya dong bro, ketimbang ngajuin kredit motor yang lebih bagus speknya tapi kemungkinan ACC leasing kecil, mending ajuin kredit motor yang hampir pasti di ACC leasing meskipun motor speknya pas-pasan. Begitu kira-kira gambarannya bro, hehehe.

Dikelas menengah seperti All New NMAX dan PCX 150 mah beda lagi dong cak, eh bro. Leasing yang kuat mah bukan faktor penentu lagi, disini mayoritas konsumen lebih mapan dan cerdas. Mereka lihat motor mana yang nilai value for money-nya tinggi, motor overpirce minggir dulu. Kalau urusan kredit mah bukan masalah buat mereka, diminta DP besar juga hayo aja, disurvei kerumah berani, bahkan sebagian dari mereka lebih suka beli secara tunai.

“Lah itu buktinya Vixion bisa kalah lawan CB150R?,” eh… siapa yang bilang tuh bro? itu yang ngomong kayaknya mainnya kurang jauh hehehehe. Keliru kalau Vixion kalah lawan CB150R, tetapi fakta yang betul adalah pasar motor sport naked 150cc ancur-ancuran tersedot oleh Yamaha NMAX. 

Well, jadi gimana nasib Honda PCX pakai mesin 4 klep? apakah harganya semakin overprice?

Entah lah bro, yang jelas sih Yamaha Indonesia sudah sukses bikin pusing Honda di Indonesia. Jelas sangat pusing, kok bisa-bisanya sih Yamaha Indonesia bandrol Harga All New NMAX Connected ABS sebegitu murahnya?

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...