Bukan DOHC , Mesin SOHC 4 Valve VVA Adalah Mesin Terbaik Dikelas 150cc-155cc

Bukan DOHC , Mesin SOHC 4 Valve VVA Adalah Mesin Terbaik Dikelas 150cc-155cc

30 April 2020 12 By permanatriaz

Sudah bukan rahasia umum lagi ya kalau mesin racikan Yamaha yakni SOHC 4 Valve VVA merupakan mesin terbaik dikelas 150cc-155cc. Bahkan belum lama jejeran motor keluaran Yamaha yang menggunakan basis mesin SOHC 4 Valve VVA memborong penghargaan Otomotif Award 2020.

Sebut saja mulai dari Yamaha Lexi yang menjadi best of medium skutik, Yamaha XSR155 jadi best of sport retro, ada MT-15 yang jadi best of sport 150 naked, All New R15 jadi best of sport fairing 150, MX King best of cub 150cc dan All New NMAX yang menjadi bike of the year 2020. Semua motor tersebut menggunakan 1 basis mesin yang sama yakni SOHC 4 Valve VVA (terkecuali MX King tanpa VVA).

Nah kemarin saya sempat membaca artikel dari tulisan seorang blogger yang berisi tentang saran untuk Yamaha agar bisa bersaing dipasaran dengan gambar sampul Yamaha Vixion R. Satu saran yang bikin saya tergelitik adalah saran yang tertuju pada RND Yamaha agar membuat mesin DOHC. Alasannya agar dapat menarik perhatian para bikers & daya gedor lebih nampol.

Mesin Terbaik Dikelas 150cc

Serius nih, seseorang lulusan apartemen ngasih saran ke tim RND Yamaha?  😆 Eh, jangan ngasih masukan ke tim RND Yamaha, mereka orang-orang pintar semua. Buktinya semua motor yang menggunakan basis mesin terbaik dikelas 150cc-155cc yakni SOHC 14 Valve +VVA ngeborong banyak penghargaan Otomotif Award 2020. Dan NMAX yang pakai mesin SOHC 4 Valve VVA larisnya bukan main..!

Jadi begini masbro, disegmen motor kelas 150-155cc itu ada 3 hal keinginan konsumen yang harus dipenuhi, diantaranya:

  1. Model harus menarik / trend baru
  2. Power besar
  3. Tetapi harus tetap irit konsumsi BBM

Pertanyaannya jika mesin yang digunakan adalah DOHC tentunya poin 1 dan 2 bisa dipenuhi, namun untuk poin 3 sudah tentu gak bisa dipenuhi. DOHC itu umumnya untuk RPM tinggi, langkah pendek, nah itulah mengapa mesin CB150R kemudian dirubah ke square engine. Tujuannya sudah tentu agar konsumsi BBM jadi irit.

Kenapa sih dikelas ini mesti irit? karena umumnya konsumen dikelas ini merupakan para first job customer, pekerja pemula dengan gaji UMR. Jadi konsumsi BBM irit jadi pertimbangan yang penting banget. Selain itu dikelas ini konsumen cenderung lebih menyukai akselerasi dari pada top speed.

Tetapi jangan salah masbro, mesin SOHC 4 Valve + VVA yang notabene mesin terbaik dikelas 150cc-155cc ini performanya boleh diadu dengan mesin DOHC banci. Power mesin SOHC 4 Valve VVA  masih lebih gede loh dibanding mesin DOHC banci.

Riset Yamaha Sudah Pas

Jadi riset Yamaha terbukti sudah on the track dan mesin terbaik kelas 150cc-155cc ini sudah digunakan dibanyak motor Yamaha. Salah satunya adalah Yamaha NMAX yang begitu laris dipasaran lokal dan merusak ceruk pasar sport naked 150cc. Perlu digaris bawahi loh ya masbro, semenjak ada NMAX market sport naked 150cc langsung tersedot banyak.. jadi pasarnya Vixion sudah bergeser ke NMAX.

Urusan desain sih relatif ya, ada yang suka dan ada yang enggak suka meskipun menurut saya memang All New Vixion terkesan kurang foto genic, lebih sedap dilihat langsung ketimbang dilihat difoto yang angle-nya kurang pas.

Well, buat yang gak suka dengan desain All New Vixion, kalian gak perlu kecewa berkepanjangan, kalian bisa lirik motor sport naked Yamaha MT-15 yang gantengnya gak ada lawan.

Kalau ada yang lebih bagus, harga masuk akal dengan segambreng fitur keunggulan dan sering menang balapan, kenapa mesti beli yang mahal cuma menang jargon DOHC doang?  udah gitu DOHCnya banci pula 😛

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...