Bore Up Yamaha WR155R Jadi 183cc, Tarikan Lebih Nampol & Konsumsi BBM Lebih Irit!

Bore Up Yamaha WR155R Jadi 183cc, Tarikan Lebih Nampol & Konsumsi BBM Lebih Irit!

2 Mei 2020 0 By permanatriaz

Cukup unik nih proses modifikasi WR155R yang dilakukan oleh kawan FB saya yakni om Arifin. Beliau memilih untuk bore up Yamaha WR155R terlebih dahulu agar lebih bertenga saat dirubah dari trail menjadi supermoto. Beruntung basis mesin yang digunakan oleh Yamaha WR155R sama dengan banyak produk Yamaha lainnya, sehingga part aftermarket sudah melimpah ruah dipasaran.

Biasanya saat merubah motor trail menjadi supermoto, yang pertama diganti adalah bagian roda namun om Arifin  memilih untuk merubah mesinnya terlebih dahulu. Salah satu alasannya adalah tromol masih dalam proses indent dibengkel resmi. Loh kenapa gak pakai tromol bawaannya? usut punya usut beliau tetap mempertahankan roda bawaan dan membangun roda supermoto dari awal agar suatu waktu ingin main trail, tinggal ganti aja.

Bore Up Yamaha WR155R Jadi 183cc

Sebelum di bore up Yamaha WR155R milik om Arifin sebelumnya sudah dipasang knalpot aftermarket Over Racing. Namun hanya mengganti knalpot saja beliau rasa masih kurang puas, terutama saat mengoper dari gigi 5 ke gigi 6 ketika VVA aktif justru power terasa menurun dengan mengandalkan mesin standar.

Ada beberapa part yang mesti disiapkan dan dimodifikasi saat hendak melakukan bore up Yamaha WR155R. Diantaranya blok mesin seharga Rp.1.650.000,-, injektor Rp.350.000,-, reamer throttle body jadi 32mm Rp.500.000,- dan ongkos pasang dibengkel resmi Yamaha Rp.175.000,-.

Total biaya yang dikeluarkan hanya Rp.2.675.000,- sudah termasuk ongkos pasang di bengkel resmi loh. Wah gak sampai 3 juta sudah beres tuh, hehehe. Sebenarnya masih kurang ECU BRT namun sayangnya di lokasi tempat tinggal beliau belum ada yang bisa settting ECU tersebut.

Hasilnya luar biasa, sekarang tenaga terasa lebih ngisi terus sampai gigi habis dan ajaibnya konsumsi BBM ikutan terkoreksi. Setelah bore up bukannya menjadi lebih boros justru konsumsi BBM terkoreksi menjadi lebih hemat dari sebelumnya loh bro!

Kondisi standar rata-rata konsumsi BBM Yamaha WR155R yang dibawa om Arifin biasanya tembus 38 km/liter (bawa tanpa diirit-iritin). Setelah di bore up Yamaha WR155R milik beliau rata-rata konsumsi BBM-nya tembus 49,9 km/liter!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...